Kesehatan Mental
Cemas Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Kekhawatiran menyehatkan terutama saat kita dihadapi dengan bahaya nyata. (Foto: 123RF/fizkes)

KITA sering diberi tahu, tidak baik hidup dalam ketakutan atau membiarkan kekhawatiran dan cemas menguasai diri. Nasehat ini pasti ada manfaatnya. Jika cemas menjadi berlebihan, itu dapat membatasi kemampuanmu untuk menikmati hidup sepenuhnya dan mempersulit pencapaian tujuan.

Namun, ada yang namanya cemas yang sehat. Menurut penelitian terbaru, kekhawatiran menyehatkan terutama ketika kita dihadapkan pada bahaya yang nyata. Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 300.000 orang dewasa di Inggris Raya, peserta yang menganggap diri mereka pencemas bernasib lebih baik secara kesehatan daripada mereka yang tidak terlalu khawatir.

Baca juga:

4 Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Selama periode beberapa tahun, mereka memiliki risiko kematian yang lebih rendah dari berbagai kondisi, termasuk kanker , penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan, dan kecelakaan.

Ada cemas yang sehat. (Foto: 123RF/Somsak Sudthangtum)

Para peneliti mengajukan penjelasan potensial untuk perbedaan-perbedaan ini. Orang-orang yang merasa khawatir mungkin lebih memperhatikan masalah fisik dan segera mencari perhatian medis untuk mereka, meningkatkan kemungkinan mendeteksi, dan mengobati penyakit pada tahap awal. Selain itu, mereka mungkin terlibat dalam lebih banyak perilaku yang mempromosikan kesehatan seperti olahraga dan makan sehat.

Dalam penelitian ini disebutkan, emosi negatif lainnya, seperti kemarahan dan ketegangan, tidak memiliki manfaat yang sama dengan cemas. Mungkin karena mereka tidak meningkatkan kewaspadaan kesehatan dengan cara yang sama. Khawatir mungkin merupakan emosi yang tidak menyenangkan, tetapi dapat memotivasi kita untuk bertindak dengan cara yang melindungi diri sendiri dan orang lain.

Penelitian lain juga menemukan manfaat kesehatan yang terkait dengan cemas. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa perokok yang lebih khawatir tentang efek negatif merokok terhadap kesehatan lebih cenderung berhenti dalam waktu delapan bulan. Meskipun, ini hanya terjadi jika mereka juga memiliki efikasi diri tinggi, yang berarti mereka percaya memiliki kemampuan untuk berhenti jika mau.

Perokok yang khawatir bisa berhenti merokok. (Foto: 123RF/Antonio Guillem)

Studi lain menemukan bahwa orang yang tidak hanya memahami risiko kanker kulit tetapi mengkhawatirkannya, lebih cenderung memakai tabir surya sebagai tindakan pencegahan.

Terlepas dari manfaat ini, mencemaskan kesehatan dapat menjadi kontraproduktif dalam beberapa keadaan. Misalnya, kita mungkin takut akan perilaku yang sebenarnya aman atau terus mengkhawatirkan gejala yang ternyata tidak berbahaya.

Baca juga:

Psikolog: Rahasia Anti Galau saat Tidak Bisa Mudik

Kekhawatiran kronis yang tidak konstruktif, terkait kesehatan atau tidak, juga dapat mengganggu kualitas tidur dan meningkatkan risiko penyakit terkait stres. Kekhawatiran yang berlebihan juga merupakan gejala dari gangguan kecemasan umum.

Jadi, apa yang membedakan kekhawatiran membantu dari jenis kurang membantu? Kekhawatiran konstruktif cenderung lebih berfokus pada solusi dan waktu terbatas daripada kekhawatiran yang tidak konstruktif.

Perasaan khawatir memperingatkanmu akan potensi bahaya, yang mendorong untuk memikirkan cara mengatasi bahaya itu. Misalnya, jika kamu membaca artikel tentang risiko gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Kemudian, kamu mengkhawatirkan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk duduk sepanjang hari. Kamu dapat mempertimbangkan berbagai cara untuk meningkatkan tingkat aktivitas, seperti menjadwalkan istirahat berjalan kaki, atau berkonsultasi dengan dokter.

Perasaan khawatir bisa membuatmu merubah gaya hidup yang lebih sehat. (Foto: 123RF/Somsak Sudthangtum)

Terkadang kita khawatir tentang hal-hal yang sebagian besar di luar kendali dan belum tentu memiliki solusi praktis. Seperti jadwal tes medis atau status kesehatan orang yang kita cintai tidak dapat diprediksi. Ini adalah kekhawatiran yang normal dan tidak secara otomatis tidak membangun.

Kecemasan itu masih memotivasi kita untuk mengambil tindakan yang bisa membantu diri atau orang lain mengatasinya. Bahkan jika kita tidak dapat menyelesaikan masalah atau mengontrol hasilnya.

Memberi tahu diri sendiri untuk tidak khawatir tidak mungkin membuat perasaan itu lenyap. Tetapi kamu dapat memilih untuk menanggapi dengan pengertian dan kenyamanan, daripada menelusuri lubang tak berdasar dari skenario terburuk. Menyayangi diri sendiri, meditasi, dan menjangkau orang lain adalah cara-cara untuk menenangkan pikiran cemas sambil tetap menghargai keseriusan masalah yang dihadapi. (aru)

Baca juga:

Aplikasi Ini Bisa Lacak Kesehatan Mental, Intip Cara Kerjanya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ketika Pandemi Mengubah Gaya Rambut
Fashion
Ketika Pandemi Mengubah Gaya Rambut

Dari potongan rambut seadanya sampai pasrah gondrong tak beraturan.

1.000 UMKM Dapat Pembebasan Biaya Senilai Rp1 Miliar
Fun
1.000 UMKM Dapat Pembebasan Biaya Senilai Rp1 Miliar

Program pembebasan biaya ini bertujuan untuk menyejahterakan UMKM terdampak pandemi.

Pepaya, Buah Tropis yang Kaya Manfaat
Fun
Pepaya, Buah Tropis yang Kaya Manfaat

Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi pepaya.

Haruskah Menggunakan Skincare Sejak Dini? Ini Penjelasannya
Fun
Stylish, Idola K-Pop ini Punya Brand Fesyen Sendiri
ShowBiz
Stylish, Idola K-Pop ini Punya Brand Fesyen Sendiri

Mengambil alih dunia mode dengan lini unik mereka.

Mitos Seputar Pengasuhan Anak
Fun
Mitos Seputar Pengasuhan Anak

derasnya arus informasi di sosial media membuat ibu kesulitan memfilter hal-hal yang cocok dan tidak cocok.

Kisah Inspiratif dr. Tirta, dari Tidur di Emperan Toko Hingga Punya Aset Miliaran Rupiah
Fashion
Kisah Inspiratif dr. Tirta, dari Tidur di Emperan Toko Hingga Punya Aset Miliaran Rupiah

Kegigihan dr. Tirta dalam berbisnis membuahkan hasil yang manis, hingga menjadi pengusaha sukses yang memiliki hampir 80 cabang toko dan aset miliaran rupiah

Bekerjasama dengan Melon Indonesia, AirConsole Resmi Masuk Pasar Lokal
Fun
Bekerjasama dengan Melon Indonesia, AirConsole Resmi Masuk Pasar Lokal

AirConsole menjadi solusi banyak orang untuk menyampingkan pembatasan sosial dan beralih dengan menciptakan hiburan di rumah.

Pink Panda, Anak Muda Berprestasi Melalui K-Pop Dance Cover
Hiburan & Gaya Hidup
Pink Panda, Anak Muda Berprestasi Melalui K-Pop Dance Cover

Mereka sering memenangkan beberapa lomba diadakan untuk para grup dance cover.

Anak Muda Harus Semangat, Yuk Ikut Kompetisi Sepeda Virtual Ini
Fun
Anak Muda Harus Semangat, Yuk Ikut Kompetisi Sepeda Virtual Ini

Kompetisi sepeda virtual ini akan menjadi kegaitan berfaedah di tengan pandemi.