Kesehatan

Cemilan Sehat Sebelum Tidur, Tingkatkan Kualitas Istirahat

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 18 Januari 2018
Cemilan Sehat Sebelum Tidur, Tingkatkan Kualitas Istirahat
Tuna dan Salmon cemilan baik sebelum tidur. (Foto: papas12/pixabay)

UMUMNYA makan sebelum tidur merupakan hal yang harus dihindari. Sistem kerja pencernaan takkan berjalan sempurna saat tidur. Anggapan tersebut tak selalu benar. Kita diperkenankan untuk makan sebelum tidur agar tidur kita lebih berkualitas. Ada beberapa cemilan yang bisa kita konsumsi sebelum tidur. Berikut beberapa makanan yang bisa dimakan sebelum tidur.

(Foto: aol)

Pisang

Kandungan potasium yang terdapat pada pisang dapat meningkatkan kualitas tidur. Dengan memakan pisang sesaat sebelum tidur membuat kita tidur lebih lelap dan bangun dengan kondisi tubuh lebih segar. Makanan ini juga mengandung kalori rendah sehingga kita tak perlu cemas tubuh akan menggendut setelah memakannya.

(Foto: Healthline)

Jus Ceri

Jus ceri diketahui memiliki banyak khasiat salah satunya memperbaiki kualitas tidur. Buah ini dapat meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh. Bertambahkanya hormon melatonin dapat menyebabkan rasa kantuk sehingga membuat kita cepat terlelap.

(Foto: glitzmedia)

Salmon dan Tuna

Kabar baik untuk para penggemar ikan salmon dan tuna. Kita bisa mengonsumsi dua jenis ikan ini sebelum tidur. Menurut informasi yang dilansir dari Refinery 29, ikan ini mengandung tryptophan dan vitamin B6 yang esensial bagi produksi hormon melatonin. Hormon melatonin sangat dibutuhkan untuk istirahat yang berkualitas.

(Foto: 9coach)

Sayuran Hijau

Para peneliti menyarankan untuk membuat salad sebelum tidur. Bayam, kale, daun bit merupakan sumber kalsium paling utama. Kalsium sangat dibuuhkan untuk memproduksi hormon melatonin dalam tubuh dan dapat membantu tidur.

(Foto: healthimpactnews)

Produk Olahan Susu Rendah lemak

Ahli gizi, Lindsey Joe mengungkapkan, produk olahan susu seperti yogurt, keju, susu rendah lemak merupakan cemilan tepat saat menjelang waktu tidur. Setelah mengonsumsi olahan susu, kita tak mungkin terjaga sepanjang malam. Tidur kita pun berkualitas. (avia)

#Makanan Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan