Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan Ternyata ada beberapa istilah tanggal kedaluwarsa. (Foto: Consumer Reports)

KAMU pasti pernah menemukan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk makanan. Ya, tanggal tersebut wajib dicantumkan agar konsumen mengetahui batas aman makanan tersebut jika dikonsumsi. Jika lewat dari tanggal tersebut, makanan menjadi tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca juga:

Simpan Daging di Freezer? Ini Caranya Biar Awet

Namun, seberapa pahamkah kamu dengan tanggal kedaluwarsa? Mengutip laman Hellosehat, berikut empat hal yang perlu kamu ketahui tentang tanggal kedaluwarsa.

1. Istilah untuk tanggal kedaluwarsa

Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan
Use by artinya tanggal terbaik sebelum dikonsumsi. (Foto: TNP)

Terdapat beberapa istilah yang menunjukan tentang tanggal kedaluwarsa pada tiap produk makanan. Pertama adalah sell by yang berarti sampai berapa lama produk ini bisa ditampilkan di toko. Konsumen sebaiknya membeli produk tersebut sebelum jatuh tempo tanggal tersebut.

Tidak perlu khawatir, makanan tersebut masih aman dimakan beberapa hari setelah tanggal ini selama penyimpanannya benar dan kondisi produk masih baik.

Lalu ada istilah best if used by atau best before, artinya produk makanan baik dikonsumsi sebelum tanggal tersebut karena kualitasnya berada sangat baik sebelum tanggal tersebut. Misalnya, roti yang melewati tanggal tersebut kualitasnya masih baik, maka bisa dikonsumsi.

Istilah use by artinya merupakan tanggal terakhir sebaiknya produk digunakan. Setelah tanggal ini, kualitas produk akan menurun.

Terakhir, kamu akan menemukan istilah expiration yang disingkat exp, artinya produk akan tidak layak dikonsumsi lagi setelah melewati tanggal ini dan sebaiknya langsung dibuka.

2. Tanggal best before untuk produk yang belum dibuka

Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan
Berlaku untuk produk yang belum terbuka. (Foto: Vancouver Is Awesome)

Istilah best before artinya tanggal ini hanya berlaku pada produk yang belum dibuka. Jika produk sudah dibuka dan kemudian disimpan, maka kamu tidak disarankan utnuk mengacu pada tanggal ini.

Untuk mencegah kualitas makanan menurun atau makanan berjamur, sebaiknya langsung menggunakan produk makanan yang sudah dibuka.

Baca juga:

Tips Mengolah Daging Merah Agar Aman Dikonsumsi

3. Makanan yang sudah lewat tanggal best before masih bisa dikonsumsi

Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan
Jika makanan masih terlihat baik, artinya masih bisa dikonsumsi. (Foto: The Guardian)

Tanggal best before atau baik digunakan sebelum lebih mengacu pada kualitas makanan, bukan kemanan makanan.

Jika tanggalnya sudah lewat namun makanan masih terlihat baik, maka kamu bisa mengonsumsinya. Hal ini berbeda dengan tanggal expiration yang lebih mengacu pada keamanan makanan.

4. Ciri yang harus diwaspadai

Cermati Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan
Makanan yang mudah terkontaminasi sebaiknya tidak dikonsumsi setelah tanggal yang ditentukan. (Foto: DESIblitz)

Makanan yang rentan terhadap kontaminasi sebaiknya tidak dikonsumsi setelah lewat tanggal best before yang ditentukan. Misalnya seperti, ikan segar, kerang, dan daging.

Hal paling penting adalah perhatikan makanan sebelum digunakan, terutama jika makanan sudah melewati tanggal best before. Jika makanan sudah berubah tekstur, aroma, dan warna, artinya makanan tidak layak lagi untuk dikonsumsi. (and)

Baca juga:

Ternyata 4 Makanan Ini Enggak Perlu Disimpan di Kulkas


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH