Cegah Risiko Kanker Serviks dengan Vaksinasi dan Skrining HPV Cegah Risiko Kanker Serviks dengan Vaksinasi dan Skrining HPV (Foto: freepik/jcomp)

VAKSINASI dan skrining Human Papillomavirus (HPV) sangat penting untuk melindungi perempuan dari virus, serta mengurangi risiko kanker serviks. Hal tersebut dipaparkan oleh Konsultan Onkologi Ginekologi di Mount Elizabeth Medical Centre, Dr Lisa Wong.

Karena DNA HPV hadir dalam 99 persen spesimen kanker serviks, ada hubungan sebab akibat yang kuat antara HPV dan kanker serviks.

"Infeksi HPV adalah penyebab yang diperlukan untuk pembentukan kanker," ujar Wong seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca Juga:

Mengenal Vaksin Kanker Serviks yang Diwajibkan Kemenkes

Vaksinasi dan skrining Human Papillomavirus (HPV) sangat penting. (Foto: unsplash/diana polekhina)

Wong menjelaskan bahwa infeksi HPV sangat umum. Faktanya, sekitar 50 hingga 80 persen perempuan akan mengembangkan salah satu dari sekitar 200 subtipe HPV yang diketahui, setidaknya sekali seumur hidup mereka.

Sebagian besar kasus bersifat sementara dan tanpa gejala. Sekitar 80 persen kasus akan sembuh secara spontan dalam waktu hingga dua tahun. Sebagian besar berisiko rendah dan bisa menyebabkan kutil kelamin. Hanya sebagian kecil kasus jenis onkogenik akan berkembang menjadi kanker. "Kanker sebenarnya adalah hasil yang jarang dari infeksi umum," ujarnya.

Wong menuturkan bahwa ada tiga prosedur skrining utama untuk kanker serviks, yaitu Pap smear konvensional, sitologi berbasis cairan, dan tes HPV.

Pap smeaer konvensional memiliki karakteristik yang dibatasi oleh sensitivitas yang buruk, serta diperngaruhi oleh metode pengumpulan. Namun, memiliki spesifisitas yang baik dan nilai prediksi positif yang tinggi.

Baca juga:

Kini, Pap Smear juga dapat Deteksi Kanker Payudara dan Ovarium

Prosedur yang kedua yakni sitologi berbasis cairan. Alat ini memiliki sensitivitas yang tinggi, tingkat negatif palsu dan spesifisitas yang lebih rendah.

Sementara yang ketiga yaitu TEs HPV. Tes tersebut memiliki sensitivitas yang jauh lebih tinggi, namun tidak mendeteksi lesi pra-kanker. Adapun kelemahan utamanya yaitu speisfisitas yang lebih rendah, namun memiliki nilai prediksi negatif yang sangat baik.

Menurut Wong, Pap smear cenderung memberikan proporsi positif dan negatif palsu yang tinggi. Sensitivitasnya pun meningkat seiring bertambah usia, yang membuatnya lebih berguna untuk perempuan yang lebih tua dibanding perempuan muda.

Kisarannya sekitar 52 persen untuk perempuan di bawah 35 tahun, dan 79 persen untuk perempuan di atas 50 tahun. Tapi, tes tersebut tidak seefektif mendeteksi prekursor dari adenokarsinoma.

Cegah Risiko Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV (Foto: pixabay/padrinan)

Sementara berdasarkan pedoman skrining baru, direkomendasikan permpuan berusia 25-29 tahun melakukan sitologi setiap tiga tahun, dan orang berusia 30-69 tahun melakukan tes HPV setiap lima tahun. Dua jenis PHV Yang paling onkogenik yaitu HPV 16 dan 18 bertanggung jawab atas 70-80 persen kasus kanker serviks.

Tes HPV bisa mendeteksi lebih banyak lesi prakanker tingkat tinggi CIN 2 dan 3, serta lebih baik untuk mendeteksi adenokarsinoma. Untuk perempuan yang lebih muda, HPV mungkin kurang bermanfaat karena tingkat positif palsu yang lebih tinggi.

Wong mencatat ada sejumlah potensi bahaya dari tes HPV, termasuk stigma yang terkait dengan aktivitas seksual, kecemasan, tekanan psikologis, dan ketidaknyamanan dari prosedur diagnostik serta pengobatan tambahan. (Ryn)

Baca Juga:

Keyakinan Diri Sendiri dapat Membantu Pengobatan Kanker

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Efek Samping dari Berbagai Terapi Pengobatan Kanker
Fun
Efek Samping dari Berbagai Terapi Pengobatan Kanker

Pengobatan kanker biasanya disesuaikan dengan jenis kanker.

Xbox Edisi Spesial dengan Sentuhan Gucci
Fun
Donnie Yen Kembali Beraksi Lewat Film ‘Raging Fire’
ShowBiz
Donnie Yen Kembali Beraksi Lewat Film ‘Raging Fire’

Aksinya pasti tidak kalah menarik.

Isle of Man TT Kembali Berduka, Dua Pembalap Ayah dan Anak Tewas
Fun
Isle of Man TT Kembali Berduka, Dua Pembalap Ayah dan Anak Tewas

Roger Stockton dan Bradley Stockton tewas saat balapan Sidecar.

Parenting Teladan ala Kylie Jenner
ShowBiz
Parenting Teladan ala Kylie Jenner

Sepanjang kehamilannya dengan Stormi, Kylie Jenner banyak diam.

Rela Menghirup 'Harumnya' Toilet demi Skip Upacara
Fun
Rela Menghirup 'Harumnya' Toilet demi Skip Upacara

Ada saja ide untuk bolos upacara hari Senin.

Main Bersama Anya Forger di Tamagotchi Edisi Spy x Family
Fun
Main Bersama Anya Forger di Tamagotchi Edisi Spy x Family

Kamu dapat meminang Anya Forger sebagai teman bermain kamu di Tamagotchi edisi Spy x Family.

Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya
Fashion
Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya

Material atau bahan casing jam tangan sering diperhitungkan sebelum membeli.

Karakter Terbaru Genshin Impact Mirip Su dari Honkai Impact 3rd
Hiburan & Gaya Hidup
Karakter Terbaru Genshin Impact Mirip Su dari Honkai Impact 3rd

Hoyoverse akan menggarap karakter terbaru untuk memperkenalkan wilayah terkini.

‘Eternals’ Tayang 10 November di Bioskop Indonesia
ShowBiz
‘Eternals’ Tayang 10 November di Bioskop Indonesia

Eternals resmi tayang di bioskop Indonesia pada 10 November 2021.