Christina Koch akan Jadi Wanita Pertama yang Sendirian di Angkasa Luar Christina Koch akan menjalankan misi perempuan pertama sendirian di angkasa luar (Foto: NASA)

NASA akan mengirimkan astronot perempuannya, Christina Koch pada tanggal 28 Desember 2019 ke luar angkasa. Koch akan menjalani misi selama 288 hari. Ini menjadikannya sebagai perempuan pertama yang sendirian berada di angkasa luar.

Jika misinya berhasil, ia akan mencatatkan diri sebagai perempuan sendirian yang memiliki waktu lebih lama di angkasa luar. Rekor di angkasa luar umumnya dipegang oleh Peggy Whitson, mantan komandan stasiun angkasa luar.

Baca Juga:

Pesawat Elektrik Pertama Segera Mengudara di 2020

angkasa
Christina Koch dan Jessica Meir (Foto: NASA)

Ia akan mengawaki Insternational Space Station (ISS) yang mengorbit Bumi. Ia bersama rekannya Jessica Meir juga memegang rekor sebagai perempuan pertama sebagai tim yang berjalan di angkasa luar pada 12 Oktober lalu. Keduanya menjalankan misi selama 7 jam memperbaiki kontrol power yang rusak di ISS.

Sepanjang sejarah manusia melakukan riset di angkasa luar, tercatat ada sekitar 15 astronot perempuan yang sudah berpartisipasi di dalamnya. Namun kebanyakan misi para astronot perempuan itu selalu didampingi oleh astronot pria.

Baca Juga:

NASA Perkenalkan Calon Astronot yang Akan Berangkat ke Mars

angkasa
Koch yang akan menghabiskan waktu selama 288 hari. (Foto: NASA)

Laman Daily Mail menuliskan, rekor terlama di ruang angkasa masih dipegang oleh Mark Kelly selama 438 hari. Sebenarnya rekor perempuan paling lama di angkasa luar masih dipegang oleh Whitson selama 665 hari. Namun ia menjalaninya dalam lima kali penerbangan yang berbeda. Bagi Koch, Whitson adalah mentor yang baik dan mendorongnya terus maju pada kariernya di NASA.

Koch memegang gelar master di bidang engineering, ikut dalam berbagai misi di Antartika dan Greenland. Membantu mendesain Goddard Space Flight Center untuk penelitian NASA di orbit Bumi dan Jupiter. (psr)


Baca Juga:

Sekedar Mengingatkan, Ponsel ini Tak Bisa Lagi Akses WA Tahun Depan

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH