Cerita Pemilik Animal Shelter Olah Kotoran Anabul Walaupun mereka menampung hewan hingga puluhan, anabul kesayangan mereka tidak ada satupun yang menimbulkan polusi. (MP/Iftinavia Pradinantia)

PELIHARA anabul (anak bulu atau hewan peliharaan) memang menggemaskan. Ada saja tingkah-polah lucu mereka yang menghibur kita. Namun, memelihara mereka gampang-gampang susah. Kita harus benar-benar menjaga pakan dan kebersihan lingkungan di sekitar anabul. Tujuannya agar mereka tetap sehat dan lingkungan tempat tinggal kita pun tetap nyaman.

Kalau kita enggak memperhatikan kebersihan anabul, enggak cuma kita aja yang terganggu tapi juga tetangga-tetangga kita pun bisa ikutan terganggu. Misalnya, kotoran yang dibuang sembarangan bisa menyumbat saluran air warga dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Belum lagi dengan limbah pakan basah anabul bisa mendatangkan semut atau lalat. Gimana, sih, kiat supaya bisa pelihara anabul tanpa mengganggu lingkungan?

Aktivis pecinta binatang, Doni Herdaru dan Davina Veronica Hariadi Gontha, punya cara jitu supaya bisa memelihara hewan tanpa mengganggu kebersihan lingkungan. Walaupun mereka menampung hewan hingga puluhan, anabul kesayangan mereka tidak ada satupun yang menimbulkan polusi.

Baca juga:

Anabul Tidak Boleh Makan BBQ?

olah kotoran anabul
Davina menuturkan, setiap hari Jumat sampah anorganik di shelter miliknya di Parung akan dibawa ke kantor utamanya di Pondok Pinang. (MP/Iftinavia Pradinantia)

Doni dan Davina cukup perhatian dengan limbah bekas pakan hewan-hewan peliharaannya di shelter. Keduanya kerap kali mendaur ulang sampah bekas kemasan makanan anabul.

"Kalau di shelter aku ajarkan penjaga untuk membuang sampah dengan benar. Untuk sampah anorganik bekas anabul mulai dari plastik kemasan, paperback, kardus-kardus yang enggak basah harus dipisahkan. Kemasan-kemasan yang basah seperti kaleng makanan bekas wet food pun bisa didaur ulang tapi harus dicuci dulu," ujar Davina dalam acara Bolt Sayangi Bumi, Rabu (13/7).

Davina menuturkan, setiap hari Jumat sampah anorganik di shelter miliknya di Parung akan dibawa ke kantor utamanya di Pondok Pinang. "Nantinya di hari Sabtu sampah-sampah itu akan diangkut oleh agen langganan aku untuk diolah oleh mereka," lanjutnya.

Doni juga terbiasa mendaur ulang sampah bekas pakannya, tapi dengan pendekatan yang berbeda. Jika Davina memercayakan agen untuk mendaur ulang sampahnya, Doni memilih untuk mengolah sendiri sampah milik anabulnya. "Di shelter karung bekas kemasan pakan hewan enggak ada yang dibuang tapi dikumpulin. Dikumpulin, dicuci, lalu kita daur ulang misalnya buat pot tanaman," beber Doni.

Lalu bagaimana dengan kotoran anabul?

"Kalo poop-nya bagus aku buang di septictank. Sementara kalo mencret, kotorannya biasa aku ambil pakai koran bekas lalu buang tempat sampah," tutur Davina.

Baca juga:

Bikin Anabul Kesayangan Mood Selalu

olah kotoran anabul
Doni juga terbiasa mendaur ulang sampah bekas pakannya, tapi dengan pendekatan yang berbeda. (MP/Iftinavia Pradinantia)

Sementara yang dilakukan Doni lebih jauh. Ia membuat tiga unit septictank khusus hewan-hewan peliharaannya yang berjumlah puluhan. "Ukuran masing-masing septictank adalah 6 x 3 meter dengan kedalaman empat meter. Itu kayaknya 400 tahun juga enggak bakalan penuh," celetuknya.

"Supaya tidak jadi polusi udara, bau, kita kelola. Kita masukkan septictank agar tidak mencemari saluran air warga," jelas Doni.

Selain memelihara anjing dan kucing, Doni juga memelihara ikan lele di halaman rumahnya. "Ikan lele itu kami kasih pakan sisa anjing atau kucing di rumah. Jadi enggak ada sampah makanan yang terbuang. Alhamdulillah tahun ketiga kami tidak pernah panggil tukang sampah," urainya,

"Kami para pegiat animal shelter tentu punya cara tersendiri. Edukasi, implementasi, konsistensi itu harus diberdayakan. Do what is right not what is easy karena yang gampang belum tentu benar dan yang benar belum tentu mudah," tukas Doni. (avia)

Baca juga:

Tempat Makan Anjing dari Hermes buat Anabul Sultan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Uji Coba "Menanam" Daging di Luar Angkasa
Fun
Uji Coba "Menanam" Daging di Luar Angkasa

Uji coba itu merupakan langkah perintis kecil untuk melihat potensi sumber nutrisi.

FedEx Ingin Pasang Laser Pembunuh Rudal di Pesawatnya
Hiburan & Gaya Hidup
FedEx Ingin Pasang Laser Pembunuh Rudal di Pesawatnya

Sebagai tindakan balasan terhadap rudal pencari panas.

500 Pemimpin Dunia akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II
Fun
500 Pemimpin Dunia akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pemakaman Ratu Elizabeth II dihadiri oleh banyak kalangan.

Waspada, Malware Berkedok Squid Game Beredar
ShowBiz
Waspada, Malware Berkedok Squid Game Beredar

Perusahaan Keamanan Kaspersky menemukan beberapa file malware dengan menyertakan nama serial tersebut.

Kingpin Bakal Muncul di 'Hawkeye'?
Fun
Kingpin Bakal Muncul di 'Hawkeye'?

Tampilan Kingpin kemungkinan akan berbeda dari sebelumnya.

Xiaomi Buds 3 Bakal Jadi Saingan Berat AirPods 3
Fun
Xiaomi Buds 3 Bakal Jadi Saingan Berat AirPods 3

Xiaomi Buds 3 digadang-gadang menjadi pesaing terberat Apple AirPods 3.

Ketahui Ini Sebelum Menggunakan KB
Fun
Ketahui Ini Sebelum Menggunakan KB

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan KB, sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Kebiasaan Sehari-Hari yang Mempengaruhi Kulitmu
Fun
Kebiasaan Sehari-Hari yang Mempengaruhi Kulitmu

Kebiasaan yang membuat kulit merana.

Pembuat 'Chicory: A Colorful Tale' Siap Hadirkan Gim Baru
Fun
Pembuat 'Chicory: A Colorful Tale' Siap Hadirkan Gim Baru

Namun belum ada detail lebih lanjut mengenai gim tersebut.

Figur 'The Mandalorian' ala Era Sengoku dari Tamashii Nations
Fun
Figur 'The Mandalorian' ala Era Sengoku dari Tamashii Nations

Akan mendapatkan baju Karuta dan Hakama ala prajurit Samurai.