Kesehatan
Cek Titer Antibodi Pasca Vaksinasi Booster Kini Bisa Dilakukan Sendiri Hasil kerja sama Bio Farma dengan Universitas Islam Indonesia. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

METODE penanganan COVID-19 terus berinovasi. Kali ini Bio Farma meluncurkan produk alat tes antibody COVID-19 bernama FastBio-RBD 2019-nCoV Neutralizing Antibody Test & FastBio-RBD Fia Meter.

Produk yang diluncurkan pada Sabtu (26/11) di Sarinah, Jakarta tersebut dapat digunakan untuk mengetahui tingkat antibodi spesifik seseorang terhadap virus SARS COV 2 penyebab COVID-19 hingga pasca pemberian Vaksin COVID-19.

FastBio-RBD telah menggunakan teknologi fluorescence immunoassay, sehingga dapat memberikan hasil nan akurat dan spesifik terhadap perhitungan jumlah antibody sars COV-2.

FastBio-RBD 2019-nCoV Neutralizing Antibody Test & FastBio-RBD Fia Meter mempunyai keunggulan, yakni waktu pengujian yang singkat hanya membutuhkan 15 menit. Preparasi sampelnya mudah, dan sampel yang digunakan bervariasi (whole blood, venipucture whole blood, serum dan plasma), dan memiliki sensitivitas dan spesifisitas tinggi.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM Bio Farma I.G.N Suharta Wijaya mengatakan kedua produk tersebut menjadi bagian dari pengembangan biofarma terhadap alat alat pendeteksi COVID-19 sejak dini.

Baca juga:

Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19 di Pedulilindungi

Bakal segera tersedia untuk publik. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

Ia berharap dengan adanya produk itu, masyarakat luas dapat semakin mudah mencapai kesejahteraan kesehatan, sekaligus mendukung pertumbuhan industri farmasi, pelayanan kesehatan, dan kualitas alat kesehatan di Indonesia.

Selain itu, Bio Farma juga meluncurkan VaccarBio yang merupakan Electronic Portable Cooler karya anak bangsa, yang berfungsi untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil. VaccarBio didukung dengan sistem active cooler nan dilengkapi dengan Battery Back-up yang dapat bertahan hingga 7 jam.

Seperti diketahui, distribusi vaksin di Indonesia masih menggunakan rantai dingin, sehingga dengan adanya VaccarBio diharapkan vaksin dapat tetap terjaga dengan baik agar tetap layak disuntikkan kepada penerima.

"Saya berangkat dari pengalaman sendiri, ketika pernah melihat ice pack yang menjaga suhu vaksin itu mencair di dalam tempat penyimpanan, sehingga ampul vaksinnya sudah naik-turun di air. Vaksin yang seperti itu sebetulnya kan sudah tidak layak untuk diberikan pada penerima," terang Muhammad Nur Imansyah, S. Ked selaku pemimpin tim riset VaccarBio.

Senada dengan Imansyah, Kepala Divisi Penjualan Domestik Bio Farma Mahsun Muhammadi, mengatakan VaccarBio menjadi produk yang sangat penting guna memastikan kualitas vaksin dari pabrik sampai ke penerima.

Baca juga:

Seberapa Pentingkah Vaksin Booster?

Memiliki TKDN nan tinggi. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

"Jadi produk ini sangat penting untuk memastikan kualitas vaksin dari ujung ke ujung dari pabrik sampai ke penerima karena sering terjadi masalah ketika kualitas vaksin menurun saat suhu tidak dipertahankan," kata dia.

Terakhir, ia berharap peluncuran berbagai produk dari Bio Farma dapat meningkatkan kemandirian Indonesia terhadap penggunaan produk-produk dalam negeri.

"Ini menjadi suatu upaya yang penting untuk kita semua terutama BUMN tentu bisa jadikan kita lebih mandiri," tambahnya.

Sebagai informasi, penjualan FastBio-RBD 2019-nCoV Neutralizing Antibody Test & FastBio-RBD Fia Meter dilakukan melalui klinik-klinik kimia Farma dan klinik atau rumah sakit swasta yang tergabung dalam jenama "imunicare".

Imunicare merupakan layanan dari klinik imunisasi Bio Farma yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan akses dan solusi untuk meningkatkan imunitas. Layanan ini memiliki harga kompetitif. Ketersediaan jenis vaksin juga lengkap, serta terjamin kualitas dan keaslian dari produknya. (waf)

Baca juga:

Dosis Keempat Vaksin COVID-19, Perlukah?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Industri Kripto Diprediksi akan Terus Tumbuh Meski Siklus Menurun
Fun
Industri Kripto Diprediksi akan Terus Tumbuh Meski Siklus Menurun

Meski sempat sangat anjlok, kripto akan tetap kembali tumbuh.

Seru, Presiden IESF dan Ketua Harian PB ESI Tanding Tekken 7
Fun
Seru, Presiden IESF dan Ketua Harian PB ESI Tanding Tekken 7

Marinescu memilih karakter Marshall Law, sedangkan Bambang memilih Paul Phoenix.

Marion Jola Kisahkan Hubungan Toxic di 'Bukan Manusia'
ShowBiz
Film Tentang Nike akan Bertabur Bintang
ShowBiz
Film Tentang Nike akan Bertabur Bintang

Belum ada judulnya namun sudah mulai tahap produksi.

Elon Musk: Penjualan Cybertruck Dimulai 2023
Hiburan & Gaya Hidup
Elon Musk: Penjualan Cybertruck Dimulai 2023

Tesla Cybertruck akan diproduksi di Giga Factory.

Melirik Aya Neo 2 Dan Aya Neo slide, Pesaing Tangguh Bagi Steam Deck
Fun
Melirik Aya Neo 2 Dan Aya Neo slide, Pesaing Tangguh Bagi Steam Deck

Radeon 680M iGPU yang dimiliki perangkat tersebut nantinya mampu mendorong 3,38 teraflops

Kehadiran Petarung Lama Bikin Tekken 8 Lebih Asyik
Fun
Kehadiran Petarung Lama Bikin Tekken 8 Lebih Asyik

Dengan grafis yang jauh lebih memukau ketimbang Tekken 7.

Sean Gelael Satu Tim dengan Valentino Rossi di Balapan Ketahanan Dubai
Fun
TV OLED dengan Kualitas Gambar Jernih dan Terang di CES 2023
Fun
TV OLED dengan Kualitas Gambar Jernih dan Terang di CES 2023

Televisi yang menghadirkan berbagai fitur yang membantu kaum tuna netra dan lansia.

5 Tayangan Netflix Siap Menemani di Agustus 2022
ShowBiz
5 Tayangan Netflix Siap Menemani di Agustus 2022

Netflix siap merilis beberapa tayangan orisinalnya di Agustus 2022.