CES 2020, Penuh Barang Aneh Pod berbentuk telur ini diguanakan dalam lingkungan tertutup. (Foto: Mirror/Segway)

CONSUMER Elestronics Show (CES) 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada minggu lalu selalu berhasil menarik perhatian publik. Pameran barang-barang elektronik terbaru ini mengundang decak kagum bahkan sampai keheranan dan takjub.

Itulah CES, kalau tidak ada produk inovatif atau aneh maka festival barang elektronik ini jadi sepi atau paling tidak hanya sama dengan pameran elektronik lainnya. Dalam kesempatan itu beberapa produsen terkenal di bidang elektronik memperkenalkan produk mereka. Seperti Lenovo dengan Smart Frame, Samsung Galaxy Chromebook atau OnePlus Concept One.


Baca Juga:

Google Tak Lagi Jadi Search Engine Utama Android di Eropa, Kenapa?

ces
Sepeda listrik air yang bisa meluncur dengan kecepatan hampir 20 kpj. (Foto: Mirror/Manta)


Kalau peluncuran produk seperti itu dianggap biasa pada CES, maka yang luar biasa adalah menengok produk anyar dan inovatif. Seperti ponsel pintar bulat yang berbeda dengan ponsel pada umumnya. Bentuknya seperti kaca kecil bulat yang biasanya dipakai oleh perempuan untuk melihat riasannya. Kemudian dilengkapi dengan dua lubang jack untuk ear/headphone.

Adanya dua ear/headphone itu membuat seseorang dapat membagi yang ia dengarkan. Sayangnya info ponsel bulat ini belum jelas. Entah hanya untuk kebutuhan pameran saja atau memang akan diproduksi massal.

Microwave biasanya untuk membuat makanan menjadi hangat atau panas. Namun dalam CES 2020 ada microwave yang justru kebalikannya. Produk inovatif ini dapat membuat sebotol wine menjadi dingin hanya dalam waktu 3 menit. Produk yang dinamakan Juno ini, memang mampu membuat semuanya menjadi dingin dalam waktu singkat. Dengan teknologi thermoelectric mampu membuat panas menjadi dingin dalam waktu singkap. Bahkan mampu mendinginkan satu mug kopi panas dengan cepat.

Inovasi lainnya adalah sepeda yang dapat berjalan di atas air, Manta5 Hydrofoil eBike. Manta5 produsen sepeeda ini melengkapinya dengan serat timah. Juga motor dan baterai yang tahan air. Konon kabarnya sepeda listrik ini dapat ngebut di atas air dengan kecepatan hampir mencapat 20 kpj.

Baca Juga:

Gedung Kampus UMN Paling Hemat Energi se-Asia Tenggara

barang
Ponsel pintar bulat. (Foto: Mirror/BBC)

Dilansir dari laman Mirror, menurut produsen Manta, Greg Johnston, memang butuh penyesuaian mengendarai sepeda ini, namun sangat menyenang ketika semuanya sudah dapat dikendalikan.

Yang menarik lagi adalah robot berbentuk bola tenis yang dipamerkan di stand milik Samsung. Robot yang dinamakan Ballie itu didesain untuk mengikuti dan memfilmkan pemilknya. Itu baru salah satu kemampuan Ballie, dia juga bisa bertindak sebagai asisten personal trainer. Bahkan mampu pula bebersih rumah.

Salah satu yang bisa jadi agak-agak aneh adalah pendeteksi atau sensor bau dari toilet. Produk bernama SmellSense ini didesain untuk mendeteksi keberadaan karbondioksida dan hidrogen sulfide. Sensor ini akan memperingati kamu bila ada bau tidak enak sebelum kamu membuka pintu toilet. Dia akan memperingati dengan display GO/NO GO.

Yang tidak jauh dengan SmellSense adalah RollBot yang didesain untuk memberikan pada orang roll toilet baru jika habis di toilet. Inovasi yang aneh tapi banyak membantu.

Bila Manta membuat sepeda listrik yang dapat berjalan di permukaan air, maka Segway membuat kendaraan yang berbentuk seperti telur yang dinamakan Segway S-Pod. Kendaraan ini diperuntukan pada lingkungan-lingkungan tertentu seperti kampus, bandara, taman hiburan atau pusat perbelanjaan. Kecepatan ‘telur’ ini bisa mencapai 38 kpj. Dengan sistem kontrol otomatis adaptive centre-of-gravity, membuat telur ini tetap dapat berdiri. (psr)

Baca Juga:

Ponsel Pintar Terbaru dengan Kamera Mumpuni dan Baterai Tahan Lama

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH