Cholinergic Urticaria, Kondisi Kesehatan yang Diderita Salah Satu Member BTS V mengungkapkan bahwa dirinya memiliki alergi Cholinergic (Foto: Teen Vogue)

BARU-BARU ini para Army, sebutan untuk penggemar BTS, dibuat khawatir oleh V (Kim Taehyung), salah satu member boyband paling terkenal asal Korea, BTS. Dilansir dari Soompi, V menceritakan penyakit yang belakangan ini dirasakan olehnya di forum BTS Weverse. "Tidak, aku memiliki alergi cholinergic. Aku merasa gatal-gatal," tulis V BTS dalam Weverse. Kamu sendiri tahu tidak sih soal penyakit Cholinergic Urticaria itu?

Cholinergic Urticaria adalah penyakit yang menyebabkan kulit si penderita menjadi merah-merah disertai dengan ruam apabila suhu tubuhnya meningkat drastis. Biasanya penyakit ini dipicu oleh aktivitas yang berat contohnya saat berohlaraga dan juga keringat.

Baca juga:

Ternyata Ini Alasan Artis K-Pop Sering Pakai Masker Di Luar Panggung

Terkadang gejala-gejala tersebut juga bisa muncul jika penderita berpindah ke tempat dengan suhu tinggi, mandi air panas, makan makanan pedas, demam, merasa kesal, marah, atau juga gugup, atau hal-hal lain yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

Cholinergic Urticaria, Kondisi Kesehatan yang Diderita Salah Satu Member BTS
Ruam dan bentol merah muncul ketika suhu badan V BTS meningkat (Foto: Koreaboo)

Dilansir dari Healthline, gejala dari Cholinergi Urticaria yaitu kulit memerah disertai ruam-ruam dan gatal-gatal di daerah sekitar ruam tersebut. Gejala ini biasanya muncul dalam kurun waktu 6 menit dan semakin parah setelah 12-25 menit. Biasanya ruam-ruam muncul di dada dan leher terlebih dahulu, baru kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kemudian gejala ini biasanya bertahan untuk beberapa menit atau bahkan hingga beberapa jam setelah berohlaraga.

Baca juga:

Miris! Selebritas Korea Berikut Didiagnosis Gangguan Mental

Gejala lain yang mungkin dirasakan oleh penderita antara lain sakit perut, mual, diare, atau produksi air liur berlebih. Bagi penderita Cholinergi Urticaria kronis, mereka juga dapat merasakan gejala seperti kesulitan bernafas dan sakit kepala setelag berohlarga.

Cholinergic Urticaria bisa menjangkit siapa saja, namun mayoritas penderita berjenis kelamin laki-laki. Penderita kondisi ini biasanya mengidapnya sejak umur 16 dan dapat berlanjut hingga umur 30. Orang-orang dengan masalah kulit lainnya bisa lebih mudah terjangkit penyakit ini.

Baca juga:

Deretan Artis K-Pop yang Meninggal di Puncak Karier

Diduga V akhir-akhir ini sering terkena penyakit Cholinergic Urticaria akibat jadwalnya yang sangat sibuk. Untuk menghindari munculnya gejala-gejala Cholinergic Urticaria, V mulai memperbanyak waktu istirahatnya, sering terlihat menggunakan pakaian yang longgar dan juga minum air putih yang bnayak saat berada di panggung. (sep)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH