Chrome Tak Lagi Layani Windows 7

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 05 Januari 2023
Chrome Tak Lagi Layani Windows 7
Goole Chrome tak mendukung lagi sistem operasi Windows 7. (Unsplash/Rubaitul Azad)

USIA Window 7 sudah 12 tahun, untuk ukuran manusia masih dalam masa transisi dari anak-anak ke remaja. Namun bisa jadi pada dunia teknologi digital usia seperti sudah tua.

Menurut ZDNet yang dilansir The Sun, jumlah pemakai Windows 7 pada saat ini mencapai lebih dari satu triliun unit PC. Kemudian banyak faktor yang mendorong kemudian beralih ke versi Window baru, Window 10 atau 11.

Baca Juga:

Cara Aman Mengelola Beragam Password untuk Berbagai Akun

os
Windows 7 tak lagi di-support oleh Google Chrome. (Unsplash/Tadas Sar)

Karena usianya yang uzur, maka pemakaiannya dianggap tidak dapat medukung aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah lebih maju.

Makanya Google tak lagi mendukung Windows 7 untuk dapat beroperasi pada Chrome. Sebenarnya Google sudah akan menghentikan dukungannya pada Windows 7 pada bulan Juli 2021. Namun kemudian diubah menjadi Januari 2022 yang kemudian didorong menjadi Januari 2023.

Keputusan pemunduran itu karena pertimbangan pandemi COVID-19. Rencananya minggu depan Google menghentikan dukungan teknikal dan keamanan pada Windows 7. Sementara Microsoft sudah menghentikan dukungan pada Windows 7 sejak 7 Januari 2020.

Untuk dapat menikmati Chrome, sebaiknya kamu melakukan pemuktahiran versi Window. Update dapat dilakukan dengan cara Start > Settings > System > Windows Update.

Meskipun demikian Google masih berbaik hati dengan tetap menjalankan Chrome yang dapat diakses oleh sistem operasi itu. Hanya saja tentu tidak ada lagi update untuk mendukungnya.

Baca Juga:

Penyimpanan Awan Dorong Adaptasi UKM ke Dunia Digital

os
Google mendorong orang untuk melakukan update sistem operasi. (Unsplash/Firmbee.com)

Google mendorong pengguna sistem Windows 7 dan Windows 8/8.1 untuk segera memperbaharui sistem operasi PCnya. Dengan demikian keamanan pada komputer akan tetap terjaga dan dapat terus menikmati fitur-fitur milik Chrome. Disarankan untuk menginstal sistem operasi terbaru Windows 11.

Sekadar info menurut kabar sebentar lagi versi terbaru akan hadir, Windows 12 yang mungkin baru hadir di tahun 2024.

Windows 7 memang masih menjadi favorit pengguna PC. Melansir The Verge, Microsoft mengatakan bahwa ada sekitar 1,5 miliar pengguna berbagai Windows di seluruh dunia. Sulit untuk menentukan jumlah pasti pengguna Windows 7 karena berbagai metode yang digunakan oleh perusahaan analitik.

Menurut Net Market Share, pangsa pasar Windows 7 berada di peringkat kedua setelah Windows 10 dengan total penggunaan 21,67 persen. Persentase ini jauh dibandingkan dengan Windows 8.1 (2,7 persen), Windows XP (0,90 persen), dan Windows Vista (0,11 persen). Meski demikian, jumlah pengguna Windows 7 sudah menurun 9,5 persen dibandingkan tahun lalu saat angkanya masih 31,2 persen. (psr)

Baca Juga:

Ketika Tesla dan Google Bikin Robot Canggih

#Teknologi #Komputer
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan