Harbolnas
Cerdik Belanja Furnitur Kamar saat Harbolnas Harus cerdik saat belanja furnitur di harbolnas.(Foto:Unsplash_Sidekix Media)

SAATNYA harbolnas. Waktunya untuk belanja apa saja secara daring dengan diskon besar-besaran. Buat kamu yang lagi punya ide rombak tampilan kamar, ini saatnya belanja furnitur dengan harga miring.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa belanja tanpa arah loh. Biar belanja furnitur saat harbolnas bikin kamu untung, Merahputih.com rangkum tipsnya buat kamu.

BACA JUGA:

Cerdas Kelola Bujet saat Harbolnas

1. Tentukan konsep dari suasana kamar

writing
Konsepkan kamarmu sebelum membeli furnitur. (Foto Unsplash_Med Badr Chemmaoui)

Sebelum kamu membeli furnitur untuk kamarmu, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu seperti apa konsep serta hasil akhir dari kamar tidurmu, sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mencari referensi konsep untuk kamarmu di Instagram, Pinterest, dan berbagai media yang dapat memberikanmu inspirasi.

Reza Meidiyawan, seorang arsitek independen, menjelaskan pembelian furnitur atau peralatan yang mendukung suasana kamar, juga harus dipilih dengan baik. Dengan begitu, kamu tidak membeli barang yang sia-sia dan tidak dibutuhkan dalam konsepmu.

“Beberapa konsep seperti industrial, minimalis, dan kontemporer membutuhkan furnitur yang berbeda dan pemanfaatannya. Dengan konsep yang jelas, pembelian-pembelian tersebut tidak melenceng jauh dari konsep yang diinginkan,” kata Reza.

2. Jangan asal pilih furnitur

furnitur
Sesuaikan ukuran barang dengan ukuran kamarmu (Foto Unsplash_Alexandra Gorn)

Meski telah mengetahui keinginan konsep, tapi dalam mewujudkannya sering menjadi berbeda. Itu merupakan permasalahan banyak orang. Hal tersebut harus diperhatikan dengan sangat detail.

“Contohnya pada penerapan konsep minimalis dalam suatu ruangan, pembelian vinyl teakwood dan furnitur bernuansa kayu serta konfigurasi ruangan yang tidak terlalu banyak barang bisa diterapkan. Pembelian material-material tersebut mudah didapatkan di e-commerce,” ujar Reza.

Ia mengingatkan untuk mendahulukan pembelian material yang menggambarkan konsep atau suasana ruangan secara signifikan. Dengan begitu, proses dalam memilih dan membeli furnitur yang bijak dapat mengurangi biaya yang tidak diperlukan.

Bijak dalam memilih barang dengan tepat juga harus diiringi dengan pengetahuan yang cukup mengenai suatu konsep yang sudah dipilih, atau istilah lainnya ‘mengulik lebih dalam’ tentang konsep tersebut.

Reza mengatakan detail lain yang juga harus diperhatikan ialah terkait kewaspadaan dalam memilih barang. Kamu harus mengetahui tentang ukuran barang tersebut dan ukuran kamar tidurmu. Apakah barang yang akan dibeli nantinya dapat selaras dengan seisi ruangan menjadi suatu hal yang penting.

Selain itu, dimensi dan berat barang juga akan berpengaruh terhadap ongkos kirim barang tersebut. Semakin besar, berat, atau sulit dikirim, biasanya harganya akan semakin mahal.

3. Perhatikan material atau bahan dasar

light
Perhatikan material atau bahan dasar yang sesuai dengan konsep.(Foto Unsplash_Gerrie Van Der Walt)

Material atau bahan dasar yang digunakan dari furnitur merupakan salah satu aspek penting. Material akan berpengaruh terhadap kecocokan pembelian barang dengan suatu konsep ruangan yang sebelumnya sudah ditentukan.

"Ketika membeli sebuah lemari, kursi, bookshelf, atau lampu dengan material yang dominan besi, tetapi konsep yang diinginkan ialah minimalis, hal tersebut merupakan pembelian yang salah karena barang-barang tersebut lebih cocok dipadupadankan dengan konsep industrial. Begitu juga sebaliknya, pada konsep industrial barang yang dibutuhkan lebih bersifat rigid atau loose furniture dengan ukuran yang besar dan berat, seperti custom chair dengan bahan besi atau baja,” ujar Reza.

4. Baca deskripsi barang atau lihat review

belanja daring
Baca terlebih dahulu tentang deskripsi atau lihat review dari barang tersebut.(Foto Unsplash_Nordwood Themes)

Sebagai pembeli, kamu harus memahami tentang barang yang akan dibeli. Bacalah terlebih dahulu deskripsi secara menyeluruh tentang barang tersebut. Carilah toko yang sudah memiliki review tentang penjualan barang serupa. Perhatikan kesesuaian barang dengan review yang telah diberikan.

“Pilihan barang yang sama di e-commerce sangat banyak. Namun, hanya ada beberapa yang memiliki kualitas yang sesuai keinginan. Maka dari itu, penting bagi pembeli untuk memperhatikan barang yang akan dibeli untuk mencegah terjadinya membeli barang dengan kualitas yang tidak sesuai," pungkasnya.(Kna)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Lagu Indo Super Ngenes Untukmu yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan
ShowBiz
4 Lagu Indo Super Ngenes Untukmu yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan

Sudahi sedihmu dan mulai hargai dirimu sendiri

Mencuci Tangan, Hal Kecil yang Harus Dibiasakan
Hiburan & Gaya Hidup
Mencuci Tangan, Hal Kecil yang Harus Dibiasakan

Akan sangat membantu mencegah perpindahan dan penyebaran kuman.

Usaha Game Arcade di Jepang Terimbas Pandemi
Fun
Usaha Game Arcade di Jepang Terimbas Pandemi

Banyak Kedai Game Arcade di Jepang tutup karena pandemi.

'The Bins Culture Vol.2' Gaungkan Kaus Vintage ke Khalayak Luas
Fashion
'The Bins Culture Vol.2' Gaungkan Kaus Vintage ke Khalayak Luas

The Bins Culture kembali dengan skala yang lebih besar di Senayan Park Jakarta.

Zodiak Paling Setia dan Alasan di Balik Kesetiaan Mereka
Fun
Zodiak Paling Setia dan Alasan di Balik Kesetiaan Mereka

sejumlah zodiak memilih untuk setia.

Rossa Garap Single 'Wanita' Dengan Teknologi Canggih
ShowBiz
Rossa Garap Single 'Wanita' Dengan Teknologi Canggih

Single 'Wanita' akan hadir di Apple Music dengan menggunakan teknologi spatial audio

Loki Versi Lokal
Fun
Loki Versi Lokal

Menggandeng beberapa pelaku kreatif.

Harapan Manis Heechul Super Junior Pada Mantannya
Hiburan & Gaya Hidup
Harapan Manis Heechul Super Junior Pada Mantannya

Status hubungan pun bisa menentukan karir para artis.

3 Cara Song Joong-ki Memikat Penonton di ‘Vincenzo’
ShowBiz
3 Cara Song Joong-ki Memikat Penonton di ‘Vincenzo’

Punya sisi baik sekaligus sisi jahat.