Fashion
Chanel Batasi Pembelian Satu Tas per Tahun di Korsel Hal ini mungkin disebabkan oleh melimpahnya pengecer yang membanjiri pasar Korea Selatan. (heraldm.com)

PEMBELI Korea Selatan yang ingin mengumpulkan beberapa tas Chanel tahun ini mungkin akan kecewa. Brand mewah tersebut mengeluarkan kebijakan baru: satu tas per pelanggan per tahun.

Menurut laporan eksklusif oleh surat kabar harian Korea Selatan Hankook Ilbo, pembeli di Chanel hanya diizinkan untuk membeli satu Timeless Classic flap bag dan satu Coco Handle handbag setiap tahun.

Media tersebut berbicara dengan juru bicara Chanel Korea yang mengatakan batas belanja baru diberlakukan mulai 10 Oktober. Kebijakan tersebut juga berlaku untuk barang-barang aksesori kecil seperti dompet dan pouch.

BACA JUGA:

Rahasia Glowing Bintang 'Squid Game' Jung Ho-yeon

Tidak jelas apakah kebijakan batas pembelian ini terbatas pada toko Chanel di Korea Selatan, atau apakah outlet lain di seluruh dunia akan mengikuti.

Chanel Korea mengatakan kepada Insider bahwa beberapa produknya sangat dicari oleh kliennya. "Untuk memuaskan (pelanggan kami) secara memadai, kami dapat mengambil tindakan yang tepat di tingkat lokal," kata juru bicara Chanel Korea kepada Insider (18/10).

tas chanel
Hanya boleh membeli satu Timeless Classic flap bag dan satu Coco Handle handbag setiap tahun. (juliaroseluxury.com)

Meskipun alasan penerapan batas pembelian baru ini tidak diberikan, The Korea Times melaporkan bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh melimpahnya pengecer yang membanjiri pasar Korea Selatan.

Para pengecer ini memperoleh barang-barang Chanel melalui "open runs", sebuah sistem di mana orang-orang membentuk barisan meliuk-liuk di luar toko Chanel pada dini hari, lalu bergegas masuk begitu toko dibuka untuk mengambil barang-barang pilihan. Kalau di Indonesia sistem yang sama diakali dengan jasa titip atau jastip.

Tas dan barang-barang kulit ini kemudian dijual kembali dengan mark-up 300 USD atau sekitar Rp 4.241.940 hingga 400 USD atau sekitar Rp 5.652.480. Para pembeli bersedia membayar pengecer untuk kenyamanan dan tidak harus mendatangi "open runs" secara langsung.

tas chanel
Para pembeli bersedia membayar pengecer untuk kenyamanan dan tidak harus mendatangi "open runs". (businessoffashion.com)

'Open runs' menjadi begitu intens, lapor Harian Ekonomi Korea, sehingga pengecer mulai mengantre di depan department store seperti toko besar Shinsegae di distrik perbelanjaan Myeong-dong dengan kursi dan tenda. Di sana, mereka menunggu gerbang dibuka hanya untuk berlari melewati enam atau tujuh mal di distrik itu untuk menyapu bersih barang-barang mewah yang didambakan.

Beberapa orang yang mengantre mengatakan kepada Korea Economic Daily bahwa melakukan 'open runs' ini merupakan pekerjaan sampingan yang menguntungkan yang dapat menghasilkan 90 USD (Rp 1.271.772) hingga 270 USD (Rp 3.816.544) per barang jika mereka berhasil mendapatkan tas yang diinginkan klien mereka.

Pasar barang mewah Korea Selatan yang booming bernilai 15 triliun won Korea Selatan (Rp 178.508.203.800.000) pada tahun 2020. Harian Ekonomi Korea secara terpisah melaporkan pada bulan September bahwa milenial, terutama pria berusia 20-an dan 30-an, sangat bersedia berbelanja secara royal pada barang-barang bermerek, dan menyumbang untuk sekitar sepertiga dari pasar barang mewah dan retail negara itu.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bangun Kebiasaan Membaca dengan 6 Cara Ini
Fun
Bangun Kebiasaan Membaca dengan 6 Cara Ini

Membaca itu menyenangkan.

Tinder Explore Berikan Kebebasan Pengguna Memilih Match Berdasarkan Kesamaan Minat
Fun
Penggalangan Dana UOB Bagi Masyarakat Terdampak Pandemi Cetak Rekor Hingga $1,86 Juta
Hiburan & Gaya Hidup
Penggalangan Dana UOB Bagi Masyarakat Terdampak Pandemi Cetak Rekor Hingga $1,86 Juta

UOB menggalang dana lewat Global Heartbeat Virtual Run/Walk

Bong Jon-hoo Konfirmasi 2 Proyek Lanjutan Film 'Parasite'
ShowBiz
Bong Jon-hoo Konfirmasi 2 Proyek Lanjutan Film 'Parasite'

Satu akan menjadi film berbahasa Korea, dan satunya berbahasa Inggris

Hidup Sehat Menyambut 2022 Versi WHO
Fun
Hidup Sehat Menyambut 2022 Versi WHO

Segera mulai hidup sehat seperti disarankan WHO.

Pakai Masker Double Lebih Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona?
Fun
Pentingnya Suntikan Vaksin Kedua COVID-19
Fun
Pentingnya Suntikan Vaksin Kedua COVID-19

Jadwal pemberian vaksin kedua COVID-19 harus dipatuhi.

Sepatu Bongkar Pasang Hasil Kolaborasi Lego X Adidas
Fashion
Sepatu Bongkar Pasang Hasil Kolaborasi Lego X Adidas

Lengkap dengan tali dan kotak sepatu.

Populasi Keledai Terancam Akibat Permintaan untuk Pengobatan Tradisional
Fun
Populasi Keledai Terancam Akibat Permintaan untuk Pengobatan Tradisional

Lima juta keledai disembelih untuk memenuhi permintaan 'eijao'.

Bosan dengan Dresscode Merah dan Hijau? Intip 3 OOTD Chic Edisi Natal
Fashion