Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless Kamera mirrorless memiliki beban lebih ringan dibandingkan DSLR. (Foto: Unsplash/Rohan Gangopadhyay)

KAMU pengguna DSLR ingin beralih ke mirrorless? Atau pemula di bidang fotografi? Memilih jenis kamera memang cukup membingungkan. Hadirnya kamera mirrorless memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya yang lebih simpel dan ringan. Kamera mirrorless kini menjadi alternatif bagi kamu yang tidak ingin terlalu repot untuk memotret objek, foto OOTD, atau hanya sekedar foto makanan ala-ala.

Baca juga:

SL2, Kamera Mirrorless Fullframe Leica dengan Resolusi 47 Megapixel

Nah, buat kamu para pemula fotografi, kita sudah merangkum empat tips penting nih biar kamu enggak salah memilih kamera mirrorless. Yuk simak!

1. Ketahui kebutuhanmu

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless
Menyesuaikan dengan kebutuhanmu sehari-hari. (Foto: Unsplash/Prasanna Kumar)

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah kebutuhanmu mengapa membeli kamera mirrorless. Ada berbagai macam kamera mirrorless, mulai dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Tentu memiliki fitur dan desain yang berbeda-beda pula.

Apa sih sebenarnya tujuanmu? Apakah sekedar nge-vlog, mengabadikan foto pribadi, foto OOTD, atau foto makanan untuk bisnis kulinermu? Rasanya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli kamera mirrorless dengan spesifikasi tinggi. Soalnya, kamu masih perlu banyak belajar.

Jika sudah mengetahui kebutuhanmu, usahakan membeli kamera mirrorless yang sudah disertai dengan paket penjualan lensa. Ini bisa menghemat budgetmu, lho!

2. Perhatikan fitur yang ditawarkan

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless
Fitur sangat memudahkanmu ketika mengeoperasikan kamera. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

Langkah selanjtunya adalah perhatikan fitur yang ditawarkan oleh setiap brand kamera mirrorless. Lain harga lain pula fitur yang kamu dapatkan. Beberapa fitur yang wajib ada di antaranya, yakni sensor kamera minimal 4/3, kemampuan shutter speed 30 detik ke atas, auto fokus yang cepat, ISO yang besar, serta fitur burst untuk objek yang bergerak sangat cepat.

Selain itu, pilih kamera mirrorless yang memiliki electric view finder (EVF) agar memudahkan kamu ketika memotret, terutama saat berada di banyak cahaya. Ini sangat membantumu agar tidak silau dan dapat melihat gambar yang ingin diambil. Ada juga beberapa fitur tambahan, seperti akses Wi-Fi, bluetooth, dan touch screen yang siap memanjakan kamu.

Baca juga:

Melihat Kelebihan Dua Kamera Terbaru Keluaran Canon

3. Ukuran sensor

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless
Sensor full-frame jelas memiliki kualitas yang lebih mempuni. (Foto: Unsplash/Markus Lompa)

Sensor pada kamera sangat menentukan bagus atau tidaknya kualitas foto dan video yang dihasilkan. Biasanya, kamera mirrorless terdiri dari beberapa sensor, yakni full-frame, APS-C, CMOS, dan, four thirds.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil foto dan video yang maksimal, maka pilihlah kamera mirrorless dengan sensor full-frame. Dijamin, hasil yang didapatkan akan jauh dari noise dan lebih berkualitas. Namun perlu dicatat, semakin tinggi full-frame maka semakin mahal pula sebuah kamera.

4. Pertimbangkan lensa

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless
Kamu bisa menyesuaikan lensa sesuai dengan kebutuhan. (Foto: Unsplash/Anna Auza)

Saat ini, ada banyak varian lensa yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, kamera yang memiliki sensor rendah jika dipasangkan lensa berkualitas tinggi akan memberikan hasil yang jauh lebih bagus dibandingkan kamera beresolusi tinggi dengan lensa beperforma standar.

Bagi pemula, lensa kita (lensa bawaan ketika membeli kamera) dirasa sudah cukup. Namun jika kamu ahli di bidang fotografi, akan mengetahui lensa mana saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Bikin Foto Semakin Bokeh, Cek 5 Keunggulan dari Kamera Full-frame

Nah, itu dia empat tips yang sudah Merahputih bagikan. Semoga bermanfaat dan enggak salah pilih, ya! (And)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH