Ciamik! Google Doodle untuk Hari Perempuan Sedunia Tampilan Google Doodle hari ini. (foto: billboard)

DI hari istimewa untuk merayakan perempuan di seluruh dunia, Google meluncurkan Google Doodle secara internasional.

Di halaman depan peramban tersebut, terpampang 12 karya interaktif berkisahkan tentang perempuan dalam keseharian. Ada 12 seniman perempuan yang menorehkan karya mereka untuk Google Doodle tersebut. Mereka menampilkan kisah pencapaian perempuan dalam berbagai aspek, yakni sosial, ekonomi, dan politik. Kesemua cerita itu menyuarakan kesetaraan gender.

Hari Perempuan Sedunia dirayakan sejak lebih dari seabad lalu, setelah 15 ribu perempuan melakukan long march di New York untuk menuntut hak memilih dan perbaikan kondisi lingkungan kerja.

Tunalaya Dunn, Kaveri Gopalakrishnan, Anna Haifisch, Isuri, Saffa Khan, Laerte, Estelí Meza, Karabo Poppy Moletsane, Philippa Rice, Francesca Sanna, Chihiro Takeuchi, dan Tillie Walden ialah 12 artis yang karya mereka dipasang Google di halaman depan mereka. Kisah inspiratif mereka bahkan diterjemahkan ke dalam 80 bahasa berbeda di seluruh dunia.

Selain itu, Google juga mengundang para perempuan lain untuk ikut berbagi kisah menggunakan tagar #HerStoryOurStory.

"Kami mengundang para pencerita untuk bergabung bersama kami untuk berbagi kisah personal tentang momen, orang, atau kejadian yang memengaruhi hidup Anda sebagai perempuan," ujar perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Tak hanya Google, Barbie juga ikut meramaikan Hari Perempuan Sedunia dengan meluncurkan boneka yang menampilkan perempuan penginspirasi dalam lini Sheroes.

Selamat Hari Perempuan Sedunia!(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH