Kesehatan Mental

Saat Diet, Cheat Day Juga Perlu

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 05 Februari 2023
Saat Diet, Cheat Day Juga Perlu
Atur pola cheat day agar tidak berlebihan. (Foto: Unsplash/Sander Dalhuisen)

KAMU yang lagi diet, sini kumpul dulu. Kamu pasti pernah merasa jenuh dengan pola makan dan lauk yang monoton. Dari alasan inilah, ada yang menciptakan momen untuk bisa bebas makan apa pun yang diinginkan. Boleh sih, asal enggak kebablasan.

Momen cheat day menjadi waktu yang ditunggu-tunggu ketika sedang diet. Jika dilakukan dengan cara tepat, cheat day akan membuatmu segar sejenak sehingga tidak jenuh dengan rutinitas diet yang kamu jalani. Biasanya, cheat day dilakukan satu minggu sekali atau satu kali dalam sebulan. Beda orang, beda pula metode cheat day yang dilakukan. Ada yang hanya menerapkan cheat meal, tapi ada juga yang benar-benar melakukan cheat day.

Baca juga:

Manfaat dari Bubuk Kakao, Bisa Buat Diet

Cheat Day juga Perlu Saat Diet
Bisa membuatnya secara homemade dan lebih sehat. (Foto: Unsplash/Dana DeVolk)


Mengutip laman Alodokter, cheat meal adalah istilah yang digunakan untuk pola mengonsumsi salah satu menu makanan yang dilarang saat diet, umumnya makanan tinggi kalori dan bisa memanjakan lidah, sertai di waktu khusus, misalnya satu kali dalam seminggu atau sebulan.

Sedangkan cheat day adalah pola mengonsumsi segala jenis makanan apapun baik yang dilarang ataupun yang tidak, selama satu hari penuh.

Bagaikan pisau bermata dua, cheat day juga bisa membaut program diet jadi batal, lo. Selain itu, hasil akhir terbentuknya pola makan sehat serta penurunan berat badan jadi gagal. Berikut tips aman yang bisa kamu terapkan:

1. Jangan makan sembarangan

Sesekali melakukan cheat day tidak masalah, kok. Namun, selalu perhatikan apa yang kamu konsumsi, ya. Pastikan kalori yang masuk ke tubuhmu sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk tetap pilih makanan yang sehat, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan sumber protein.

2. Tidak berlebihan

Meski sedang cheat day, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi makanan secara berlebihan dan tidak teratur. Mengetahui jumlah kalori yang kamu butuhkan bisa membantu untuk menetapkan jumlah dan jenis makanan yang bisa kamu konsumsi selamat cheat day atau cheat meal. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, aktivitas, berat badan, dan target penurunan berat badan yang ingin kamu capai.

Baca juga:

3 Tren Hidup Sehat yang Perlu Diadopsi di 2020

Cheat Day juga Perlu Saat Diet
Atur pola makan. (Foto: Unsplash/Adriel Prastyanto)

3. Makan perlahan

Tidak perlu terburu-buru ketika makan. Makan secara perlahan sambil menikmati setiap makanan yang masuk ke mulut bisa membuat program diet kamu berhasil. Soalnya, cara ini dapat meningkatkan kadar hormon yang bertangugng jawab pada rasa kenyang, sehingga asupan kalori pun cenderung berkurang.

4. Buat versi sehat dari makanan yang diinginkan

Jika saat cheat day kamu menginginkan makanan favorit, seperti pizza, burger, atau es krim, kamu bisa membuatnya dengan versi lebih sehat. Misalnya, kamu bisa membuat pizza homemad dari roti gandum dengan olesan saus tomat buatan sendiri dan taburan sayur juga daging rendah lemak.

Selain itu, kamu juga bisa buat es krim dari susu rendah lemak yang dicampur dengan jus buah alami juga tambahan yoghurt. Dengan begitu, kamu bisa makan makanan kesukaanmu, tetapi tetap sehat. (and)

Baca juga:

Otot Makin Besar, Penggunaan Steroid Ternyata Buruk untuk Tubuh

#Kesehatan #Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan