Cegah Sebaran Corona, KAI DAOP 6 Terapkan Boarding Tiket Mandiri Pengecekan tiket mandiri di PT KAI Daop 6 (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - PT KAI Daop 6 Yogyakarta- Soloraya menerapkan boarding tiket penumpang secara mandiri. Langkah ini ditempuh untuk mencegah semakin mewabahnya virus Corona di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Eko Budiyanto menjelaskan penumpang tinggal mengeluarkan tiket dan identitas diri pada petugas saat hendak masuk ke dalam stasiun. Kemudian penumpang menscan barcode dalam tiket ke alat pemindai yang ada di depan pintu masuk.

Baca Juga:

Bandara Adi Soemarmo Sepi Akibat COVID-19, PT KAI Batalkan 9 Perjalanan KA Bandara

"Scan barcode secara mandiri dengan disaksikan oleh petugas boarding di Stasiun keberangkatannya,"jelas Eko pada merahputih.com di Yogyakarta Senin (23/3).

Penerapan social distancing di Stasiun Kereta Api
Pengaturan Sosial Distancing di stasiun DAOP VI Yogyakarta- Solo (MP/Teresa Ika)

Penerapan Social Distancing di Stasiun juga dilakukan dengan membuat tanda antrian yang berjarak 1 meter di depan loket, boarding, mesin Check In Mandiri, tempat duduk di ruang tunggu, dan berbagai area lainnya.

Tempat duduk diruang tunggu turut ditandai agar penumpang bisa mengambil jarak aman.

Sejumlah upaya lainnya juga ditempuh guna mencegah wabah convid. Minggu lalu Daop VI sudah melakukan sterilisasi stasiun maupun sarana transportasi KA dengan menyemprot cairan disinfektan di stasiun Lempuyangan, dan Tugu.

Penumpang kereta api melakukan boarding tiket mandiri
Penumpang KA jurusan Yogyakarta-Solo melakukan boarding tiket mandiri (MP/Teresa Ika)

"Semua penumpang yang hendak masuk kami periksa suhu tubuhnya. Calon penumpang dengan suhu badan 38 derajat Celcius sampai ke atas, akan dilarang untuk melakukan perjalanan kereta api (KA), dan bea pemesanan tiket akan dikembalikan secara penuh dan tunai,"papar Eko.

Baca Juga:

Alat Rapid Test Corona Mulai Digunakan, Pemerintah Klaim Hasilnya Banyak yang Negatif

Daop VI turut membagian masker dan menempatkan hand sanitizer dibanyak tempat. Selain itu pihaknya turut membatasi kapasitas KA Lokal Prameks dan KA Bandara dari kapasitas maksimum 150% dalam satu kali perjalanan menjadi maksimum 75 persen.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan lapoiran Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta.

Baca Juga:

Pemerintah Dikritik Karena Dari Awal Terlalu Anggap Remeh Bahaya Corona

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH