Cerita Bagirata Bantu Pekerja Terdampak Pandemi Pengrajin menyelesaikan pesanan peti khusus jenazah positif COVID-19 di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna, Kota Tangerang, Banten. (MP/Rizki Fitrianto)

IVY Vania, pekerja di sektor hospitality, terkena cuti di luar tanggungan pada akhir Maret 2020. Ia dirumahkan tanpa gaji. Begitu pula teman sekantornya. Perusahaan tempatnya bekerja terkena dampak pandemi akibat restriksi ekonomi di masa pandemi.

Ivy lantas bercerita tentang kondisinya kepada temannya, Lody Andrian, seorang pekerja kreatif. Dari cerita tersebut terkuak banyak teman terdekat juga bernasib serupa. Pagebluk membuat banyak perusahaan tiarap, sehingga harus merumahkan banyak karyawan.

Baca juga:

Perjuangan Mahasiswa Penyintas COVID-19 Saat Harus Ujian Kenaikan Semester

Pemberlakukan PSBB di masa awal pandemi membuat beberapa sektor tak bisa melaju dengan stabil, seperti hotel, restoran, musisi berikut ekosistemanya, dan tempat hiburan. Banyak teman dan kerabata Ivy maupun Lody dirumahkan tanpa gaji akhirnya berjuang sendirian menyambung hidup.

“Ketika pandemi datang, gue merasakan bekerja di rumah karena lockdown, kemudian teman-teman sekitar gue juga mulai merasakan dampak lockdown tersebut,” ungkap Lody kepada Merah Putih.

bagirata
Pengrajin peti khusu jenazah COVID-19 mengangkut hasil karya mereka ke ambulance. (MP/Rizki Fitrianto)

Meski kerjaannya tak terdampak pandemi, Lody merasa perlu berbuat sesuatu untuk teman-temannya. Perbincangan Ivy dan Lody berlanjut dengan dua kawan lain, Rheza Boge dan Elham Arrazag. Inti perbincangan membahas bagaiman cara membantu teman-teman terdampak pagebluk.

Mereka lantas bersepakat membuat paltform memungkinkan setiap orang bisa mendistribusikan bantuan kepada pihak-pihak sedang membutuhkan.

“Kemudian terpikirkan bagaimana caranya supaya orang masih bekerja, bisa mendukung kondisi finasial mereka terdampak karena pandemi. Akhirnya kita bikin platform, semoga bisa menyelesaikan permasalahan mereka dan lahirlah Bagirata,” Lanjut pria juga menggeluti musik thrash metal itu.

Mereka lantas membagi peran. Satu diangkat sebagai desainer. Sementara satu lagi koordinator media sosial Bagirata. Namun, masing-masing dari mereka juga memiliki tugas memverifikasi para calon penerima.

Bagirata, Situs Subsidi Silang untuk Pekerja yang Terdampak Pandemi
Tampilan situs bagirata. (Foto: bagirata)

Bagirata kali pertama diluncurkan pada April 2020, sebagai platform subsidi silang antarwarga untuk membantu kondisi finansial para pekerja terdampak ekonomi di tengah ketidakpastian pandemi COVID-19, dengan memfasilitasi proses redistribusi keuangan kepada pekerja terdampak agar mencapai dana minimum dibutuhkan.

Mula-mula pendistribusian bantuan menyasar para pekerja harian, seperti pengemudi ojek, pedagang kantin sekolah, photographer, figuran sinetron, hingga pekerja bandara, pekerja restoran, dan seniman tato.

Bagirata, lanjut Lody, membutuhkan waktu satu minggu untuk merancang dan membangun situs tersebut, sejak pertama kali ide itu tercetus dalam pikirannya.

Pada laman Bagirata, para calon penerima diharuskan mengisi formulir daring untuk menceritakan bagaimana mereka terdampak pandemi dan alasan membutuhkan donasi.

“Setelah itu, kita lakukan pertama, verifikasi. Apakah sudah konstan dengan identitasnya, kemudian mengecek akun dompet digitalnya para calon penerima. Lalu, ada evaluasi kelayakan, itu dari segi profesi apakah sudah layak dari standar untuk Bagirata karena ada sistem skoring di platform ini,” jelas pria berambut gondrong tersebut.

Bagirata, Situs Subsidi Silang untuk Pekerja yang Terdampak Pandemi
. sosok Lody Andrian pendiri situs Bagirata. (Foto: Twitter/@lodyandrian)

Setelah para calon penerima lolos verifikasi, lanjut Lody, mereka akan ditampilkan di platform tersebut. Sebagai langkah antisipasi adanya identitas ganda pada calon penerima, Bagirata juga sudah menyiapkan sistem pelaporan unutk menghindari penyalahgunaan platform.

Para pemberi donasi akan dijembatani dengan calon penerima berdasarkan cerita terdampak pandemi dan alasan mengapa perlu beroleh donasi.

Baca juga:

JAGOAN NEGERI AING

“Platform Bagirata saat ini difasilitasi dengan metode pembayaran Gopay, Jenius, dan Dana sehingga bisa langsung masuk ke dompet digital para pekerja terdampak. Jadi platform ini hanya menjembatani proses subsidi silang,” ucap anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Hingga 27 Juli 2021, Bagirata telah mencatat 8.551 transaksi donasi dengan total Rp 1.051.351.577. Dana tersebut disalurkan kepada 2.695 orang pekerja terdampak nan telah terdaftar di laman Bagirata.

“Tantanganya bagaimana cara semua orang terkena dampak mendapat bantuan. Ke depan akan menyelesaikan tantangan tersebut. Bagaimana cara mendistribusi dana secara merata, mungkin nantinya akan ada kerjasama berkelanjutan dengan beberapa pihak,” tutup Lody. (Far)

Baca juga:

Animal Defenders Indonesia Turun Tangan Selamatkan Hewan Peliharaan Saat Pemiliknya Terpapar COVID-19

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Melihat Kembali Film-Film Terbaik Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia
ShowBiz
Melihat Kembali Film-Film Terbaik Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia

Peringatan Hari FIlm Nasional tak lepas dari jasa Usmar Ismail.

Deretan Musisi Made In Negeri Aing Penakluk Panggung SXSW
Hiburan & Gaya Hidup
Deretan Musisi Made In Negeri Aing Penakluk Panggung SXSW

Grrrl Gang mencuri perhatian penggemar luar negeri pada festival South by Southwest (SXSW)

Bong Joon-ho Garap Film Animasi Baru
ShowBiz
Bong Joon-ho Garap Film Animasi Baru

Sutradara film peraih Oscar bakal garap film animasi.

Kisah Bahagia Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra di Lagu '1+1'
ShowBiz
Kisah Bahagia Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra di Lagu '1+1'

Rayakan anniversary pernikahan, Isyana Saravati rilis lagu baru.

Pengalaman Pelajar Indonesia di Turki Berpuasa di Saat Pandemi
Fun
Pengalaman Pelajar Indonesia di Turki Berpuasa di Saat Pandemi

Bagaimana mahasiswa Indonesia menjalankan puasa di Turki di tengah pandemi.

Red Velvet Comeback dengan ‘Queendom’
ShowBiz
Red Velvet Comeback dengan ‘Queendom’

Album yang mengusung genre lagu pop dance ini berisikan enam lagu yang menonjolkan vokal kelima personilnya

Melaporkan Pelecehan di Tempat Kerja lewat Aplikasi
Hiburan & Gaya Hidup
Melaporkan Pelecehan di Tempat Kerja lewat Aplikasi

Sebanyak 25-85 persen perempuan di mana saja pernah mengalami pelecehan di tempat kerja.

Animasi 'Over the Moon', Petualangan Bertemu Dewi Bulan
Hiburan & Gaya Hidup
Autosohor, 5 Kuliner Indonesia ini Tampil di Instastory Cardi B
Hiburan & Gaya Hidup
Autosohor, 5 Kuliner Indonesia ini Tampil di Instastory Cardi B

Camilan yang sangat lumrah ditemui di Indonesia pun sudah pernah dicicipi Cardi B.

Kesunyian Mencekam di Trailer Final 'A Quiet Place Part II'
ShowBiz
Kesunyian Mencekam di Trailer Final 'A Quiet Place Part II'

Setelah beberapa kali ditunda, A Quiet Place Part II akhirnya tayang 26 Mei 2021.