Cerita Warga Leuwiliang Bogor Berpuasa Hingga 18 Jam

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 02 Mei 2021
Cerita Warga Leuwiliang Bogor Berpuasa Hingga 18 Jam
Warga Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat, Irfan Sauki di Copenhagen, Denmark. (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

MerahPutih.com - Seorang warga Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat, Irfan Sauki, menceritakan pengalamannya berpuasa hingga jam 9 malam saat tinggal di Copenhagen, Denmark.

"Di Denmark itu kita buka puasa mendekati jam 9 malam, sekitar 18 jam puasanya, beda dengan di Indonesia yang hanya sekitar 13 jam," ucap Irfan dikutip Antara, Minggu (2/5).

Baca Juga

Puasa Latih Anak Jadi Displin dan Hidup Sehat

Pria berusia 27 tahun itu mengaku kesulitan menjalani bulan Ramadhan perdananya di negara Eropa utara itu. Selain harus berbuka puasa sekitar pukul 21.00, umat muslim di Denmark juga harus memulai puasa sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Kemudian, Irfan baru bisa melaksanakan ibadah tarawih hampir tengah malam setelah didahului Shalat Isya berlangsung pukul 23.00 waktu setempat.

"Untuk melaksanakan tarawih berjamaah itu di sini masjid jarang, kita shalat tarawihnya di kediaman masing-masing. Harus melawan ngantuk, karena sampai sekitar 11.30 malam, kemudian istirahat bangun lagi jam 02.00 untuk menyiapkan saur, karena imsaknya di sini jam 03.00 pagi," ujarnya.

Warga Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat, Irfan Sauki saat menjadi peserta "Bogor Leaders Talk" secara virtual. (ANTARA/M Fikri Setiawan)
Warga Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat, Irfan Sauki saat menjadi peserta "Bogor Leaders Talk" secara virtual. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Alumnus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jawa Barat itu mengaku rindu melaksanakan ibadah puasa di kampung halamannya, karena ia tak merasakan euforia Ramadhan di Denmark.

"Karena kita berada di wilayah minoritas beragama Islam, jadi kita tidak bisa merasakan suasana Ramadhan seperti di Indonesia nemuin yang jualan takjil, bisa ngabuburit, 'saur on the road', itu tidak ada," katanya.

"Ada satu hal tantangan terbesar, kita harus bisa menyesuaikan karena masyarakat di sini kebanyakan tidak berpuasa," katanya.

Irfan merupakan salah satu pemenang "Bogor Leaders Talk". Program tersebut digelar oleh Bupati Bogor Ade Yasin secara virtual sebagai ajang kompetisi menyampaikan aspirasi bagi kaum milenial untuk Pemkab Bogor. (*)

Baca Juga

Usir Gerah saat Berpuasa

#Ibadah Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan