Kesehatan
Cegah Stunting Bayi Dimulai dari Masa Kehamilan Pentingnya nutrisi sejak dalam kandungan (Foto: Pexels/garon piceli)

KETIKA hamil perempuan mengalami banyak perubahan pada fisik dan emosionalnya dengan adanya perubahan hormon dan perkembangan janin di dalam rahim.

Perubahannya tidak hanya sampai di situ. Perempuan memiliki dorongan besar untuk mengubah gaya hidupnya ketika memasuki masa kehamilan karena mempertimbangkan kondisi bayi yang sedang dikandungnya.

Apalagi semakin banyak ibu yang peduli pada nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan yang ditentukan sejak anak dalam kandung.

Baca Juga:

Jangan Menunda Vaksin COVID-19 Bagi Anak

Bayi dalam kandungan
Nutrisi penting bayi harus diperhatikan sejak dalam kandungan (Foto: Pexels/Kristina Paukshtite)

Namun ternyata, kebiasaan ibu yang baru mulai menjaga kesehatannya dengan makan makanan bernutrisi setelah dia tahu dirinya hamil inilah yang kurang tepat.

Menurut dr. Dhika Prabu Armadhanu, SpOG (K)., M.Kes, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSU Kabupaten Tangerang, agar tidak ada gangguan selama kehamilan, calon ibu harusnya sudah memastikan asupan nutrisinya tercukupi sejak sebelum hamil.

Sayangnya, masih banyak ibu yang tidak menyadari dirinya sedang kekurangan nutrisi penting yang sebenarnya dibutuhkan untuk perkembangan bayi di dalam kandungan.

“Kehamilan bagus itu juga tergantung terhadap plasentanya. Kalau plasenta ibu hamil bagus, pastinya kehamilan pun bagus. Supaya plasenta dalam kondisi baik ketika kehamilan, perlu perencanaan kehamilan sebelum pernikahan. Paling tidak tiga bulan sebelum pernikahan, pasangan harus mulai merencanakannya. Calon ibu harus mendapatkan cukup nutrisi agar siap menghadapi kehamilan,” papar dr. Prabu.

Salah satu cara mengenali ibu hamil mengalami defisiensi nutrisi adalah ketika berat badannya tidak bertambah, bahkan mengalami penurunan, sementara janin bertambah berat.

Ibu hamil yang mengalami kurang gizi tidak hanya berisiko mengalami anemia atau preklamsia, tetapi defisiensi nutrisi juga memengaruhi pertumbuhan bayi. Ibu berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah, melahirkan bayi prematur, dan juga menimbulkan risiko anak mengalami stunting.

Menurut Survei Status Gizi Balita Indonesia 2021, stunting masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Meskipun angka stunting di Indonesia mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir, jumlahnya masih berada di atas negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Sementara menurut WHO, sekitar 20 persen stunting sudah terjadi sejak bayi masih berada di dalam kandungan.

Baca Juga:

Si Kecil Tertunda untuk Bicara? Atasi dengan Cara Ini

gizi
Stunting terjadi sejak bayi dalam kandungan (Foto: Pexels/Mart Production)

Lalu, apa yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mencegah defisiensi gizi sehingga calon bayi bisa tumbuh secara optimal?

Pelajari dan cek selalu kurva ibu hamil. Pastikan berat badanmu cukup. Ibu hamil tidak akan bisa memberikan nutrisi esensial bagi janinnya jika dirinya sendiri mengalami defisiensi nutrisi. Selain itu, konsumsi gizi harus seimbang, selalu cek jumlah karbohidrat, protein, vitamin, kalsium, dan kebutuhan nutrisi lainnya selama masa kehamilan.

Agar tidak mengalami kurang gizi, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu makronutrien dan mikronutrien dalam konsumsi hariannya.

Makronutrien atau nutrisi makro adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah besar seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrien adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil tapi perannya vital untuk membentuk sel dan organ janin, serta mendukung metabolisme tubuh. Contoh, nutrisi mikro adalah zat besi, asam folat, dan kalsium.

Menurut dr. Manggala Pasca Wardhana, SpOG (K)-FKM, Staf Medik Divisi Kedokteran Fetomaternal, KSM Obstetri Ginekologi RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan dosen pengajar Departemen Obstetri Ginekologi FK Universitas Airlangga, tingkat kebutuhan nutrisi ibu hamil berbeda.

Misalnya, ada ibu yang hanya kekurangan kalsium dan zat besi atau nutrisi lainnya, berarti kebutuhan itulah yang harus dicapai. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil rutin berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengetahui konsumsi yang baik agar nutrisi terpenuhi. Terkadang juga tenaga medis memberikan vitamin atau suplemen tambahan.

"Terkadang, ibu hamil sering melupakan nutrisi mikronutrien. Jadi beberapa orang bisa mengalami kekurangan asam folat, zat besi, ataupun kalsium. Padahal, kalsium itu bakal paling boros diserap oleh tubuh dan janin selama masa kehamilan. Asam folat juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan perkembangan sel-sel organ tubuh bayi. Penting juga ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Ini karena sekarang kasusnya banyak ibu hamil dengan anemia, jelas dr Manggala.

Selain itu, dr. Manggala menambahkan, zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Sel ini fungsinya membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bagi ibu hamil, sel darah merah membawa makanan dan oksigen untuk janin melalui plasenta Mengingat pentingnya makronutrien dan mikronutrien, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan lengkap gizi tersebut. (avia)

Baca Juga:

Hemoglobin dapat Ditingkatkan secara Alami

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mandi Malam Sebelum Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?
Fun
Mandi Malam Sebelum Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Mandi malam dengan air hangat tidak sebabkan rematik.

Daya Qarsa Luncurkan Buku untuk Dukung Perusahaan Keluarga Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Daya Qarsa Luncurkan Buku untuk Dukung Perusahaan Keluarga Indonesia

Bantu perusahaan keluarga Indonesia temukan solusi.

Buat Mobil LEGO Favoritmu di #BuildTheThrills
Fun
Buat Mobil LEGO Favoritmu di #BuildTheThrills

Buat mobil sport, mobil balap, dan koleksi klasik di LEGO #BuildTheThrills.

Honda Brio Slalom Challenge 2022 Segera Digelar
Fun
Honda Brio Slalom Challenge 2022 Segera Digelar

Event tersebut diselengarakan oleh PT Honda Prospect Motor yang bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Winner Winner Chicken Dinner, Indonesia Lolos ke Babak Final PUBG Mobile di SEA Games 2021
Fun
Winner Winner Chicken Dinner, Indonesia Lolos ke Babak Final PUBG Mobile di SEA Games 2021

PUBG Mobile menjadi nomor pertandingan resmi esports di SEA Games 2021.

Monitor Gaming Serbacanggih dari BenQ
Fun
Monitor Gaming Serbacanggih dari BenQ

Dapat bekerja dengan baik untuk hampir semua genre gim.

Sedang Langka dan Mahal, Begini Cara Menyimpan Minyak yang Benar
Fun
Sedang Langka dan Mahal, Begini Cara Menyimpan Minyak yang Benar

Satu hal yang tidak boleh kamu lakukan adalah menyimpan minyak di atas kompor.

Game 'Among Us' Akan Diadaptasi Jadi Manga
Fun
Game 'Among Us' Akan Diadaptasi Jadi Manga

Kepopuleran Among Us berlanjut ke manga.

Jual Buah Pakai TikTok, Petani ini Cuan Maksimal
Hiburan & Gaya Hidup
Jual Buah Pakai TikTok, Petani ini Cuan Maksimal

Seorang petani sukses meraih pendapatan lebih dari Rp 600 miliar dari berjualan buah lewat TikTok versi Tiongkok, Douyin

Telemedicine, Andalan Masyarakat di Masa Pandemi
Fun
Telemedicine, Andalan Masyarakat di Masa Pandemi

Pandemi membuat pemakaian telemedicine bertambah secara signifikan.