Cek Detail Fitur 'Joystick' untuk Konsol Sony Playstation 5 PlayStation 5 controller memiliki fitur yang lebih keren daripada pesohornya (Foto: Push Square)

SONY selalu memberikan inovasi di tiap konsol yang pernah mereka rilis. Mulai dari perubahan spesifikasi hingga penambahan fitur baru. Fitur Playstation yang mampu terhubung dengan internet misalnya, banyak pengguna yang senang ketika mengetahui PlayStation 4 bisa memamerkan atau membagikan momen terbaik saat bermain ke media sosial.

Baca juga:

Fitur-Fitur Keren di PlayStation 5

Detail mengenai spesifikasi sudah dirilis, konsol game terbaru besutan Sony ini menyuguhkan spesifikasi yang keren, dari dukungan ray tracing hingga solid state drive yang membuat loading PlayStation 5 menjadi lebih cepat. Sayangnya belum ada detail pasti tentang desain dari konsol yang mungkin masih dirahasiakan oleh Sony. Membuat penggemar lama dari konsol game terlaris ini semakin penasaran.

Cek Detail Fitur 'Joystick' untuk Konsol Sony Playstation 5
Purwarupa controller untuk PlayStation 5 yang tersebar di internet (Foto: Mirror)

Akan tetapi, joystick atau controller untuk PlayStation 5 memiliki fitur yang lebih keren dibandingkan dengan konsol generasi sebelumnya (PlayStation 4). Joystick khas dari Sony yang sebelumnya dinamai DualShock 4 akan berubah bentuk menjadi lebih keren. Melansir laman Game Rant, pengembang desain PlayStation Assist AI, Mark Cerny, tengah mendesain alat kendali yang akan menemani konsol game terbaru Sony, PlayStation 5.

Menurut Cerny, controller tersebut tidak memiliki nama seperti pesohornya, yakni DualShock. Melainkan ia mengimingkan dua fitur yang akan memanjakan para pemain PlayStation. Salah satunya adalah adaptive trigger, dimana trigger untuk tombol L2 dan R2 pada joystick PlayStation 5 memiliki feedback yang cukup kuat, contohnya seperti menekan pelatuk tembakan saat memainkan game perang.

Baca juga:

Proyek Aksesoris Gaming Futuristik yang Hebat atau Justru Malah Aneh

Feedback untuk adaptive trigger ini memiliki tensi yang berbeda, tergantung dari game yang kamu mainkan. Misalnya kamu memainkan game first person shooter (FPS), joystick akan menyesuaikan tensi dengan senjata yang kamu gunakan. Menggunakan pistol atau senapan, akan berbeda rasanya.

Nirkabel, namun joystick untuk PlayStation 5 ini juga dilengkapi port USB Type-C untuk mengisi ulang baterai. Memiliki fitur voice coil yang bisa diprogram sesuai dengan game yang kamu mainkan. Voice coil tersebut membuat controller PlayStation 5 memiliki built-in speaker, penggunanya nanti bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih riil.

Menurut kabar yang telah beredar, PlayStation 5 akan dirilis secara resmi pada masa liburan musim panas 2020. Penggemar Sony Playstation sudah banyak yang tidak sabar menantikan generasi terbaru konsol game, sejak terakhir Sony merilis Playstation 4 pada 2013. (dnz)

Baca juga:

Sony Resmi Rilis PlayStation5 Tahun 2020


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH