Kuliner

Cimpa Kue Basah Andalan Masyarakat Karo

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 21 Juli 2018
Cimpa Kue Basah Andalan Masyarakat Karo
Kue cimpa dibentuk lonjong tanpa warna. (Foto: Instagram@bunga_viollet)

MASYARAKAT Suku Karo, Sumatera Utara, tak hanya terkenal dengan budayanya. Suku Karo juga punya banyak kuliner tradisional yang patut dicoba.

Salah satu yang menjadi kuliner andalan Karo yaitu cimpa. Cimpa merupakan pengananan basah yang biasanya ada pada acara-acara adat.

Cimpa dibuat dari bahan utama beras ketan merah atau putih. Kemudian di dalamnya diberi campuran gula merah atau aren dengan kelapa parut. Cimpa dimasak dengan cara dikukus.

Kue cimpa ketan hitam. (Foto: Instagram/yenniselfiani)
Kue cimpa ketan hitam. (Foto: Instagram@yenniselfiani)

Kue cimpa di daerah lain mirip dengan kue bugis ketan atau kue unti. Seperti di daerah lain kue bugis biasa ada di acara-acara adat, kue cimpa juga kue wajib untuk acara-acara pernikahan, kematian, dan acara adat medang merdem.

Pada awalnya kue cimpa hanya diadakan pada acara medang merdem atau kerja tahun. Medang merdem merupakan upacara syukuran setelah panen.

Kue cimpa. (Foto: Instagram/dianabiring)
Kue cimpa mirip kue bugis ketan. (Foto: Instagram@dianabiring)

Perbedaan cimpa dengan kue bugis ketan yaitu pada bentuk dan warna. Kue bugis berbentuk bulat atau pipih, dan warna biasanya hijau dari pandan. Sedangkan cimpa dibentuk lonjong tanpa warna.

Kalau kamu melancong ke Sumatera Utara, kue tradisional cimpa menjadi menu wajib. Tak hanya ada pada acara adat, kue cimpa juga bisa ditemukan di luar acara adat tergandung pada jenisnya. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ada Kelapa Muda? Ini Resep Botok Menggugah Selera

#Kuliner Sumatera Utara #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan