Cerita Dibalik Tas Ikonik dari Jenama Mewah

P Suryo RP Suryo R - Senin, 31 Juli 2023
Cerita Dibalik Tas Ikonik dari Jenama Mewah
Tas Ikonik dari jenama mewah memiliki kisah dibaliknya. (Unsplash/Chi Lok Tsang)

TAS mewah berbahan kulit, dari jenama mewah global tak habis dibicarakan. Terutama pada beberapa kasus flexing yang kemudian menjadi kasus yang menyeret beberapa orang ke ranah hukum. Aksi pamer itu seketika membuat netizen lebih teliti dengan jenis-jenis tas mewah yang mereka gunakan dari jenama tertentu.

Terlepas hal itu ada baiknya mengetahui jenama-jenama itu, termasuk dengan jenis tas ikonik dan sejarah dibaliknya. Laman Lifestyle Asia menuliskan tas-tas ikonik dari jenama mewah di dunia.

Baca Juga:

Kisah Ilustrasi Jane Birkin dalam Tas Hermes

tas
Dior memiliki tas ikonik yang dipakai oleh Putri Diana. (Unsplash/P. L.)

Lady Dior (Dior)

Tas nan elegan ini menjadi ikonik dari rumah mode asal Perancis. Ibu Negara Bernadette Chirac, istri Presiden Prancis Jacques Chirac, memberikan pada Putri Diana tas tangan mewah ini yang dibuat khusus selama kunjungan kenegaraannya ke Prancis pada tahun 1995.

Tas Lady Dior dibuat dengan kulit berwarna hitam yang terinspirasi dari kain kursi Napoleon III. Kulit yang digunakan dalam tas itu memerikan kesan kokoh yang elegan. Kesuksesan tas Lady Dior membuat perusahaan mode ini merilis berbagai macam ukuran dari kecil, sedang, dan besar.

Dior juga menyediakan varian tasnya dengan beragam jenis kulit, seperti kulit sapi, kulit paten, dan domba. Tas yang kini telah hadir dengan beragam warna ini dibanderol seharga Rp77,5 juta.

Speedy (Louis Vuitton)

Terbuat dari kanvas Damier Ebene Louis Vuitton atau kulit eksotis, memiliki kompartemen zip ganda dengan pegangan kulit gulung yang super lembut diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015. Tas Louis Vuitton yang populer ini tersedia dalam ukuran nano, Speedy 20, 25, 30, 35 dan 40 dalam beberapa warna dan desain.

Warna dan motif tas ini adalah perpaduan coklat tua dan muda dengan motif logo Louis Vuitton atau Kota-kotak. Tas jenis ini masih sering ditemui di beberapa toko Louis Vuitton dengan harga Rp45,8 juta.

Baca Juga:

Replika Tas Jennie BLACKPINK Jadi Barang Populer Distrik Perbelanjaan Seoul

tas
Louis Vuitton selalu menghadirkan kreasi yang memukau. (Unsplash/Lynn Kintziger)

Kelly (Hermes)

Pada awalnya tas jenis Kelly dari Hermes ini diberi nama Sac Ö DÇpàche (Kantong Surat), dibuat oleh menantu Emile Hermäs, Robert Dumas, pada 1930-an dan dirilis di toko-toko pada tahun 1935. Struktur kulitnya yang formal dan garis-garisnya yang rapi menggusur hiasan konvensional pada masa itu. Tentunya tas tersebut segera menarik perhatian pembeli barang mewah.

Pada tahun 1956, Grace Patricia Kelly, aktris Amerika yang menikah dengan Raja Monako Pangeran Rainier III terlihat memakai tas ini ketika dia tengah hamil. Tas ikonik ini untuk menutupi perutnya yang tengah hamil dari pantauan pers. Sampai saat ini kepopuleran dari tas Kelly masih berada di puncaknya. Terbukti dengan hadirnya berbagai motif, warna dan ukuran untuk pecinta tas seharga lebih dari Rp300 juta.

Birkin (Hermes)

Tidak hanya Kelly, Hermes memiliki tas ikonik lainnya, yakni Birkin. Tas ini hadir karena pertemuan yang kebetulan terjadi antara Jean Louis Dumas dan aktris Jane Birkin. Dari pembicaraan mereka akhirnya melahirkan tas Birkin yang digemari banyak orang.

Pertemuan pada tahun 1984, ketika keduanya sedang dalam penerbangan dari Paris ke London. Saat itu Birkin, seorang ibu muda, menumpahkan barang-barangnya dari tas jerami dan mengeluh kepada Dumas karena tidak menemukan tas luas yang sempurna yang dapat memuat semua barangnya. Berdasarkan percakapan ini, Dumas mulai membuat sketsa desain kasar untuk tas di atas kantong kertas mabuk udara, dan sisanya adalah sejarah.

Tas-tas tersebut hadir dalam beberapa warna pop dan warna yang cerah, selain yang biasa diwarnai sendiri. Tas ini dianggap mirip dengan investasi emas dan dijual di pelelangan kelas atas. Selain dilelang, tas yang dapat mencapai Rp4 milliar menjadi tas favorit selebritas kalangan atas, di antaranya Kate Moss, Kourtney Kardashian, Jennifer Lopez, Victoria Beckham dan Drake. (mro)

Baca Juga:

Cara Simpan Tas Supaya Awet Bertahun-tahun

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan