Cerita Ketua IDI Jabar Eka Mulyana Jadi Relawan Vaksin COVID-19 Lab Vaksin Bio Farma. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com – Bukan hanya masyarakat biasa yang menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, yang menjadi lokasi untuk mengetahui keampuhan vaksin yang hasil kerja sama dengan Tiongkok.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jabar dr Eka Mulyana SpOT Mkes, SH, MHKes menjadi salah seorang yang juga ikut uji coba vaksin COVID-19. Ia sudah menjalani penyuntikan vaksi ini yang pada tahap 1 dan 2, yang diuji cobakan pada hewan hasil menggembirakan sehingga bisa masuk ke tahap 3 untuk diujicobakan pada manusia.

Eka menegaskan, setiap vaksin maupun obat yang dipakai di dunia medis, telah melalui tahapan uji coba dengan prosedur ketat. Misalnya, vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech Ltd, masuk tahap 3 atau tahap akhir tengah diteliti oleh Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Unpad kepada 1.620 relawan di Bandung.

Baca Juga:
Selain Nasional, Pecah Rekor Penambahan Kasus COVID-19 Juga Terjadi di Jakarta

“Obat dari warung dan apotek melalui pengujian penelitian seperti itu. Begitu juga vaksin. Cuma karena sekarang pandemi orang baru tahu sekarang. Mungkin banyak yang menyangka vaksin langsung diujicoba ke manusia karena selama ini kan kita tidak tahu, tahunya sudah jadi obat di apotek,” kata Eka, saat dihubungi, Kamis (27/8).

Eka sendiri sebagai perwakilan dair IDI Jabar yang menjadi relawan vaksin. Dengan menjadi relawan, Eka ingin berkontribusi dalam mengatasi pandemi sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang vaksin.

“Kami dari IDI Jabar turut serta sebagai relawan uji vaksin virus SARS CoV 2 dan kita sudah berlangsung sampai V1 atau tingkat uji klinis pertama. Rencananya dalam waktu dekat masuk ke tingkat V2 atau masuk penyuntikan tahap dua. Dan alhamdulillah sejauh ini tidak ada keluhan atau dampak yang tidak diinginkan,” kata Eka.

Eka disuntik berbarengan dengan relawan lainnya dari masyarakat. Uji coba penyuntikan vaksin dimulai 11 Agustus lalu dan masih berlangsung hingga kini. Eka masuk dalam gelombang pertama. Selain sebagai Ketua IDI Wilayah Jabar, sehari-hari Eka bekerja sebagai dokter spesialis tulang.

“Kami dari IDI Jabar juga turut serta menjadi relawan tujuannya tidak lain turut serta sukseskan sambil memberikan edukasi juga ke masyarakat bahwa vaksin ini untuk kepentingan bersama dan insha allah aman,” katanya.

Paling tidak ada 10 dokter dari IDI Jabar yang diterima sebagai relawan. Lewat keikutsertaan menjadi relawan, Eka dan IDI Jabar berharap pandemi bisa segera berakhir.

“Kami tentu saja dari dokter IDI Jabar ingin edukasi, juga menunjukkan bahwa vaksin ini insha allah aman dan untuk kepentingan kita bersama, intinya begitu,” terangnya.

Eka menegaskan, tidak merasakan dampak tertentu setelah menjalani penyuntikan. Menurutnya, panitia penelitian uji coba telah melakukan skrining ketat dalam memilih relawan.

Lab Vaksin Bio Farma
Lab Vaksin Bio Farma. (Foto: bumn.go.id)

Setelah penyuntikan, juga dilakukan pengawasan lebih ketat lagi untuk melihat kerja vaksin di tubuh relawan. Walaupun ada reaksi setelah penyuntikan, reaksi ini bersifat lokal dan hilang dengan segera.

“Pada saat penyuntikan terasa reaksi lokal di tempat yang disuntik tapi hari itu juga segera hilang lagi, sama seperti suntik-suntik lainnya. Penyuntikan sendiri dilakukan di pangkal lengan kiri,"

Ia mengaku, aktivitas pascapenyuntikan juga berjalan seperti biasa. Sehari-hari Eka praktek ke rumah sakit tempatnya bekerja dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, yaitu mengenakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak.

“Bukan berarti setelah suntik vaksin kita bebas. Protokol kesehatan tetap harus jalan,” katanya.

Pemerintah berharap, 15 juta orang bisa mendapatkan 30 juta vaksin pada akhir 2020 jika uji klinis vaksin COVID-19 yang dikerjasamakan dengan dua negara itu berjalan dengan baik.

Sinovac berkomitmen menyediakan bahan baku vaksin COVID-19 sebanyak 20 juta dosis pada akhir 2020 dan komitmen pasokan bahan baku untuk 2021 sebesar 250 juta dosis dengan overfill (kelebihan) 10 persen sedangkan G42 berkomitmen untuk menyediakan 10 juta vaksin pada Desember 2020 dan 50 juta dosis pada kuartal pertama pada 2021. (Iman Ha/ Jawa Barat).

Baca Juga:

Pemerintah Tengah Negosiasi Beli Vaksin COVID-19 Tiongkok

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rencana Revisi UU ITE, Pemidanaan Bagi Aktivis yang Kritis Harus Dihentikan
Indonesia
Rencana Revisi UU ITE, Pemidanaan Bagi Aktivis yang Kritis Harus Dihentikan

"(SE Kapolri) membuktikan bahwa suasananya telah berubah, maka pemidanaan aktivis atas sikap kritis mereka sebaiknya dihentikan,"

Jokowi Minta Masyarakat Waspadai Tiga Klaster Baru COVID-19
Indonesia
Jokowi Minta Masyarakat Waspadai Tiga Klaster Baru COVID-19

"Ini perlu saya sampaikan, hati-hati yang namanya klaster kantor. Kedua, klaster keluarga. Terakhir juga klaster Pilkada. Hati-hati, ini agar selalu diingatkan," tuturnya.

Respon Keras Rizieq Shihab Tahu 6 Pengawalnya Tewas Ditembak Polisi
Indonesia
Respon Keras Rizieq Shihab Tahu 6 Pengawalnya Tewas Ditembak Polisi

Rizieq Shihab mengaku tak tinggal diam atas tewasnya 6 Laskar FPI di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Ubah Bentuk Bansos Masyarakat Terdampak COVID-19, Jokowi: Lewat Pos atau Bank
Indonesia
Pemkot Pastikan Wisatawan Bebas Berkunjung ke Solo
Indonesia
Pemkot Pastikan Wisatawan Bebas Berkunjung ke Solo

"Saya tidak melarang wisatawan luar kota berkunjung di Solo dan menginap di hotel. Mereka tidak masuk kategori dikarantina," tegas dia.

UB Siapkan 1.275 Komputer dan Shuttle Bus Buat Peserta UTBK-SBMPTN
Indonesia
UB Siapkan 1.275 Komputer dan Shuttle Bus Buat Peserta UTBK-SBMPTN

Tercatat, Peserta UTBK-SBMPTN di UB sebanyak 17.204 orang, dengan rincian peserta saintek sebanyak 8.526, soshum 7.935, dan campuran 743 orang.

Hari Ini Wapres Ma'ruf Amin Kunjungan Kerja ke Tasikmalaya
Indonesia
Hari Ini Wapres Ma'ruf Amin Kunjungan Kerja ke Tasikmalaya

Wapres lepas landas pukul 07.20 WIB dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma Jakarta.

Wagub DKI Klaim Punya Segudang Solusi Tangani Klaster Corona di Perkantoran
Indonesia
Wagub DKI Klaim Punya Segudang Solusi Tangani Klaster Corona di Perkantoran

Paling utama Pemprov DKI meminta perusahaan untuk mengatur jam masuk dan pulang kerja para pegawai.

Pembelaan PN Jaktim Keluarga Terdakwa Rizieq Tak Diizinkan Masuk Sidang
Indonesia
Pembelaan PN Jaktim Keluarga Terdakwa Rizieq Tak Diizinkan Masuk Sidang

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur menanggapi protes terdakwa karantina kesehatan, Rizieq Shihab lantaran keluarganya tak diperbolehkan masuk ke ruang persidangan.

Kejagung Tetapkan Komut Pelangi Putera Property Tersangka Korupsi BTN
Indonesia
Kejagung Tetapkan Komut Pelangi Putera Property Tersangka Korupsi BTN

Kejagung menetapkan Komisaris Utama PT Pelangi Putera Property, Ghofir Effendy sebagai tersangka baru dalam kasus BTN