Cerita Warga Tekan Penyebaran COVID-19 dan Produktif Lewat Kampung Tanguh

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 16 Juni 2021
Cerita Warga Tekan Penyebaran COVID-19 dan Produktif Lewat Kampung Tanguh
Kegiatan yang dilakukan di Kampung Tangguh. (Foto: Kanugrahan)

MerahPutih.com - Keberadaan Kampung Tangguh Jaya (KTJ) RW 01 Cideng, menjadi salah satu faktor penting dalam menekan penyebaran virus COVID-19 didaerah tersebut. Dalam waktu relatif cepat, mampu menghentikan pemularan virus berbahaya dan menghindari kawasan RW ini dikarantina alias lockdown.

"Dari sebelumnya ada 20 warga yang positif COVID-19, ini tinggal dua warga saja yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit," kata Sekertaris RW 01 Cideng Munawar Yasin ditemui merahputih.com di KTJ Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (16/6).

Pria yang akrab disapa Dede ini, mengatakan KTJ yang dikelola warga dan Polsek Metro Gambir, mampu mendisiplinkan warga di RW yang dihuni 3 ribu jiwa ini untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga:

Seratus Warga Cempaka Putih Divaksin COVID-19 Tahap Dua di Kampung Tangguh Jaya

"Sekarang warga kemana-mana selalu pakai masker dan jaga jarak," jelas Dede yang sudah 40 tahun lebih tinggal di kawasan Cideng ini.

Dede menjelaskan, KTJ juga memiliki program yang membuat warga menjadi produktif. Selain itu, program ini juga mampu menekan angka kejahatan dengan metodologi one gate system.

"Jumat berkah, warung murah untuk warga kurang mampu, ternak lele, hidroponik," imbuh Dede.

Disana, warga bisa mengambil barang dan membeli barang kebutuhan pokok dengan harga murah. Contohnya ternak 2 ribu lele dan sayuran hidroponik. Sehingga, warga bisa mempergunakannya dengan semaksimal mungkin.

Dede mengakui, warga mendukung penuh keberadaan KTJ ini dan berharap hubungan warga dengan Polri makin sinergi.

Polsek Metro Gambir juga menjadikan KTJ ini lokasi program vaksinasi massal. TNI-Polri, ingin menunjukkan KTJ ini tidak hanya sebagai sarana menekan laju penyebaran COVID-19. Melainkan, juga ada manfaat sebagai tempat untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Jadi ada program vaksinasi disana akan memanfaatkan posisi KTJ yang strategis ini," jelas Kapolsek Metro Gambir, AKBP Kade Budiyarta.

Budi menjelaskan, untuk di wilayah Gambir terdapat sebelas KTJ yang dibentuk bersama tiga pilar. Ada satu KTJ yang saat ini berstatus zona kuning kasus COVID-19 dan diharapkan dengan adanya KTJ ini membantu dalam penurunan laju penyebaran COVID-19.

"Bersama tiga pilar kami terus lakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) serta protokol kesehatan 5M kepada warga masyarakat," kata Budi yang didampingi Kanit Binmas Polsek Gambir Kompol Suwatno ini. (Knu)

Baca Juga:

500 Warga Jakarta Pusat Jalani Vaksinasi COVID-19 di Kampung Tangguh Jaya

#COVID-19 #Kasus Covid #PPKM #PSBB #Polda Metro Jaya
Bagikan
Bagikan