Cegah Penyebaran COVID-19, Pemerintah Minta Masyarakat Tunda Mudik Lebaran Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat menunda tradisi mudik Lebaran tahun ini. Hal ini guna meminimalisir penyebaran virus corona ke berbagai daerah.

"Kami menyarankan hati-hati, sebisa-bisanya (mudik) ditunda sampai dengan kondisi ini menjadi jauh lebih baik," kata Yuri dalam jumpa pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Jumat (27/3).

Baca Juga:

Kemkominfo Luncurkan Aplikasi Pemantau Social Distancing Lewat Smartphone

Menurut dia, masyarakat di DKI Jakarta berpeluang besar menyebarkan virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut meski dia negatif berdasarkan pemeriksaan atau tampak sehat-sehat saja.

Pemerintah minta warga tunda mudik lebaran untuk cegah penyebaran corona
Jubir Corona Achamd Yurianto sebut sudah tujuh provinsi yang terjangkit corona (Foto: antaranews)

"Ini menjadi perhatian pemerintah karena kami tidak menginginkan penambahan kasus ini menjadi semakin tinggi dan penularan di tengah masyarakat juga semakin banyak," ujarnya.

Yuri berharap masyarakat tetap tinggal di rumah melakukan hal-hal yang produktif. Masyarakat masih bisa bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Selain itu tentu tetap menjaga kebersihan.

"Ini adalah cara yang paling tepat untuk memutus rantai penularan dari penyakit ini. Kalau ini bisa kita lakukan bersama-sama, di mana semua orang saling melindungi. Yang sakit melindungi yang sehat agar tidak tertular oleh penyakitnya," jelas dia.

Baca Juga:

Wapres Nilai Rakyat Lebih Pantas Dites Corona Ketimbang Anggota DPR dan Keluarganya

Yuri juga berharap warga yang sehat harus melindungi yang sakit dengan tidak keluar rumah. Kemudian warga yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar.

"Saya optimistis dan saya meyakini sebetulnya bekerja sama, bergotong royong, saling toleransi itu modal dasar kita sebagai bangsa Indonesia. Karena ini lah kepribadian kita yang sebenarnya," pungkasnya.(Pon)

Baca Juga:

Masyarakat Langgar Social Distancing, Kemungkinan Lockdown Akan Diberlakukan

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH