Cek Kesiapan New Normal, Kapolresta Solo Sidak ke Mal apolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai melakukan pengecekan kesiapan new normal di Solo Paragon Mal, Kamis (28/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Polresta Surakarta, Kodim 0735/Surakarta, dan Wali Kota Solo melakukan pengecekan kesiapan pemberlakuan new normal di Solo Paragon Mal, Kamis (28/5) malam.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai menegaskan kesadaran masyarakat disiplin kesehatan sangat penting untuk bisa menerapkan new normal di pusat keramaian.

Baca Juga

Terapkan New Normal, Pemerintah Diminta Ambil Pelajaran dari Korsel

"Kami bersama Wali Kota Solo dan Dandim 0735/Surakarta melakukan pengecekan kesiapan new normal di mal," ujar Andy, Jumat (29/5).

Menurutnya dalam pengecekan tersebut, ia bersama jajaranya melakukan penyusuran semua sudut mal dan tenan yang ada di Solo Paragon Mal. Dalam pengecekan tersebut semua infrastruktur protokol kesehatan mulai tempat cuci tangan, tempat duduk, lokasi antrian kasir, tempat makan, dan lainnya semua sudah siap.

"Kami coba gunakan tempat cuci tangan yang disediakan dan berfungsi dengan baik. Demikian halnya tempat antrian kasir di tempat belanja juga sudah diberikan jarak," kata dia.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai melakukan pengecekan kesiapan new normal di Solo Paragon Mal, Kamis (28/5). (MP/Ismail)
apolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai melakukan pengecekan kesiapan new normal di Solo Paragon Mal, Kamis (28/5). (MP/Ismail)

Mantan Kapolres Sukoharjo ini menegaskan penerapan new normal di Solo akan diterapkan setelah status Kejadian Luar Biasa (KLB) COVID-19 dicabut. Diketahui Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo baru saja memperpanjang KLB sampai tanggal 7 Juni mendatang. Seharusnya KLB berakhir tanggal 30 Mei.

"Penerapan new normal dilakukan setelah penerapan KLB dicabut. Kami sudah beritahu pengelola agar melengkapi fasilitas untuk mendukung penerapan new normal," kata dia.

Selain di mal lokasi yang juga dijadikan sasaran pengecekan kesiapan new normal diantaranya tempat ibadah, warung makan, pasar modern, pusat perbelanjaan, dan lainnya. "Kesadaran masyarakat disiplin kesehatan dangat penting untuk menerapkan new normal. Itu imbauan untuk masyarakat," kata dia.

Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall Veronica Lahji, memastikan manajemen Solo Paragon Mal siap menerapkan new normal. Semua infrastruktur berkaitan dengan protokol kesehatan sudah siap semua.

"Kami berkomitmen mematuhi aturan Wali Kota Solo dan menerima masukan dari Polresta Surakarta," kata Veronica.

Baca Juga

'New Normal' KPK Dimulai dari Ringannya Vonis Eks Anak Buah Hasto PDIP

Ia menambahkan protokol kesehatan lebih diperketat. Kalau ada pengunjung tidak memakai masker, Satpam berhak melarang pengunjung masuk mal. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH