Charta Politika: Warga Jateng Lebih Puas Kinerja Ganjar Ketimbang Jokowi

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 14 April 2022
Charta Politika: Warga Jateng Lebih Puas Kinerja Ganjar Ketimbang Jokowi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis survei preferensi sosial dan politik masyarakat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Hasilnya, warga Jateng lebih puas kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) ketimbang pemerintah pusat.

Baca Juga

Survei Charta Politika: Warga Kaltim Puas dengan Kinerja Pemerintah Pusat

Kepuasan terhadap Pemprov Jateng yang dipimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo ini mencapai 88.7 persen. Sedangkan untuk pemerintah pusat yang dipimpin Presiden Jokowi masih di bawah angka tersebut.

"Tingkat kepuasan masyarakat Jawa Tengah terhadap pemerintah pusat 85.7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam keterangan persnya, Kamis (14/4).

Survei ini juga memotret preferensi warga Jateng dalam Pilkada. Hasilnya nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menduduki peringkat pertama dengan 28.5 persen masyarakat yang memilih namanya.

Sementara nama selanjutnya di bawah Gibran adalah Taj Yasin Maimoen yang merupakan Wakil Gubernur Jawa Tengah saat ini. Anak dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu KH Maimoeb Zubair atau Mbah Moen itu memperoleh suara 11.3 persen.

"Di urutan ketiga ada Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang) dengan 6.0 persen," ujar Yunarto.

Baca Juga

5 Capres Pilihan Publik Versi Survei, Ada Prabowo hingga Sandiaga Uno

Untuk elektabilitas calon Presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya. Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu mendapat perolehan angka yang cukup tinggi 70 persen.

"Sementara nama lainnya seperti Prabowo Subianto 9.0 persen, Anies Baswedan 7.1 persen, masih berada di bawah 10 persen," imbuhnya.

Sedangkan dalam simulasi partai politik, PDIP masih menjadi partai yang paling mendominasi di Jateng dengan 46.0 persen, disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang terpaut cukup jauh dengan 11.2 persen.

"Selanjutnya diikuti Gerindra dengan 6.6 persen," tutup Yunarto.

Adapun survei ini dilakukan pada tanggal 14-19 Februari 2022. Menggunakan multistage random sampling jumlah sampel di Provinsi Jateng sebesar 1090 responden. Melalui wawancara tatap muka denganprotokol kesehatan yang ketat, dan margin of error +/- 2.97 persen. (Pon)

Baca Juga

Hasil Survei Elektabilitas Capres, Prabowo Jauh Tinggalkan Nama Calon Lain

#Survei #Hasil Survei #Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan