Cermat Memilih Makanan Saat Perjalanan Mudik Cermat pilih makanan saat mudik (Sumber: Breathe Dream Go)

LEBARAN di depan mata. Bagi para perantau, ini adalah saat yang tepat untuk kembali ke kampung halaman. Momen mudik lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu para perantau karena di momen inilah kita kembali bercengkrama dengan sanak saudara. Dibalik semangat pulang kampung tersebut, kita tetap harus waspada terhadap virus dan bakteri yang mungkin saja mengintai selama perjalanan. Apalagi jika virus dan bakteri ada di dalam makanan. Kecermatan kita dalam memilih makanan merupakan kunci utama agar tetap sehat selama perjalanan mudik. Berikut tips cermat memilih makanan selama perjalanan mudik:

1. Konsumsilah Makanan Matang

Makanan Panas
Makanan yang diolah dalam temperatur tinggi (Sumber: Deposit Photos)

Memasak dalam temperatur tinggi dapat membunuh bakteri dan kuman yang ada di bahan makanan. Namun, perlu diingat bahwa terlalu tinggi temperaturnya juga dapat membunuh nutrisi yang terkandung dalam makanan. Pastikan makanan yang kita konsumsi matang dengan sempurna. Kita bisa mengidentifikasi tingkat kematangan dari tekstur dan perubahan warna makanan.

2. Minum Minuman Yang Disajikan dalam Keadaan Hangat

Minuman Hangat
Minuman Hangat (Sumber: Fox News)

Sama seperti makanan, minuman yang hendak dikonsumsi juga harus matang dan hangat. Memanaskan air sebelum dikonsumsi dapat membunuh bakteri yang ada di air minum.

3. Perhatikan Kemasan Makanan

Snack
Snack untuk mudik (Sumber: Amazon)

Makanan kemasan biasanya terjaga tingkat kebersihannya. Kemasan yang didesain kedap udara memberi peluang sangat kecil bagi perkembangan bakteri di dalam makanan. Pastikan tidak ada kecacatan dalam kemasan supaya kualitasnya lebih terjamin.

Meski aman, jangan mengonsumsi makanan kemasan secara berlebihan. Itu karena biasanya makanan kemasan dilengkapi oleh zat kimiawi yang bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

4. Cermat Memilih Makanan Pinggir Jalan

Makanan Pinggir Jalan
Makanan Pinggir Jalan (Sumber: Time Out)

Salah satu momen yang cukup menyenangkan saat mudik adalah wisata kuliner. Yap! Menikmati kudapan khas daerah yang tidak ada di ibukota mampu memenuhi hasrat kuliner kita. Pilihan wisata kuliner paling menyenangkan tentu saja makanan pinggir jalan.

Selain harganya murah, rasanya pun tak kalah sedap dibandingkan dengan masakan restoran. Meski begitu, kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan pinggir jalan karena bisa menjadi sumber penyakit.

Sebelum memutuskan untuk memakan makanan pinggir jalan, perhatikan cara penjual mengelola makanannya. Lihat juga seberapa besar upayanya untuk menjaga kebersihan dagangannya.

5. Hindari Produk Olahan Susu Yang Tidak di Pasteurisasi

Makanan Mudik
Produk olahan susu (Sumber: Harvard University)

Di beberapa daerah di Indonesia, produk olahan susu merupakan andalan mereka. Mulai dari susu segar, keju, hingga bolu berbasis susu dijual.

Kitapun tergugah untuk mencicipi kelezatan produk olahan susu mereka. Namun, pastikan produk olahan tersebut telah dipasturisasi dengan benar.

Susu yang tidak dipasteurisasi mengandung ribuan bakteri dan kuman. Hal tersebut dapat menyebabkan diare. Kamu tentu tak ingin menghabiskan waktu libur mudikmu untuk sakit kan? (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH