Kesehatan
Chef Devina Hermawan Kreasikan Resep Padat Nutrisi untuk Anak Asupan nutrisi anak penting di masa pandemi. (foto: unsplash/vitolda klein)

ORANGTUA mana sih yang tidak khawatir dengan kondisi anak mereka selama pandemi ini? Rasanya setiap orangtua pasti khawatir dengan asupan nutrisi anak di masa pandemi. Sebagai ibu dari dua orang anak, chef Devina Hermawan, finalis MasterChef season 5, merasakan betul kekhawatiran itu. Orangtua tentu saja ingin memberikan perlindungan yang optimal kepada anak. Daya tahan tubuh anak belum yang belum sempurna membuatnya mudah terpapar virus dan penyakit.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, orangtua perlu terus memantau asupan nutrisi bagi buah hatiagar tubuh mereka sehat dan memiliki daya tahan yang kuat. Chef Devina menuturkan pengalamannya mengurus dua buah hatinya sepanjang era pandemi COVID-19 ini dalam konferensi pers Morinaga Chil-Go! secara virtual (25/3) dengan tema Peduli Gizi Anak Selama Pandemi.

BACA JUGA:

Usaha Lebih untuk Lindungi Anak dari COVID-19

Devina mengaku sempat khawatir apakah kedua anaknya telah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk membangun daya tahan tubuhnya agar mampu menghadapi virus COVID-19. "Tentunya memberikan nutrisi harian sangat penting mulai dari pemilihan bahan hingga cara mengolahnya. Selain itu, nutrisi tambahan seperti susu juga saya berikan untuk anak supayamembantu menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh anak," ujarnya.

Selain itu, agar anak tidak bosan dengan menu makanan harian, chef Devina pun menggunakan keahliannya untuk membuat kreasi resep immunobooster. Dia sempat menunjukkan dua resep makanan bergizi kreasinya yaitu Less Sugar Panna Cotta danCreamy Baked Broccoli Potato Cheese.

chef devina
Chef Devina berkreasi resep immunobooster. (Foto: istimewa)

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M Faqih, SH, MH yang menekankan daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. "Tentunya kesehatan keluarga ini juga tidak terlepas dari peran para dokter yang ada dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan terhadap keluarga, termasuk untuk anak-anak,” ujar Daeng.

Penelitian telah membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik, yang pada akhirnya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Tubuh dan pikiran yang sehat, ditambah dengan terus melakukan kepatuhan dalam tindakan pencegahan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dalam pergaulan sehari-hari, akan membuat anak semakin siap menangkal serangan COVID-19.

"Pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti rajin cuci tangan, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stres rendah, paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit. Oleh karenanya para orangtua dan anggota keluarga perlu memperhatikan dengan benar-benar pemenuhan nutrisi dan juga aktivitas anak sehari-hari," tutup Daeng. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
India Tunda Pembukaan Taj Mahal
Fun
India Tunda Pembukaan Taj Mahal

Penundaan diputuskan malam sebelum Taj Mahal dijadwalkan untuk kembali dibuka.

PlayStation 5 x Caviar Berbalut Emas 20 Kilogram
Fun
PlayStation 5 x Caviar Berbalut Emas 20 Kilogram

Caviar menciptakan barang-barang mewah dengan harga fantastis.

MTV VMA 2020 Beri Penghormatan Khusus kepada Chadwick Boseman
ShowBiz
Mercedes akan Hadirkan Sejumlah Mobil Listrik Baru
Fun
Mercedes akan Hadirkan Sejumlah Mobil Listrik Baru

Mobil Listrik dari Mercedes Benz akan segera meluncur di tahun 2021

iOS 14.5 Hadirkan Emoji Baru
Fun
iOS 14.5 Hadirkan Emoji Baru

Emoji baru yang sangat menarik.

Mungkinkah Zodiak Sama, Jadi Bahagia?
Fun
Mungkinkah Zodiak Sama, Jadi Bahagia?

Ini semua tentang saling melengkapi, dan mencapai keseimbangan.

Nokia Rilis Ponsel Terbaru di April
Fun
Nokia Rilis Ponsel Terbaru di April

Salah satunya akan menghadirkan ponsel gaming.

Girl Band Girls Girls Rilis Single Debut 'Berharap tak Berpisah'
ShowBiz
Girl Band Girls Girls Rilis Single Debut 'Berharap tak Berpisah'

Lagu ciptaan Denny Chasmala itu dulunya dipopulerkan oleh Reza Artamevia di era 2000-an.

Sukses Sekolah dan Kuliah di Masa Pandemi, Ikuti Trik Ini
Hiburan & Gaya Hidup
Mengintip Gelang Canggih dari PouchNATION untuk Monitor Suhu Tubuh
Fun