Teknologi

Chat GPT, Keterampilan Paling Diburu Para Profesional

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 14 Juni 2023
Chat GPT, Keterampilan Paling Diburu Para Profesional
ChatGPT menjadi topik yang paling banyak dikonsumsi di Udemy. (Foto: Udemy)

PLATFORM Udemy telah merilis Workplace Learning Index Q1 2023. Laporan yang diterbitkan setiap tiga bulan ini menyoroti keterampilan teknis dan profesional yang sedang tren di kalangan para profesional saat ini. Tujuannya adalah untuk membantu mereka mengikuti perkembangan inovasi dan mendukung pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan.

Menurut temuan laporan tersebut, ChatGPT saat ini menjadi keterampilan yang paling diminati di dunia kerja secara global. Berdasarkan data yang diperoleh dari hampir 14.400 pelanggan Udemy Bisnis di seluruh dunia, ChatGPT menjadi topik yang paling banyak dikonsumsi pada kuartal pertama tahun 2023.

Baca Juga:

Chat GPT akan Tersedia pada Smartwatch

Konsumsi kursus ChatGPT meningkat secara signifikan sebesar 4.419 persen dari kuartal sebelumnya. Selain itu, hampir 470 kursus baru yang berkaitan dengan ChatGPT ditambahkan ke platform Udemy selama kuartal tersebut, dan jumlah pendaftaran kursus mencapai lebih dari 420.000 per tanggal 31 Maret 2023.

Para pembelajar Udemy Bisnis memanfaatkan ChatGPT terutama untuk meningkatkan efisiensi kerja mereka dan membantu pembuatan copywriting untuk meningkatkan SEO. Selain itu, ChatGPT juga digunakan untuk menghasilkan ide-ide yang dapat meningkatkan presentasi visual, serta pembuatan email berskala besar guna meningkatkan produktivitas.

ChatGPT juga digunakan untuk menghasilkan ide-ide yang dapat meningkatkan presentasi visual. (Foto: Unsplash/D koi)

Permintaan akan kursus ChatGPT terus tinggi di kalangan pembelajar di platform Udemy, dan para instruktur dengan cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan ini. Hingga pertengahan Maret 2023, telah ada lebih dari 4.500 pendaftaran dari Indonesia khusus untuk kursus ChatGPT. Jumlah tersebut melampaui angka di beberapa negara-negara maju seperti Australia, Jepang, dan Korea.

Workplace Learning Index juga menunjukkan bahwa bahasa pemrograman Dart merupakan keterampilan teknis yang paling banyak diminati di Indonesia, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 161 persen, diikuti oleh Google Flutter sebesar 127 persen. Keterampilan teknis lainnya yang melonjak adalah Microsoft Certification (83 persen), Agile (67 persen), dan Android Development (64 persen).

Baca Juga:

Mengenal ChatGPT, AI Canggih nan Meresahkan

Giri Suhardi, Head of Indonesia Market di Udemy, mengatakan sangat senang melihat pertumbuhan yang sangat tinggi untuk topik AI secara global, dan di Indonesia pada khususnya.

"Hal ini menunjukkan bahwa para profesional di Indonesia memiliki motivasi yang tinggi untuk mempelajari AI, tidak kalah dari negara-negara maju. Ini merupakan perkembangan yang positif bagi negara ini dalam merangkul teknologi yang sedang tren untuk tetap kompetitif dan inovatif," urai Giri dalam siaran pers yang diterima merahputih.com.

Permintaan akan kursus ChatGPT terus tinggi. (Foto: Unsplash/Priscilla du Preez)

Giri menjelaskan bahwa Udemy tidak hanya menyediakan kursus AI dan ChatGPT kepada publik, tetapi juga mengadopsi AI ke dalam platformnya untuk mengoptimalkan pengalaman belajar bagi individu, organisasi, dan instruktur.

Udemy juga akan merilis kemampuan baru berbasis AI yang merekomendasikan video kursus kepada pembelajar yang dipersonalisasi berdasarkan tujuan karir mereka. Pada tahun 2030, diprediksi akan terjadi kekurangan lebih dari 85 juta orang yang memiliki keterampilan.

"Kami juga memanfaatkan kekuatan AI untuk membantu organisasi memahami kesenjangan keterampilan (skill gaps) di dalam tenaga kerja mereka, dan mendukung karyawan untuk tumbuh secara efektif dan strategis," tutup Giri. (ikh)

Baca Juga:

Ketika Chatbots Memainkan Hati Penggunanya

#Teknologi #JUNI SEBANGSA STAYACTION
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan