Cepat Jatuh Cinta Setelah Putus, Kok Bisa? Kadang cinta bekerja secara misterius. (Foto: Pexels/Immortal shots)

PUTUS hubungan memang bikin sakit hati. Terlebih ketika kita masih sayang dengan dia. Sebagian orang mungkin takut untuk jatuh cinta lagi setelah mengalami putus cinta, dan itu wajar. Akui saja, kamu pasti merasa cemburu ketika mengetahui bahwa mantanmu sudah mendapat pasangan baru.

Beberapa orang mungkin bisa move on dengan cepat setelah putus cinta. Dilansir dari laman Bustle, penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Pscychology pada 2007, menemukan bahwa kebanyakn orang dapat mengatasi patah hati dalam waktu sekitar tiga bulan. Menurut Kim Egel, konsultan relasi, berapa lama dan kuatnya hubungan itu seringkali menjadi faktor berapa lama seseorang membutuhkan penyesuaian. Jika hubungan kekeluargaan kalian dekat, akan lebih sulit lagi untuk melupakan sang mantan.

Baca Juga:

8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan?


Waktu penyembuhan itu sangat individual dan unik untuk dinamika hubungan yang lebih mendalam. Misalnya jika hubungan itu tidak sehat, bisa lebih lama untuk memilah jenis emosi yang datang.Dilansir dari laman Bustle, berikut alasan mengapa sebagian orang bisa jatuh cinta begitu cepat setelah putus hubungan.


1. Introspeksi hubungan

cinta
Butuh menimbang cukup lama sebelum putus. (Foto: Pixabay/Takmeomeo)


Menurut penelitian, lebih mudah jatuh cinta dengan seseorang yang baru dibandingkan dengan mantanmu. Sebelum putus hubungan, seseorang biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk membuat keputusan yang matang. Sebagian orang biasanya mulai mengintrospeksi hubungan mereka, entah karena agama, ras, ataupun ketidakcocokan satu sama lain. Menurut MacLean, pakar hubungan di Plenty of Fish, mereka baru menyadari kalau hubungan yang dijalankan sudah lama.


Baca Juga:

'Jleb', Putus Cinta Bukan Perkara Mudah Bagi Pria


2. Jatuh cinta lagi

cinta
Cinta lebuh berhubungan pada emosi bukan pikiran. (Foto: Pixabay/Stock Snap)

Ketika seseorang jatuh cinta begitu cepat setelah putus hubungan, mereka hanya melakukannya untuk mengisi hati yang kosong, alias biar tidak galau. Shannon Battle, konselor relasi profesional hubungan, mengatakan bahwa itu tidak selalu benar. Cinta tidak hanya berasal dari pikiran melainkan melibatkan emosional. Mereka yang lebih responsif secara emosional akan melakukannya untuk mengobati rasa patah hati.


3. Cinta sejati

cinta
Cinta itu misterius. (Foto: Pixabay/StarFlames)

Egel mengatakan bahwa cinta itu sangat misterius. Terkadang, orang yang tepat akan datang di waktu yang tepat, bahkan itu bisa terjadi setelah putus cinta. Hanya karena seseorang jatuh cinta dengan cepat, bukan berarti mereka selingkuh, tidak mencintai mantan mereka, atau hubungan terakhir tidak berarti bagi mereka. Itu berarti bahwa mereka menemukan pasangan yang sempurna setelah putus cinta.

Kendati demikian, sebenarnya penting untuk meluangkan waktu bersendiri ketika baru putus hubungan. Degan begitu, mereka akan lebih siap lagi untuk memulai hubungan yang baru. (And)

Baca Juga:

4 Hal Ini Menandakan Cinta Lama Harus Bersemi Kembali



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH