Cek Kemanjuran Vaksin COVID-19 Sinovac, Darah Relawan Uji Klinis Dicek Balitbangkes

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 09 Desember 2020
Cek Kemanjuran Vaksin COVID-19 Sinovac, Darah Relawan Uji Klinis Dicek Balitbangkes
Vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di Bio Farma. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Semua relawan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac tahap 3, yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, sudah mendapatkan suntikan kedua per 6 November 2020. Uji klinis vaksin buatan Tiongkok ini melibatkan PT Bio Farma dan Fakultas kedokteran Unpad terhadap 1.620 relawan asal Bandung.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, saat ini, para relawan sudah mulai memasuki pada tahap pemantauan efikasi dan monitoring untuk mengetahui sejauh mana kemanjuran dan keamanan vaksin.

"Tidak ada laporan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca-imunisasi) serius yang ditemukan pada semua relawan. Sample darah dari para relawan, sudah dikirimkan juga ke Balitbangkes, untuk diuji netralitas terhadap virus COVID-19,” terang Honesti, dalam keterangan resminya, Rabu (9/12).

Baca Juga:

Pimpinan MPR Minta Proses Vaksinasi COVID-19 Dipercepat

Tim uji klinis sudah mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk membuat laporan interim ke Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM). Data yang dihimpun ini meliputi efikasi pasca-1 bulan penyuntikan, data pengambilan darah setelah 3 bulan. Ditargetkan, kata ia, semua data sudah masuk pada awal pertengahan Januari 2021.

Honesti Basyir juga menyinggung kedatangan 1,2 juta vaksin dari Sinovac Tiongkok ke Bio Farma dan menyampaikan argumen mengapa vaksin Sinovac menjadi pilihan Indonesia.

Menurutnya, pemilihan vaksin COVID-19 harus memenuhi beberapa faktor, antara lain, memenuhi unsur keamanan, harus cepat, dan harus juga mandiri.

Kemudian, vaksin yang terpilih harus memiliki unsur keamanan, khasiat dan mutu yang terjamin oleh lembaga yang berwenang. Mutu ini harus dapat dibuktikan dari serangkaian pengujian, dimulai dari pre-klinis, Uji Klinis 1, 2 dan 3.

"Dilihat dari timeline atau progress pengembangan, calon vaksin Covid-19 dari Sinovac, termasuk 1 dari 10 kandidat yang paling cepat yang sudah masuk ke Uji Klinis tahap 3," katanya.

Vaksin COVID-19
Vaksin COVID-19.(Foto: Sekrtariat Presiden)

Kemudian, dari sisi platform atau metode pembuatan vaksin, yang menggunakan platform inactivated, sudah terbukti/proven pada jenis-jenis vaksin yang lainnya, dan sudah dikuasai oleh Bio Farma dan sistem mutu Sinovac sudah diakui oleh WHO dan ada alih teknologi dalam kerjasamanya,” papar Honesti Basyir.

Pihaknya mengapresiasi dukungan besar yang telah diberikan pemerintah dan berbagai pihak atas lancarnya proses kedatangan tahap perdana vaksin COVID-19 tersebut. Vaksin tersebut, tegas ia, bakal diprioritakan untuk tenaga kesehatan sebagai garda terdepat di masa pandemi.

"Bio Farma hadir untuk Indonesia untuk turut mendukung peran tenaga kesahatan sebagai garda terdepan dalam membantu mengatasi masalah pandemi, dengan memberikan vaksin COVID-19 kepada para tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19," katanya. (Iman Ha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Relawan Berusia 90 Tahun Orang Pertama Disuntik Vaksin COVID-19

#Breaking #Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19 #Uji Klinis
Bagikan
Bagikan