Cegah Wabah Corona, Ketum IDI Ingatkan Kebiasaan Tangan Asal Pegang-Pegang

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 27 Januari 2020
Cegah Wabah Corona, Ketum IDI Ingatkan Kebiasaan Tangan Asal Pegang-Pegang
WHO menyampaikan jika masih terlalu dini untuk menyebut darurat virus corona (Foto: propakistani)

MerahPutih.com - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi wabah Virus Corona yang berawal dari Kota Wuhan, Tiongkok yang kini menyebar ke sejumlah negara.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, IDI juga meminta masyarakat melakukan dan meningkatkan gaya hidup sehat seperti, menjaga kebersihan tangan rutin. Terutama, kebiasaan tangan asal menyentuh sesuatu tanpa terlebih dahulu dibersihkan, mulai dari menyentuh mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik.

Baca Juga:

Menkes Terawan Pastikan Belum Ada Penderita Virus Corona di Indonesia

”Cuci dengan air mengalir setidaknya 20 detik dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80%," kata Ketua Umum IDI Daeng M Faqih dalam keterangannya kepada media, Senin (27/1).

Ketua Umum PB IDI Dokter Daeng M Faqih imbau para dokter pelajari informasi soal virus corona dari WHO
Ketua Umum PB IDI Dokter Daeng M Faqih (Foto: antaranews)

Kebiasaan lainnya yang perlu ditekankan yakni menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk, menggunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gejala saluran napas.

Virus corona bisa menular antarmanusia lewat batuk hingga bersin, serta menyentuh lewat makanan yang tercemar air liur orang terinfeksi.

Daeng menambahkan bagi yang sedang sakit juga dianjurkan untuk istirahat cukup, menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur minimal 3 kali perhari dan makan makanan bergizi.

"Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran napas, sering mencuci tangan, khususnya setelah kontak dengan pasien dan lingkungannya. Hindari menyentuh hewan atau unggas atau hewan liar (wild animals)," tutup Ketum IDI itu. (Knu)

Baca Juga:

Pemerintah Diminta 'Putus Hubungan' Dengan Tiongkok Demi Cegah Virus Korona

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan