Film

Cetak Rekor, 'Perempuan Tanah Jahanam' Masuk 17 Nominasi di FFI 2020

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 09 November 2020
Cetak Rekor, 'Perempuan Tanah Jahanam' Masuk 17 Nominasi di FFI 2020
Masuk tiga nominasi di FFI 2020. (Foto: Instagram/Joko Anwar)

FESTIVAL Film Indonesia (FFI) 2020 baru saja mengumumkan 21 nominasi yang siap memperebutkan Piala Citra. Salah satunya ialah sutradara Joko Anwar yang masuk tiga nominasi. Film Perempuan Tanah Jahanam bahkan mencetak rekor dengan 17 nominasi.

Saat menanggapi pencapaian itu, Joko Anwar merasa senang dan bersyukur mendapatkan pengakuan dari rekan-rekan sesama pekerja film. Film Joko Anwar berlaga di tiga kategori di FFI 2020, yakni sutradara terbaik, pemeran utama perempuan terbaik, penulis skenario adaptasi terbaik.

“Ini kehormatan besar bagi saya,” kata Joko dalam konferensi pers daring FFI, Minggu (8/11).

Baca juga:

Daftar Lengkap Nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2020

Dua film horornya juga masuk dalam nominasi Piala Citra tahun ini, yakni "Perempuan Tanah Jahanam" dan "Ratu Ilmu Hitam" yang mendapatkan lima nominasi. Joko mengatakan film bergenre horor seringkali mendapatkan “kasta terendah” dalam dunia perfilman Indonesia. Ia pun membuktitkan bahwa tidak seperti itu pada kenyataannya.

“Tidak ada kasta sebenarnya dalam dunia film. Perempuan Tanah Jahanam dikerjakan sangat serius. Film horor jika dikerjakan dengan baik dan penuh hati bisa menjadi entry point di pasar dunia,” kata Joko.

“Genre apa pun kalau dibuat sungguh-sungguh, hasilnya baik, akan bisa dianggap rata dengan genre lain,” lanjutnya.

Perempuan Tanah Jahanam menjadi salah satu bukti film yang dikerjakan secara serius dan hailnya menggembirakan. Terbukti, sejak rilis September 2019, film ini sukses menarik perhatian lebih dari 1,8 juta penonton dan diputar di bioskop mancanegara. "Perempuan Tanah Jahanam" juga pernah masuk ajang Sundance pada awal 2020.

Baca juga:

Komentar Menohok Joko Anwar ke KPI, Warganet Heboh

View this post on Instagram

Kangen ke film festival.

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar) on

Joko berharap film horor Tanah Air bisa menciptakan rasa penasaran penonton mancanegara akan film-film buatan Indonesia lainnya.


“Ini bisa membuat audiens luar negeri ingin lebih tau tentang film Indonesia. Jadi, kalau menang nominasi yang mana, itu sudah di luar misi. Misinya hanya untuk membuat film horor yang baik saja,” lanjut Joko.

Sedangkan untuk Ratu Ilmu Hitam masuk dalam nominasi untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik dan Penata Rias Terbaik. (and)

Baca juga:

Review Film: Perempuan Tanah Jahanam

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan