Relasi
Cek nih, Tanda Hubunganmu Berkualitas Hubungan bersama pasanganmu bisa berkualitas tapi butuh keseriusan untuk mencapainya. (foto: freepik/prostooleh)

BANYAK pasangan yang menginginkan jalinan hubungan yang berkualitas. Namun, tidak semudah itu untuk mewujudkannya. Dibutuhkan usaha dari kamu dan pasangan agar bisa mewujudkan hubungan yang berkualitas. Nah, untuk menilai kualitas hubunganmu dengan pasangan, Psychology Today memberi beberapa tanda yang dapat kamu perhatikan dalam hubunganmu.

1. Hubungan yang setara

Hubungan yang berkualitas bisa ditandai dengan saling memberi dan menerima secara setara. Artinya, baik kamu dan pasangan tidak ada yang lebih berkuasa dibandingkan yang lain.

Evaluasi kembali hubunganmu selama ini. Apakah pasanganmu suka melarang kamu mengikuti kegiatan tertentu? Apakah kamu diberikan kesempatan untuk menentukan pilihan? Apakah kamu harus selalu mengikuti kemauan pasangan? Atau justru sebaliknya?

Bila benar demikian, hubunganmu bisa dikatakan tidak setara, sebab pasanganmu juga berhak mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

BACA JUGA:

Apakah Salah Kangen Mantan Ketika Sudah Punya Pacar Baru?

2. Saling mendukung

Tanda hubungan berkualitas lainnya adalah saling mendukung satu sama lain, baik dalam keadaan suka maupun duka, sehingga kalian berdua bisa saling menginspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di kemudian hari.

pacaran
Hubungan yang sehat saling mendukung, baik dalam keadaan suka maupun duka. (foto: freepik/freepik)

3. Saling menghormati

Pasangan yang baik akan menghormatimu sebagai dirimu sendiri, bukan menuntutmu menjadi seperti orang lain. Saat kalian sudah bisa menghormati dan menerima keunikan masing-masing, itu menandakan bahwa hubungan yang sedang kamu jalani adalah hubungan berkualitas. Selain itu, kamu juga harus menghormati teman-teman dan keluarga pasanganmu, begitu pula sebaliknya.

4. Saling percaya

Hubungan yang sehat harus dilandasi dengan rasa percaya antara kamu dan pasangan. Tanpa adanya rasa saling percaya, maka suatu hubungan tidak bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA:

Langkah-Langkah Ekstrem Stalking Pacar yang Diduga Selingkuh

5. Berkompromi

Ada kalanya kamu dan pasangan memiliki pendapat yang berbeda terhadap suatu hal. Menghadapi hal ini, kamu dan pasangan harus berkompromi agar hubungan dapat terus berjalan dengan baik. Tapi ingat, kompromi yang sehat tidak membuatmu merasa terisolasi dari kehidupan pribadimu.

6. Berkomunikasi dengan baik

Jangan biarkan hubunganmu kacau dan dipenuhi pertengkaran karena kurang bisa berkomunikasi dengan baik. Kuncinya adalah berbicara jujur agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara kalian berdua. Bila pasanganmu belum siap untuk bercerita, jangan memaksanya dan berikan dia waktu.

pacar

Dalam hubungan yang sehat, pasangan tidak memaksa atau membuatmu tidak nyaman dengan aktivitas seks. (foto: freepik/cookie_studio)

7. Tidak memaksa hubungan intim

Dalam hubungan yang sehat, pasangan tidak memaksa atau membuatmu tidak nyaman dengan aktivitas seks yang tidak kamu inginkan. Waspadalah jika pasanganmu mengatakan hal-hal romantis hanya untuk mendapatkan keinginannya, misalnya mengatakan bila kamu menyayanginya kamu harus memberikan ciuman atau mau berhubungan intim.

Hubungan yang berkualitas sejatinya dapat berjalan tanpa menghina, merendahkan, menyalahkan, cemburu berlebihan, menghakimi, atau melakukan kekerasan fisik.

Bila hubunganmu termasuk berkualitas, terus pertahankan tanda-tanda yang telah disebut. Namun, jika sebaliknya, mungkin inilah waktunya bagi kamu untuk membicarakan hal tersebut dengan pasangan.

Hubungan yang tidak sehat bisa berpengaruh pada kesehatanmu. Jadi, jangan ragu untuk mencari bantuan bila kamu membutuhkannya, baik dari keluarga, sahabat, maupun psikolog.(DGS)

BACA JUGA:

Jangan Tanyakan ini pada Pacar Baru Kamu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
WHO: Vaksin Tetap Penting untuk Cegah Omicron
Fun
WHO: Vaksin Tetap Penting untuk Cegah Omicron

Vaksin tetap penting untuk mengurangi penyakit parah dan kematian.

Butuh Riset dan Penelitian untuk Wujudkan Indonesia Sehat
Fun
Butuh Riset dan Penelitian untuk Wujudkan Indonesia Sehat

Kolaborasi dengan sejumlah pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan Indonesia sehat.

Inovasi Life Science Menjawab Tantangan Dunia Kesehatan
Hiburan & Gaya Hidup
Inovasi Life Science Menjawab Tantangan Dunia Kesehatan

Inovasi teknologi tersebut tentu saja dimanfaatkan untuk mengatasi tantangan terbesar umat manusia di seluruh dunia di bidang kesehatan.

Bukan Penyakit, Narasi Tentang Menopause Harus Diubah
Fun
Bukan Penyakit, Narasi Tentang Menopause Harus Diubah

Menopause yang biasanya terjadi perempuan usia 45 hingga 55 itu perlu dianggap normal.

Ngakalin Biar Perut Muat Banyak saat  Menyantap 'All You Can Eat'
Fun
Ngakalin Biar Perut Muat Banyak saat Menyantap 'All You Can Eat'

Jangan terlalu kalap biar bisa menampung banyak makanan di restoran AYCE.

Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Menghirup Abu Vulkanis
Fun
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Menghirup Abu Vulkanis

Abu vulkanis memengaruhi kondisi kesehatan.

Akankah 'Doctor Strange 2' Seperti 'Spiderman: No Way Home'?
Fun
Akankah 'Doctor Strange 2' Seperti 'Spiderman: No Way Home'?

Banyak teori beredar tentang 'Doctor Strange 2'.

Sejarah Legenda Balap Aprilia, dari Italia ke Penjuru Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Sejarah Legenda Balap Aprilia, dari Italia ke Penjuru Dunia

Aprilia adalah perusahaan sepeda motor Italia yang didirikan oleh Cavalier Alberto Beggio.

Realme Smart TV Stick dan Realme Buds Q2s Berikan Hiburan Tak Terbatas
Fun
Realme Smart TV Stick dan Realme Buds Q2s Berikan Hiburan Tak Terbatas

Dua perangkat yang siap membuat hari-harimu mengesankan.