Cerita Iis Dahlia tentang "Jomblo Senior" di Album Barunya Iis Dahlia (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

KEMARIN Iis Dahlia baru meluncurkan album terbarunya, "The Best of Iis Dahlia". Album tersebut berisi 13 lagu dan beberapa merupakan lagu lama yang diaransemen kembali. Berbicara tentang album terbarunya, ada 1 judul lagu yang terbilang menarik, yaitu lagu "Jomblo Senior". Kok ada ya jomblo senior?

Mengenai lagu tersebut, Iis memiliki cerita tersendiri. Ia mengatakan lagu itu istimewa karena diciptakan oleh musisi papan atas dan juga sahabat Iis, Melly Goeslaw. Ini merupakan pertama kalinya Melly menciptakan lagu dangdut.

"Saya pernah bilang sama dia (Melly Goeslaw), 'Mel, bikin lagu dangdut kali'. Tapi gak pernah dibikin-bikin sama dia," papar biduanita yang sudah 30 tahun berkiprah di musik dangdut itu saat ditemui di KFC Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (19/7).

Ia melanjutkan, akhirnya Melly menciptakan lagu dangdut yang sebenarnya sudah dirilis di tahun 2014. Iis juga memiliki cerita diciptakannya lagu yang diaransemen Anto Hoed tersebut.

"Jadi tiba-tiba waktu itu ada temen mau nikah. Kita kumpul-kumpul, nah ada tuh beberapa jomblo. Terus pada bilang kayaknya lucu juga kalau bikin lagu dangdut 'Jomblo Senior'. Ya udah saya bilang, 'Guelah yang nyanyi'," cerita Iis sambil tertawa.

Kemampuan Iis dalam bernyanyi memang tidak perlu diragukan lagi. Ia pun selalu melantunkan lagu dengan penuh penghayatan. Sebut saja lagu "Kecewa" dan "Tamu Tak Diundang" yang juga dikemas dalam album terbarunya itu. "Aku tuh memang begitu, bisa aja menangis hebat karena menghayati liriknya," tutupnya.

Sebagai pedangdut, Iis Dahlia tidak berambisi tinggi. Ia hanya fokus memberikan sajian lagu terbaik kepada para pendengar. Hal tersebut justru menjadi kelebihannya. Terlebih, wanita yang memiliki nama lengkap Iis Laeliyah itu juga dikenal sebagai pedangdut yang tidak pernah menggunakan goyangan khas. Ia hanya mengandalkan suara merdu yang ia miliki. (*)

Baca juga artikel terkait Iis Dahlia lainnya 3 Dekade Berkarya, Iis Dahlia Kembali Rilis Album Baru.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH