Charles Manson, Pemimpin Sekte Pembunuh Bersosok Karismatik Charles Manson. (Foto: Wikipedia)

KARISMATIK tetapi berbahaya. Itu lah gambaran tentang Charles Manson, pemimpin sekte Keluarga Manson.

Sekte ini hadir pada 1968. Sebuah sekte yang berbahaya lantaran serangkaian pembunuhan yang dilakukan pengikutnya di musim panas 1969. Sembilan orang tewas di tangan pengikut Keluarga Manson.

Salah satunya aktris Sharon Tate yang tengah hamil tua. Atas perintah Manson, semua orang yang ada di rumah Tate wajib dibunuh. Namun, suami Tate yang bernama Roman Polanski berhasil luput dari pembunuhan lantaran pria ini tengah syuting.

Mansion adalah orang berbahaya. Ia percaya Helter Skelter, kiamat yang dipicu perang antarras. Keyakinannya pada kiamat itu lah yang mendorongnya mendesain pembunuhan dengan misi mempercepat kiamat.

Layaknya pemimpin sekte lain, Manson piawai memainkan kondisi psikologis pengikutnya. Namun polisi tidak tinggal diam melihat kelakuan Manson sebagai otak pembunuhan.

Dia ditangkap dan divonis hukuman penjara seumur hidup sejak 1972. Sebenarnya, ia seharusnya menjalani hukuman mati. Tetapi hukuman mati dilarang sementara di California saat ia mendapat vonis tersebut.

Tahun lalu, Manson meninggal dunia. Namanya pun kembali diperbincangkan. Bahkan sejumlah film dibuat setelah kematiannya. Sebut saja film Mindhunter yang ditayangkan Netflix serta film belum berjudul yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan baru akan dirilis 2019 mendatang. (*)

Dapatkan berita lain tentang Leonardo DiCaprio pada artikel Leonardo DiCaprio Akan Perankan Joker?

Kredit : rina


Rina Garmina