Cermat Pilih Susu Untuk Anak Pemrosesan susu harus dengan cermat agar nutrisinya tidak hilang. (Foto: Pixabay/artemtation)

SUSU merupakan minuman favorit anak-anak yang baik untuk kesehatan. Minum susu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun disarankan untuk meminum susu secara rutin. Ahli Gizi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo megatakan susu dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung protein dan mineral yang cukup tinggi.

Supaya pemenuhan nutrisi maksimal, susu yang dikonsumsi harus segar. Pemrosesan susu menjadi minuman harus dilakukan secara cermat agar kandungan nutrisi tidak hilang. Sebagai konsumen, kita harus jeli memilih produk susu. Ilmuwan Nutrisi, dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD menuturkan susu segar yang didapat dengan proses pasteurisasi merupakan jenis susu terbaik. Menurutnya, susu pasteurisasi bisa dikonsumsi sehari-hari karena aman.

susu
Susu segar adalah yang terbaik. (Foto: Pexels/Pixabay)

“Proses pasteurisasi membuat susu segar aman dikonsumsi karena mempertahankan kualitas tanpa mengurangi vitamin dan mineral,” ujarnya dalam pelucuran Susu UHT Greenfields Dalam Ukuran Kecil, Jumat (14/9). Walaupun aman dikonsumsi, kita tetap harus memperhatikan cara penyimpanan dan konsumsi susu dengan proses pasteurisasi. Susu dengan proses pasteurisasi hanya bisa disimpan di lemari pendingin selama tiga hingga empat hari.

“Susu pasteurisasi yang berada di luar lemari pendingin hanya bisa bertahan selama tiga hingga empat jam,” tuturnya. Itu membuat susu pasteurisasi harus segera diminum sesaat setelah keluar dari lemari pendingin. Untuk memperpanjang waktu konsumsi susu pasteurisasi di suhu normal, para produsen susu menggiatkan pemrosesan susu dengan sistem UHT (Ultra High Temperature). Proses UHT mampu membunuh bakteri dan spora di dalam susu. Tak hanya itu, proses ini juga memungkinkan kita mengonsumsi susu pasteurisasi dalam jangka waktu cukup lama saat berada di suhu ruangan.

susu
Dengan proses pasteurisasi membuat susu menjadi aman. (Foto: Pexels/Pixabay)

Teknologi tinggi tak membuat kita bisa mengonsumsi susu UHT secara sembarangan. Kita perlu cermat dalam memilih produk susu yang akan dikonsumsi. Untuk memastikan susu yang dikonsumsi merupakan susu dengan kualitas terbaik, konsumen harus memeriksa dengan teliti sumber dari susu UHT tersebut. “Pilihlah susu UHT yang dibuat hanya dengan susu segar murni,” tukasnya. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH