Cegah Tawuran Saat 'Syuroan', Polrestabes Surabaya Kumpulkan Perguruan Silat Penandatanganan nota kesepakatan bersama Polrestabes Surabaya dan pengurus pencak silat. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Untuk menciptakan suasana kondusif dan menghindari pertikaian antaranggota perguruan silat yang berada di wilayah Surabaya, jajaran Polrestabes Surabaya menggelar pertemuan dengan para perwakilan perguruan pencak silat.

Pertemuan ajang silaturahmi yang diwakili oleh Wakapolrestabes Surabaya AKBP Aris Haryanto tersebut bertujuan menggalang dan mendekatkan keamanan ketertiban masyarakat sebagai kebutuhan bersama.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama sebagai wujud kepedulian untuk menjaga kemananan secara bersama-sama.

"Mengingat akan adanya acara Syuroan (penanggalan 1 Muharram) yang biasanya diadakan rutin pertemuan di wilayah Kota Surabaya, maka penting untuk menjaga keamanan secara bersama sama," kata Aris di Surabaya, Sabtu (16/9).

Dijelaskannya, hal ini merupakan langkah awal untuk meninimalisir terjadinya perselisihan yang melibatkan perguruan pencak silat karena sering dipicu hanya karena persoalan sepele.

Dalam kesempatan yang sama, Kabagops Polrestabes Surabaya AKBP Bambang Sukmo Wibowo juga memetakan wilayah mana yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat pertemuan. Bahkan, ia telah menyiapkan anggota personel Polrestabes Surabaya untuk mengamankan setiap pertemuan.

Sementara, para pengurus perguruan pencak silat baik dari perguruan PSH Teratai maupun STK Winongo menyambut baik langkah dari Polrestabes Surabaya.

"Kami sangat berterima kasih pada pihak polisi. Semoga dengan semangat silahturahmi dan kebersamaan ini tercipta situasi wilayah Polrestabes Surabaya yang kondusif dan harmonis," kata pengurus Teratai Cabang Surabaya Kimung. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ulama Se-Jatim Demo Tolak Perppu Ormas


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH