CFAS Universitas Nasional Eratkan Hubungan Australia-Indonesia CFAS Universitas Nasional Resmi Didirikan (Foto: internationalaffairs.org.au)

CENTER for Australian Studies (CFAS) Universitas Nasional atau Pusat Studi Australia Universitas Nasional, menggelar dan Soft Launching pusat studi memfokuskan diri pada hubungan indonesia-Australia tersebut, dengan tajuk 'Australia - Indonesia Relation: past, present and future'.

Acara webinar tersebut menghadirkan sejumlah sosok istimewa, seperti Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo (Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu), Stephen Scot (Deputy Australian Ambassador to Indonesia), George Iwan Marantika (National President of Indonesia Australia Business Council), Prof. Paul AShton (University of Technology Sydney Australia), dan Prof. Richard Chauvel (Melbourne University Australia).

Baca Juga:

10 Universitas Tertua di Dunia, Salah Satunya Terkait Ekspedisi Hindia Belanda

Center for Australian Studies (CFAS) Universitas Nasional resmi didirikan (Foto: hi.fisip.unas.ac.id)

Selain itu, ada juga pembicara dari akademisi, seperti Harry Darmawan (Head of CFAS Universitas Nasional), Prof David Reeve (University of New South Wales Sydney, New South Wales Australia), dan Rizki Marman Saputra sebagai moderator webinar.

"Hari ini CFSA Studi UNAS melaksanakan soft launching, di mana sebelumnya telah di resmikan pada awal Juni lalu oleh rektor UNAS, ini adalah institusi yang berkomitmen untuk memajukan dan mengeratkan hubungan australia dan indonesia," ujar Harry Darmawan, Head of CFAS Universitas Nasional pada soft launching CFAS Universitas Nasiona via Zoom, Senin (6/7).

Sedikit informasi, pusat Studi Australia Universitas Nasional sebetulnya sudah diresmikan pada tanggal 3 Juni 2021 lalu.

Baca Juga:

Universitas di Jerman Tawarkan Beasiswa untuk Orang-Orang Malas

Rektor Universitas Nasional (UNAS) Dr. El Amry Bermawi Putera telah memberikan SK pendirian kepada Ketua Pusat Studi Australia Universitas Nasional, Harry Darmawan.

Sebagai dua negara berbatasan langsung, hubungan Indonesia-Astralia punya makna penting dalam menjaga stabilitas regional. Kedua negara sudah memiliki kerjasama pada bidang potensial. Dari mulai bidang ekonomi, pendidikan, politik, dan sosial budaya.

Dalam bidang pendidikan di periode 1980, pusat-pusat kajian Australia mulai berkembang di Indonesia. Dan saat ini, lebih dari 80 universitas di Indonesia telah memiliki studi tentang Australia.

Universitas Nasional lantas mengambil peran sebagai salah satu institusi pendidikan dalam mengembangkan studi kajian Australia-Indonesia, dengan meresmikan Center for Australian Studies Universitas Nasional.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo mengatakan sangat mendukung adanya pusat studi Indonesia-Australia di Universitas Nasional.

"Selaku pihak diberikan amanah oleh negara, saya sangat menyambut baik didirikannya pusat studi Indonesia Australia di Universitas Nasional," jelas Dubes RI Untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo.

Dubes RI Untuk Australia berharap adanya CFAS UNAS bisa mempererat hubungan antara Indonesia dan Australia (Foto: internationalaffairs.org.au)

Yohanes menambahkan, pencapaian tersebut tentunya bukan hal bisa dicapai dalam semalam, karena merupakan kerja keras dari semua pemangku kepentingan. Yohanes berharap seluruh pihak bisa senantiasa memelihara dan memperkuatnya.

CFAS, lanjut Yohanes, diharapkan bisa meningkatkan literasi di kalangan masyarakat Indonesia dan Australia, serta menjaga hubungan bilateral antarnegara agar semakin kuat. (Ryn)

Baca Juga:

Motor Listrik dari Universitas Budi Luhur Lakukan Uji Coba di Sirkuit Sentul

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rilis ‘Lover Like Me’ CL Persiapkan Album Perdana Tahun Ini
ShowBiz
Rilis ‘Lover Like Me’ CL Persiapkan Album Perdana Tahun Ini

Single ini menjadi jembatan menuju album perdananya bertajuk ALPHA yang siap rilis pada Oktober 2021.

Tinder Explore Berikan Kebebasan Pengguna Memilih Match Berdasarkan Kesamaan Minat
Fun
Astronaut: Persiapkan ini Sebelum Liburan ke Angkasa Luar
Travel
Astronaut: Persiapkan ini Sebelum Liburan ke Angkasa Luar

Pengamat memprediksi industri perjalanan akan jadi sektor yang berkembang.

Mie Instan Terenak, Menurut Koki dan Food Writers
Fun
Mie Instan Terenak, Menurut Koki dan Food Writers

Mi instan teman yang baik mengenyangkan perut.

BTS Ungkap Alasan Jadikan ‘Proof’ Album Antologi
ShowBiz
BTS Ungkap Alasan Jadikan ‘Proof’ Album Antologi

BTS seperti menjadikan Proof sebagai kilas balik perjalanan karier mereka sejak debut pada 13 Juni 2013.

Nintendo Direct Beri Segudang Informasi Game Terbaru
Fun
Nintendo Direct Beri Segudang Informasi Game Terbaru

Informasi menarik seputar game terbaru.

Amazon Prime Day Tawarkan Lebih dari 30 Game Gratis
Fun
Amazon Prime Day Tawarkan Lebih dari 30 Game Gratis

Prime Gaming, layanan baru Amazon yang menawarkan game gratis.

Pengguna Aktif TikTok Mencapai 1 Miliar Tiap Bulan
Fun
Pengguna Aktif TikTok Mencapai 1 Miliar Tiap Bulan

Satu miliar pengguna TikTok dari seluruh dunia.

4 Zodiak Bermental Baja
Fun
4 Zodiak Bermental Baja

Zodiak-zodiak ini memiliki mental kuat dan pikiran sehat.

Kanye West Tengah Menggarap 'DONDA 2'
ShowBiz
Kanye West Tengah Menggarap 'DONDA 2'

Kabarnya DONDA 2akan menjadi sekuel untuk album sebelumnya.