Oscar 2021

Chloe Zhao Jadi Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Menang Oscar

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 26 April 2021
Chloe Zhao Jadi Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Menang Oscar
Chloe Zhao dengan setelan putihnya. (Foto: Variety)

UNTUK pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade dan kedua kalinya dalam sejarah, seorang perempuan menang Oscar untuk Sutradara Terbaik. Kali ini giliran Chloe Zhao yang membawa pulang Academy Awards untuk Sutradara Terbaik lewat debutnya di film Nomadland.

Mengutip Variety, kemenangan Zhao mencatat namanya sebagai sutradara perempuan Asia pertama yang menang Oscar. Mengenakan setelan putih dengan rambut dikepang, Zhao berterima kasih kepada sesama nominator serta seluruh pemain dan kru yang membantu menghidupkan Nomadland.

“Saya telah banyak berpikir akhir-akhir ini tentang bagaimana saya terus maju ketika keadaan menjadi sulit. Dan saya pikir itu kembali ke sesuatu yang saya pelajari ketika masih kecil. Ketika besar di Tiongkok, saya dan ayah biasa menghafal puisi dan teks Tiongkok klasik dan kami menyelesaikan kalimat satu sama lain,” kata Zhao.

Baca juga:

Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2021, 'Mank' Mendominasi

Chloe Zhao Jadi Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Menang Oscar
Kathryn Bigelow menang Sutradara Terbaik di Oscar 2010. (Foto: Vogue)

Zhao mengatakan bahwa ia selalu terinspirasi dari frasa mandarin yang memiliki ‘Tiga Karakter Klasik’ dan diterjemahkan menjadi ‘Orang saat lahir, secara inheren baik.’

“Keenam surat itu memiliki pengaruh yang sangat besar bagi saya ketika masih kecil dan saya masih percaya sampai saat ini,” lanjutnya.

Dalam mengakhiri pidatonya, Zhao memberi hormat kepada siapa saja yang memiliki iman dan keberanian untuk mempertahankan kebaikan dalam diri mereka. Untuk berpegang pada kebaikan satu sama lain, tidak peduli betapa sulitnya melakukan itu.

Seperti yang diketahui, tahun lalu, Bong Joon-ho juga sukses mendapatkan gelar Sutradara Terbaik lewat film Parasite.

Baca juga:

Daniel Kaluuya Memenangi Piala Oscar Pertamanya Untuk Kategori Best Supporting Actor

Untuk sutradara perempuan pertama Oscar dipegang oleh Kathryn Bigelow pada 2010 lewat film The Hurt Locker. Selama 93 tahun Oscar berlangsung, hanya ada lima perempuan yang masuk dalam nominasinya, yakni Lina Wertmuller, Jane Campion, Sofia Coppola, Kathryn Bigelow, dan Greta Gerwig.

Tahun ini, Zhao bersaing dengan sutradara Thomas Vinterberg (Another Round), David Fincher (Mank), Lee Isaac Chung (Minari), dan Emerald Fennell (Promising Young Woman). Nomadland menjadi film fitur ketiga Zhao setelah drama Songs My Brothers Taught Me (2015), The Rider (2017), dan Eternals yang tayang di bioskop November tahun ini. (and)

Baca juga:

‘Nomadland’ Borong Piala BAFTA Awards 2021

#Breaking #Oscar #Film #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan