Cetak Rekor, Fujifilm Rilis Lensa f/1.0 untuk Mirrorless Dijuluki sebagai lensa The One. (Foto: Exibart Street)

FUJIFILM baru saja merilis lensa seri X terbarunya untuk kamera mirrorless. Lensa yang diberi nama XF 50mm R WR ini memiliki bukaan lensa (aperture) f/1.0 pertama di dunia untuk kamera mirrorless. Dengan bukaan tersebut, tentunya membuat gambar memaksimalkan efek bokeh atau blur.

Dijuluki The One, lensa ini memiliki berat 845 gram ukuran fisik 103,5 mm x 87 mm. Ini adalah lensa seri X paling berat Fujifilm. Fujifilm mengklaim bahwa ini adalah lensa autofokus dengan bukaan terlebar yang pernah dibuatnya.

Baca juga:

Drone ‘Fixed-Wing’, Terobosan Baru Pengangkutan Kargo



Lensa ini sebenarnya ditujukan untuk kamera dengan sensor APS-C. Mengutip The Verge, focal length 50mm ini setara dengan 76mm di kamera full-frame dengan aperture sekitar f/1.4. Di bodi lensa ini juga terdapat ring fokus manual dengan rotasi 120 derajat dari jarak fokus terdekat ke jarak fokus terjauh.

Lensa paling cepat Fuji sebelumnya adalah 56mm dengan bukaan f/1.2, setara dengan lensa paling cepat buatan Canon dan Nikon. Meskipun Canon pernah membuat fokus otomatis 50mm f/1.0 untuk DSLR, namun dihentikan beberapa dekade lalu. Nikon dan Leica juga sebelumnya pernah membuat lensa Nikkor Z 58mm dengan bukaan lensa f/0.95. Sayangnya, lensa tersebut hanya mendukung fokus manual, bukan autofokus layaknya kamera Fujifilm XF50mm f/1.0 R WR.

Diperuntukkan untuk sensor dengan APS-C. (Foto: The Verge)
Diperuntukkan untuk sensor dengan APS-C. (Foto: The Verge)

Sekadar informasi, dengan bukaan lensa sebesar f/1.0, maka cahaya yang masuk akan lebih banyak. Semakin kecil angka bukaannya, maka bukaan kamera akan semakin lebar dan pengguna bisa menggunakan shutter speed lebih cepat.

Selain itu, semakin besar bukaan, maka depth of field pada foto yang dihasilkan pun semakin tipis. Ini yang membuat foto latar belakangmu menjadi buram atau blur. Lensa dengan bukaan f/1.0 ini tentunya menjadi incaran para fotografer maupun videografer.

Sayangnya, belum diketahui kapan Fujifilm akan menjual lensa ini di Indonesia. Namun untuk pasar global, lensa ini dibanderol dengan harga USD 1.500 atau sekitar Rp 22,1 juta. (and)

Baca juga:


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH