Fashion
Cek Fesyen 'Sex and the City' Reboot Fashion stylish dari Sex and The City reboot ramai diperbincangkan. (ew.com)

SEJAK HBO Max merilis gambar promosi pertama dari spin-off Sex and the City (SATC), And Just Like That... pada awal Juli, penggemar dan pencinta mode telah membedah penampilan tiga karakter utama tanpa Samantha yang diperankan Kim Cattrall.

Apakah Carrie akan tetap stylish seperti dulu? Bagaimana dengan rambut perak Miranda? Lihat kan, Charlotte yang tampak 'sangat Charlotte' dalam blus, rok pensil, dan tas tangan mikro Lady Dior?

Kehebohan mengenai gaya mereka bertiga dalam foto yang memberi gambaran singkat tentang film yang masih dalam pembuatan ini menjadi bukti pengaruh budaya serial aslinya.

BACA JUGA:

Intip Fesyen Selebriti Dua Lipa, Zendaya hingga Olivia Rodrigo di Musim Panas

Sejak ditayangkan di HBO pada 1998 hingga 2004, SATC secara radikal mengubah percakapan seputar seksualitas, persahabatan, dan perempuan modern. Walaupun, dua dekade kemudian, beberapa kritikus menyatakan bahwa tidak semuanya tetap relevan.

Lebih penting lagi, SATC mendefinisikan kembali peran fesyen dalam serial TV dan bagaimana itu memengaruhi cara penontonnya berpenampilan selama mengikuti kisah empat perempuan New York tersebut.

sex and the city
Tas Fendi Baguette payet ungu jadi favorit dalam penampilan ikonik Carrie Bradshaw. (parade.com)

"Serial ini adalah yang pertama yang terus menampilkan nama-nama desainer dan merek tanpa henti," kata Cameron Silver, penata busana dan pakar vintage dalam sebuah wawancara telepon dengan CNN.

Dia menambahkan, SATC mengajarkan satu generasi tentang mode desainer, dan memiliki dampak luar biasa pada pengetahuan penonton tentang tampil bergaya. "Banyak pemirsa belajar bagaimana menyebut nama Manolo Blahnik dengan menonton serial ini," ujar Silver.

Pilihan busana keempat sahabat ini sering kali eklektik, mahal, dan menarik, dan mereka mengilhami beberapa fashion statement paling terkenal dalam dua dekade terakhir, seperti naked dress, tali bra terbuka, dan celana olahraga dengan sepatu hal tinggi.

Namun, tanpa desainer kostum lama SATC Patricia Field di pucuk pimpinan, dapatkah penerusnya, Molly Rogers dan Danny Santiago, meniru fesyen yang mendefinisikan serial aslinya?

BACA JUGA:

Kemenparekraf Dukung Penuh Pengembangan Busana Muslim

Tidak Banyak Kejutan

sex and the city
Rok polkadot tebal Carrie oleh Carolina Herrera. (stylist.co.uk)

Dari foto di lokasi syuting dan publikasi yang beredar, kamu bisa mengintip bagaimana fesyen dalam And Just Like That..., reboot SATC yang ditunggu-tunggu.

Penampilan yang terungkap sejauh ini menawarkan beragam gaya. Ada rok polkadot tebal Carrie oleh Carolina Herrera, gaun kemeja Charlotte dari Emilia Wickstead dan blus dan rok sutra tie-dye yang serasi dari Gerard Darel.

Namun, tidak ada yang benar-benar membuat terobosan baru seperti yang dilakukan secara konsisten oleh serial aslinya. Ketidakhadiran Kim Cattrall juga membuat spekulasi busana seksi seperti apa yang Samantha kenakan pada usia 60-an. Karakter ini lebih tua dari yang lain.

"Semuanya sangat rapi dan halus. Tidak banyak kejutan," kata Rebecca Weinberg, yang bekerja dengan Field sebagai desainer kostum di acara aslinya, dalam sebuah wawancara telepon dengan CNN.

Penataannya mungkin juga menawarkan lebih banyak gaya busana seperti kostum daripada yang diinginkan pemirsa saat ini. Pada tahun 2021, orang tidak bisa tidak bertanya-tanya apakah Carrie yang berusia 50 tahun masih akan memakai sepatu bot Manolos dan sepatu bot Mary Janes yang tebal, padahal pada saat ini dapat dikatakan stiletto tidak terlalu populer.

"Apa yang membuat pengaruh mode 'Sex and the City' begitu menarik dan bertahan lama adalah bagaimana pertunjukan itu memadukan barang-barang mewah dengan barang-barang yang lebih hemat dan terjangkau," kata Weinberg.

"Ini menciptakan perpaduan sempurna antara tinggi (dan) rendah yang menjadi begitu umum ketika menyangkut street style dan mode secara umum. Ini mencerminkan cara kita berpakaian dalam kehidupan nyata, hanya dengan cara yang lebih tinggi," dia menambahkan.

Untuk saat ini, gaya di reboot tidak cukup mencerminkan perpaduan tinggi-rendah itu. "Ada banyak nama besar, tetapi saya belum melihat banyak label yang lebih kecil, berkelanjutan, atau indie di sampingnya. Saya pikir itu adalah kesempatan yang terlewatkan," jelas Weinberg.

Kemunculan Ulang Fesyen Ikonik

sex and the city
Fesyen dalam reboot tidak ada yang benar-benar membuat terobosan baru. (cheatsheet.com)

Dalam satu foto baru, Sarah Jessica Parker terlihat membawa tas Fendi Baguette payet ungu. Tas ini jadi favorit dalam penampilan ikonik Carrie Bradshaw. Di foto lain, dia memakai satin biru yang sama dengan Manolo Blahnik yang dia kenakan ke pernikahan di gedung pengadilan dengan Mr. Big (Chris Noth). Lalu ada pin mawar Chanel besar yang pertama kali muncul di Musim 3, setelah putus keduanya dengan Big.

Dan, seperti di pertunjukan aslinya, vintage masih berkuasa. Dalam satu foto, Charlotte mengenakan atasan organza ruffle dari koleksi Autumn/Winter 1996 Givenchy dan cross-body Chanel hitam klasik. Di tempat lain, Miranda terlihat memegang clutch anyaman putih Bottega Veneta vintage.

"Tentu masuk akal jika para karakter mengenakan pakaian vintage, karena itu adalah sesuatu yang mereka lakukan pertama kali," kata Silver, "Karena gaya mereka telah berevolusi dan mereka menua, wajar saja jika mereka memiliki lebih banyak barang preloved di lemari mereka hari ini."

Kalau kamu penasaran dengan busana-busana lain, cek akun Instagram @justlikethatcloset yang dibuat oleh Bazalinchuk. Akun yang telah mengumpulkan hampir 80.000 pengikut hanya dalam satu bulan ini telah menginvetaris semua. "Ketika saya melihat SATC melakukan reboot, saya langsung tahu bahwa kita semua membutuhkan akun ini," kata Bazalinchuk.

“Saya tahu kehebohan seputar fashion SATC, dan bagaimana kita semua harus menunggu penayangan untuk mengetahui apa yang dikenakan(di seri aslinya). Namun, kali ini saya tidak ingin menunggu lagi, karena pada saat pertunjukan itu ditayangkan, kebanyakan pakaian akan terjual habis," dia menjelaskan.

Weinberg setuju, "Ide untuk memiliki seluruh koleksi pakaian yang tersedia di Instagram sebelum serial ini dirilis jelas merupakan tanda bagaimana waktu telah berubah. Ini keren, tetapi juga tidak menyisakan banyak ruang untuk rasa penasaran yang dulu kita miliki, kejutan apa yang mungkin diwakili oleh pakaian dalam konteks tertentu, atau untuk alur cerita tertentu."(aru)

BACA JUGA:

Karya Ilusi Hebat yang Dilukis di Tubuh

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pengalaman Hidup Jevin Julian Tertuang di ‘Samsara’
ShowBiz
Pengalaman Hidup Jevin Julian Tertuang di ‘Samsara’

Tentang kehidupan dan pengalaman-pengalaman besar dan berkesan bagi seorang Jevin Julian.

Bukan Switch OLED, Konsol Next-Gen Nintendo akan Rilis di 2022
Fun
Bukan Switch OLED, Konsol Next-Gen Nintendo akan Rilis di 2022

Nintendo Switch Pro, konsol next-gen Nintendo dari yang akan hadir di 2022.

Grimes Rilis Remix dari Album 'Miss Anthropocene' di 2021
ShowBiz
Grimes Rilis Remix dari Album 'Miss Anthropocene' di 2021

Grimes telah merilis album Miss Anthropocene Rave Edition versi remix pada 1 Januari 2021.

Royal Enfield Pamerkan 3 Varian Meteor 350 Terbaru di IIMS 2021
Fun
Royal Enfield Pamerkan 3 Varian Meteor 350 Terbaru di IIMS 2021

Dalam rangka merayakan hari jadi ke-120 tahun, Royal Enfield memamerkan jajaran lengkap sepeda motornya, termasuk Meteor 350 yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

Disney Tolak Johnny Depp Kembali ke ‘Pirates of the Caribbean’
ShowBiz
Disney Tolak Johnny Depp Kembali ke ‘Pirates of the Caribbean’

Sekarang giliran Disney menolak kembalinya Depp ke proyek film serinya Pirates of the Caribbean: Tales of the Code: Wedlocked

Bangga, Rumah Mode Asal Indonesia Tampil di Fashion Film Italia
Fashion
Bangga, Rumah Mode Asal Indonesia Tampil di Fashion Film Italia

Memamerkan koleksi yang tidak kalah saing dengan luar negeri.

Christie's Lelang Koleksi Foto Angkasa Luar Langka
Fun
Christie's Lelang Koleksi Foto Angkasa Luar Langka

Acara ini berlangsung sejak 6 November hingga 19 November mendatang.

Data Pelanggan McDonald Diretas, Apa Motifnya?
Fun
Data Pelanggan McDonald Diretas, Apa Motifnya?

Bagaimana nasib pelanggan McDonald?

Airpeak S1, Drone Terbaru dari Sony yang Tahan Empasan Angin
Hiburan & Gaya Hidup
Airpeak S1, Drone Terbaru dari Sony yang Tahan Empasan Angin

Diklaim mampu bersaing dengan perusahaan drone, DJI.

Menunjukkan Cinta Tak Harus Romantis
Fun
Menunjukkan Cinta Tak Harus Romantis

Orang yang tidak romantis bukan berarti tidak mencintaimu dengan tulus.