Otomotif
CES Pamerkan Mobil Masa Depan Mercedes-Bens Vision AVTR. (Foto: mercedes-benz)

UNTUK pertama kalinya Consumer Electronic Hsow (CES) digelar secara virtual. CES sudah digelar sejak tahun 1967 menjadi ajang presentasi produk elektronik berteknologi tinggi.

Tak ketinggalan tentunya pelakon industri otomotif memanfaatkan pameran internasional ini sebagai ajang memperkenalkan produk teranyar dan tercanggih. Bahkan seolah berlomba, produsen otomotif itu menggelar berbagai fitur dengan teknologi paling baru. Laman KabarOto merilis enam mobil dari masa depan di CES 2021.

Baca Juga:

Ketika Supir Truk Negeri Aing Curhat Lewat Lukisan

Audi RS e-tron GT

mobil
Audi RS e-tron GT. (Foto: autocar)

Pabrikan asal Jerman, Audi memperkenalkan mobil sport elektrik pertamanya, Audi RS e-tron GT. Sebenarnya mobil elektrik ini bukanlah prestasi pertamanya, pada 2014 Audi pernah mengikuti ajang Formula E. Di tahun yang sama Audi meraih gelar juara Formula E perdana yang dikendarai oleh Lucas di Grassi.

Grassi sudah melakukan tes drive Audi RS e-tron GT, dia mengungkapkan kalau mobil itu memiliki akselerasi dan pengendaliannya yang luar biasa. Mobil sport ini memiliki kapasitas baterai sebesar 94 kWh, yang kemudian disalurkan ke dua motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga hingga 590 dk dengan torsi 850 Nm.

Dengan transmisi 2 percepatan dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam 3,5 detik, sementara kecepatan maksimum mencapai 249 kpj. Namun kabarnya performa ini masih dalam tahap pengembangan dan diklaim mampu melaju sampai 402 km.

BMW iX

mobil
BMW iX. (Foto: autocar)

Pada CES 2021, BMW kembali memperkenalkan line-up mobil elektrik generasi terbaru. Rencananya tidak lama lagi akan meluncur di beberapa negara pada tahun ini. BMW iX memiliki iDrive versi terbaru. Pabrikan asal Jerman ini sayangnya belum memberikan detail yang dapat dilakukan dengan iDrive terbarunya. Namun produsen BMW sangat yakin bahwa teknologi terbaru in akan membawa perubahan. Termasuk memberikan kemudahan kepada calon pembeli.

Kabarnya sistem iDrive ini bisa membuat mobil di jalan saling berkomunikasi atau bertukar informasi. Jika saat melintas di jalan dan berpapasan dengan sesama BMW. Mobil itu akan memberitahu kondisi jalanan di depan. Teknologi sesnor juga ditingkatkan agar dapat menganalisa lingkungan sekitar dengan lebih baik.

Canggihnya iDrive terbaru ini bisa berfungsi sebagai asisten pribadi di mobil, bahkan mengajak pemiliknya berbicara. BMW iX menurut rencananya dipasarkan pada akhir tahun 2021. Crossover elektrik ini memiliki dua motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 500 dk. Kemudian melahap 0-100 kpj kurang dari 5 detik. Selain itu, pihak BMW klaim mobil ini dapat melaju sejauh 600 km.

Baca juga:

Fenomena Khas Indonesia, Bengkel Ketok Magic

Cadillac VTOL

mobil
Cadillac VTOL. (Foto: slashgear)

Agaknya mobil terbang bukan isapan jempol. Perusahaan mobil Amerika, Cadillac memperkenalkan VTOL (Vertical Take Off and Landing). Kendaraan ini termasuk drone yang berfungsi untuk mobilitas masa depan. Drone ini memiliki motor listrik bertenaga 90 kWh yang menggerakan empat ‘Proppeler’ yang cukup untuk mengangkat kendaraan ini.

Hyperion XP-1

mobil
Hyperion XP-1. (Foto: motor1.com)

Hyperion termasuk pabrik otomotif terbaru. Pabrik ini memperkenalkan dirinya di tahun 2020. Namun pabrik ini berani tampil dengan mobil purwarupa, Hyperion XP-1. Berbeda dengan rival-rivalnya yang berlomba membuat mobil elektrik, produsen ini bekerja sama dengan NASA mengandalkan mobil konsep dengan tenaga hydrogen fuel cell.

Walaupun berbahan bakar yang emisinya berwujud air, performa tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari hasil tes 0-100 kpj hanya dalam 2,2 detik saja dan memiliki kecepatan maksimal 356 kpj. Hyperion mengklaim hypercar listrik pertama mereka dapat melaju sejauh 1.635 km.

Baca juga:

Penting, Ini Tips Ampuh Mencegah Rem Mobil Blong

Indy Autonomus Challange Race Car

mobil
Indy Autonomus Challenge Race Car (Foto: indyautonomouschallenge com)

Bisa jadi mobil ini masih memiliki semangat balapan namun memberikan sisi keselamatan total. Bisa jadi kelak balapan mobil tidak memakai pengemudi di belakang setir. Energy System Network (ESN) bersama Indianapolis Motor Speedway memperkenalkan mobil balap yang untuk kejuaraan balap mobil otonom. Nantinya, mobil ini akan dikendalikan secara otomatis dengan komputer yang membaca lingkungan di sekitar melalui sensor.

Mobil ini dibangun dari sasis Dallara IL-15, mobil balap Indy Car Series dan memiliki mesin 4 silinder turbo. kabarnya mobil ini direncanakan akan dipakai balapan di Indianapolis Motor Speedway, Amerika Serikat pada 23 Oktober 2021 mendatang.

Mercedes-Benz Vision AVTR

mobil
Mercedes-Benz Vision AVTR. (Foto: autocar)

Mobil ini memang masih mobil konsep dan terinspirasi dari film Avatar (2009), dinamakan Mercedes-Benz Vision AVTR. Mobil konsep ini diciptakan sebagai kendaraan otonom. Salah satu keunggulan mobil ini adalah empat rodanya dapat diarahkan. ini membuat Vision AVTR dapat bergerak ke arah samping dengan sudut 30 derajat. Mobil ini juga ramah lingkungan, menggunakan baterai organik yang bisa didaur ulang 100%. Konon teknologi pengisian baterainya hanya membutuhkan waktu 15 menit. Terdapat panel surya untuk membantu pengisian ulang baterai. Kemudi yang ada hanya dioperasikan dengan sentuhan saja. Interiornya terbuat dari hasil daur ulang pakaian bekas, botol plastik dan lainnya. (psr)

Baca Juga:

Tips Merawat Mesin Mobil agar Lolos Uji Emisi Gas Buang

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Beragam Jenis Cuka dan Manfaatnya
Fun
Beragam Jenis Cuka dan Manfaatnya

Terdapat begitu banyak jenis cuka dan sering kali, ini membuat kita bingung mana cuka yang tepat untuk digunakan dalam memasak.

Lewat Kreasi Seni, para Penyandang Disabilitas Bantu Sesama
Fun
Lewat Kreasi Seni, para Penyandang Disabilitas Bantu Sesama

Lelang Masterpiece Retrofridge yang sudah berlangsung di laman BenihBaik.com.

Ford Investasi Besar-Besaran di Mobil Elektrik
Fun
Ford Investasi Besar-Besaran di Mobil Elektrik

Produsen legendaris ini memasuki level baru sesuai zaman.

Bahan-Bahan Alami Ini Bikin Bebas Jerawat
Fun
Bahan-Bahan Alami Ini Bikin Bebas Jerawat

Atasi jerawat dengan mudah menggunakan bahan alami.

Memberdayakan Santri lewat Fesyen
Fashion
Memberdayakan Santri lewat Fesyen

Bahkan bisa memberikan manfaat bagi lingkungan masyarakat sekitar pesantren.

Ini Tiga Alasan Konser Luar Ruang Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 Bisa Terlaksana
Travel
Ini Tiga Alasan Konser Luar Ruang Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 Bisa Terlaksana

Tiga Alasan Konser Luar Ruang Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 sangat mengejutkan

Mencoba Sensasi Pengalaman Dog Sled Ride di Alaska
Travel
Mencoba Sensasi Pengalaman Dog Sled Ride di Alaska

Menikmati sensasi mengendarai kereta luncur anjing, Northern Lights, dan Midnight Sun ke rumah kamu

Ketika Harus Bepergian di Tengah Pandemi COVID-19, Hati-Hati dengan Meja
Fun
Ketika Harus Bepergian di Tengah Pandemi COVID-19, Hati-Hati dengan Meja

Ketika harus bepergian di tengah pandemi ini, selalu ingat protokol kesehatan.