Game

CEO Unity Lepas Jabatannya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 13 Oktober 2023
 CEO Unity Lepas Jabatannya
John Riccitiello, CEO Unity yang berikan peratutan kontroversial pamit undur diri dari perusahaan. (Foto: Unity)

CEO Unity John Riccitiello terlibat masalah setelah memberikan peraturan tentang instalment fee yang memberatkan developer software maupun game. Akibatnya, ia mengumumkan pensiun dan mundur dari perusahaan sesegera mungkin, demikian menurut pengumuman yang diberikan oleh Unity.

Mengutip laman IGN, gelar CEO Unity akan diberikan sementara kepada James M. Whitehurst, termasuk Member of the Board, serta Lead Independent Director of Unity Roelof Botha akan ditetapkan sebagai Chairman Unity. Perusahaan tersebut juga sedang mencari CEO permanen yang cocok untuk visi perusahaan.

Baca Juga:

Trailer Terbaru 'Mortal Kombat 1' Perlihatkan Ninja dari Klan Lin Kuei

Di lain hal, Riccitiello akan tetap menggunakan peraturan tersebut untuk membuat Unity lebih mulus dalam transisi perubahan organisasi ini. Mundurnya Riccitiello dari perusahaan sekaligus membatalkan misinya untuk membangun Unity selama satu dekade, melayani karyawan, pelanggan, developer, serta partner yang menjadi instrumen perkembangan perusahaan.

Skema pajak yang diberlakukan oleh Riccitiello untuk beberapa developer besar yang menggunakan Unity Engine. (Foto: Unity)

Instalment fee yang dibuat Riccitiello memang memberatkan developer game maupun software yang ingin memasarkan softwarenya ke khalayak maupun pemain. Meski pajak yang diberikan minim, Unity memberlakukan pajak tersebut dari banyaknya software yang diunggah melalui platform, serta berapa kali pengguna menjalankan software tersebut hingga tulisan 'Made by Unity' pudar dan software berhasil dijalankan.

Karena instalment fee tersebut, developer game yang menjual game miliknya secara komersial akan sulit untuk mendapatkan keuntungan bila mengingat belasan hingga puluhan persen dari pendapatannya akan ditarik pajak untuk Unity. Alhasil, beberapa developer game protes hingga menghapus game indie maupun AAA yang digarap dengan Unity Engine dari storefront seperti Steam, PlayStation Store, Nintendo eShop, dan beberapa platform marketplace game lainnya.

Baca Juga:

Mortal Kombat 12 Pasti Rilis

Banyak game maupun software yang merugi karena skema perpajakan yang dibuat oleh Unity. (Foto: Pure Xbox)

Sebelum menjabat di Unity pada 2014, Riccitiello pernah bergabung bersama EA. Sampai saat ini, belum diketahui apa rencana Riccitiello selanjutnya di industri game.

Masih belum diketahui apakah mundurnya Riccitiello adalah kabar baik bagi para developer atau tidak. Satu hal yang pasti, Unity adalah engine teranyar yang dipakai di banyak game seperti Pokemon Go, Hollow Knight, Genshin Impact, dan Mobile Legends: Bang Bang. (dnz)

Baca Juga:

Fokus pada Proyek Baru, NetherRealm Setop Pembaruan Mortal Kombat 11

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan