Chipset Snapdragon 865, Lebih Mutakhir dengan Dukungan Koneksi 5G Qualcomm Snapdragon 865 Membuat Performa Smartphone Lebih Cepat (Foto: Ars Technica)

QUALCOMM selaku brand produsen chipset perangkat elektronik tersebut pamerkan salah satu chipset keluaran terbarunya yang tentu dapat bersaing di jajaran smartphone flagship untuk tahun 2020 ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 865 yang diperkenalkan di event Snapdragon Summit 2019 di Maui, Hawaii pada tanggal 4 Desember 2019.

Chipset Snapdragon 865, Lebih Mutakhir dengan Dukungan Koneksi 5G
Chipset Snapdragon 865 Diperkenalkan di Snapdragon Summit 2019 (Foto: Liliputing)

Melansir laman teknologi The Verge, Chipset Snapdragon 865 ini diklaim mampu untuk bersaing di kelas flaghship seperti chipset yang sudah dipakai untuk smartphone unggulan, seperti chipset A13 yang dipakai pada smartphone iPhone 11. Chipset yang memiliki delapan core ini diklaim memiliki 25 persen lebih kuat dibandingkan chipset Qualcomm yang sudah ada, yakni Snapdragon 855.

Baca juga:

Mengenal Keunggulan iPad Air dan iPad Mini

Dari segi konektivitas dan performa, dukungan 5G pada chipset ini akan membuat smartphone mampu menembus batas unduh hingga tujuh gigabit per detik, dan juga memiliki jarak tangkap sinyal yang cukup besar hingga 6 giga hertz. CPU Kryo 585 juga membuat konektivitas menjadi 25 persen lebih kuat dan mampu melakukan aktivitas browsing dan penelusuran media sosial lebih cepat.

Dari segi kamera, chipset Snapdragon 865 ini juga didukung Spectra 480, sehingga kecepatan foto menjadi lebih cepat dan juga detail, Snapdragon 865 ini juga mampu melakukan foto sembari merekam video yang didukung hingga resolusi 8K, juga bisa merekam video 720 piksel dengan penangkapan layar hingga 960 frame per detik. Tentunya, Snapdragon 865 juga didukung oleh Dolby Vision HDR, dimana hasil rekaman menjadi lebih mulus.

Baca juga:

Cek Spesifikasi Super Canggih Samsung Galaxy Note 10!

Untuk kualitas saat bermain game, Snapdragon 865 juga sudah mampu untuk memproyeksi layar dengan refresh rate 144Hz, fitur ini biasanya sudah dipakai di beberapa monitor yang dipakai untuk bermain video game, mengadopsi fitur ini ke smartphone adalah keputusan yang sangat bagus bagi para gamer yang senang dengan kualitas bermain yang lebih memanjakan mata.

Chipset Snapdragon 865, Lebih Mutakhir dengan Dukungan Koneksi 5G
Diagram Chipset Dengan Beberapa Fitur Mutakhir (Foto: Ars Technica)

Snapdragon 865 juga menjanjikan performa AI yang lebih baik, dimana chipset ini diklaim memiliki 35 persen lebih efisien dalam pemakaian baterai. Menurut Qualcomm sendiri, smartphone yang akan mengusung chipset Snapdragon 865 ini akan dirilis pada tahun 2020. (Dnz)

Baca juga:

Galaxy S10 Resmi Diluncurkan, ini Keunggulan Produk Terbaru Samsung


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH