Cegah Penyebaran Corona, Polisi Lakukan Tes COVID-19 ke Warga Menteng

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 05 Februari 2021
Cegah Penyebaran Corona, Polisi Lakukan Tes COVID-19 ke Warga Menteng
Tes COVID-19 warga Menteng. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Polisi menggelar program pencegehan COVID-19 di wilayah Polres Metro Jakarta Pusat. Khususnya di wilayah Menteng seperti tes COVID-19, pemberian sembako, dan pembagian masker.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, program ini sekaligus mendukung pemerintah menekan angka penyebaran COVID-19.

"Ini strategi kami mencegah penyebaran COVID-19," kata Hengki kepada wartawan, Jumat (6/2).

Baca Juga:

Tekan Penyebaran COVID-19, Polri Maksimalkan Peran Kampung Tangguh Jaya

Kapolsek Metro Menteng AKBP Iver Son Manossoh menuturkan, pihaknya melakukan rapid test antibodi untuk warga di zona rawan.

"Mereka secara ekonomi kurang mampu," kata Iver di Polsek Metro Menteng.

Iver menambahkan, ada 50 warga kurang mampu yang dilakukan rapid test. Pasalnya, mereka tak mampu secara ekonomi memeriksakan rapid test mandiri.

"Dari data yang kami himpun, belum ada yang dinyatakan reaktif," jelas Iver.

Jika nantinya ada yang reaktif, akan dilakukan penanganan Puskesmas Menteng. Apakah akan dirawat atau dirujuk ke rumah sakit.

Pemberian sembako untuk warga terdampak COVID-19 di wilayah Menteng. (Foto: MP/Kanugrahan)
Pemberian sembako untuk warga Menteng terdampak COVID-19. (Foto: MP/Kanugrahan)

Ia mengklaim, wilayah Menteng mengalami penurunan angka COVID-19 secara signifikan. Ini tak lepas dari kedisiplinan warga yang baik.

"Masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Grafik sebaran menurun," jelas Iver.

Selain itu, selain dilakukan pemeriksaan rapid test, warga juga diberikan sembako dan masker.

"Ini demi memberikan bantuan secara ekonomi dan mencegah mereka tak tertular COVID-19," ungkap Iver yang dikenal lama bertugas di Densus 88 ini.

Selain itu, Polsek Metro Menteng Polres Jakarta Pusat juga membentuk posko Kampung Tangguh Jaya RW 02 di Jalan Borobudur.

Di sana sedang panen sayur yang ditanam secara hidroponik dan panen ikan lele.

Iver menerangkan, ada ribuan ekor ikan lele yang dipanen dan sayuran seperti sawi, selada, kangkung, dan cabe yang ikut panen.

"Hasil panen sayur mayur dan ikan lele di bagikan kepada warga kurang mampu dan juga warga isolasi mandiri yang terdampk secara ekonomi akibat pandemi COVID-19," jelas Iver.

Baca Juga:

Kampung Tangguh Jaya Diyakini Mampu Perlambat Laju Penambahan Pasien COVID-19

Selain berbagi hasil panen sayuran dan ikan lele, posko Kampung Tangguh Jaya yang diprakarsai oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan diimplementasikan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi juga menjalankan program empathy building.

"Kampung Tangguh Jaya di wilayah Polres Metro Jakarta Pusat juga menggelar program Mini Market dan Kios Tangguh Murah dengan harga diskon sampai 50 persen dari harga pokok," tegas dia.

Ia pun mengapresiasi warganya yang sangat gigih mendukung program Kampung Tangguh Jaya ini dan bahu membahu membudidayakan ketahanan pangan. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Ingatkan Warga Tertib Protokol Kesehatan di Kampung Tangguh

#COVID-19 #Polres Jakarta Pusat
Bagikan
Bagikan