Cidera Lari Bisa Jadi Karena Sepatu Pakailah sepatu lari yang man dan nyaman menghindari cidera.

MEMILIH sepatu lari tak bisa sembarangan. Sekedar sepatu olahraga tidak menjamin anda dapat melakukan olahraga lari dengan baik. Malahan mendapatkan cidera.

Sebaiknya Anda mencari sepatu lari yang baik dan sesuai dengan kaki Anda. Ada sembilan cidera lari yang diakibatkan oleh sepatu.

Carilah sepatu lari yang nyaman, empuk dan ukuran harus naik setengah ukuran kaki Anda.

Sakit Lutut

Jika Anda merasakan sakit pada batok lutut atau di seputarannya, itu merupakan pertanda patellofemoral pain syndrome atau disebut juga Lutut Pelari. Sakit ini karena akibat dari hentakan kaki ke tanah saat berlari.

Biasanya diakibatkan dari otot yang tidak imbang dan pinggul yang lemah. Sakit ini bisa diredam dengan mengurangi tekanan pada lutut dan pergelangan kaki. Memakai pelindung lutut dan meminum obat antiperadangan bisa mengurangi sakit ini


Tendonitis Achilles

Achilles adalah jaringan yang menghubungkan antara tumit dengan otot kaki bawah. Sakit pada jaringan ini disebabkan jarak tempuh berlari yang naik secara cepat, telapak kaki datar, kram betis dan sepatu yang salah. Sakit ini bisa dihindarkan dengan perenggangan otot betis sebelum berlari dan tentunya memakai sepatu lari.


Plantar fasciitis

Sakit ini biasanya diakibatkan oleh iritasi dan peradangan pada jaringan telapak kaki. Menggunakan sepatu yang salah adalah penyumbang sakit ini. Akibatnya adalah sakit dan kaku pada lengkungan telapak kaki. Untuk mencegahnya adalah memilih sepatu lari yang tidak memberikan banyak gerakan pada pergelangan kaki dan harus ada bantalan untuk lengkungan telapak kaki.


Otot Tulang Kering

Kondisi ini merupakan pengencangan atau pembengkakan otot dan tendon yang ada di seputaran tulang kering. Untuk menghindarkannya adalah menambahkan peredam kejut pada sol dalam. Jadi pilihlah sepatu lari yang mampu meredam hentakan kaki sewaktu berlari.


Patellar tendinitis

Cidera ini biasanya terjadi pada para peloncat jauh. Namun bukan mustahil dapat terjadi pada pelari jarak jauh. Biasanya terjadi karena porsi latihan yang berlebihan dan akibat berlari di daerah perbukitan. Celakanya cidera ini dapat mengurangi kekuatan otot hamstring dan paha depan. Jika terasa sakit kompreslah dengan es batu di seputaran lutut.


Lecet

Lecet terjadi karena gesekan tumit dengan sepatu. Cidera ini bisa diatasi dengan memilih sepatu dengan baik, caranya adalah ketika pertama kali mencoba kaki akan masuk dengan mulus bukan dengan memaksakan masuk.


Pergelangan Kaki Keseleo

Keseleo terjadi karena gerakan yang salah ke dalam atau keluar pergelangan kaki. Gerakan tersebut menarik ligamen yang menyebabkan sakit. Jika salah memilih sepatu lari risiko keseleo jauh lebih besar lagi.


Iliotibial band syndrome

Sakit yang dirasakan adalah di luar tempurung lutut biasanya menyerang para pelari jarak jauh. Ini akibat dari peradangan pada jaringan ikat iliotibial. Untuk menghindari sakit lagi tentunya diperlukan penanganan pada kaki dengan sepatu lari yang nyaman.


Retak

Hentakan kaki ke tanah memberikan tekanan pada tulang, terkadang dapat menyebabkan keretakan. Jika retak pada tulang menerima beban yang sama terus-menerus dapat berakibat serius. Sudah pasti untuk menghindarinya adalah memakai sepatu lari yang nyaman untuk kaki dan yang dapat meredam hentakan itu. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH