Cegah Penurunan Tanah Jakarta, Sandi Akan Terapkan Sistem Jepang Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menerbitkan peraturan daerah (Perda) soal menyetop penyedotan air tanah.

Hal itu dilakukan guna menanggulangi penurunan tanah di Jakarta karena penggunaan air tanah oleh warga dan pelaku usaha.

"Iya (akan dibuat Perda). Harus yang paling kuat Perda lah. Nanti kita lihat," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (15/3).

Sandi menjelaskan, cara tersebut mengadopsi dari sistem yang pernah diterapkan negara Jepang untuk mencegah penurunan tanah. Tak hanya itu, sistem ini diambil karena negeri Sakura tersebut sukses menerapkannya.

"Dan Tokyo mengalami yang sama dan beberapa kota di dunia lain mengalami yang sama," ungkapnya.

Namun saat ini, kata Sandiaga, pihaknya terkendala untuk melarang warga melakukan pemakaian air tanah karena belum adanya regulasi. Sehingga, salah satu solusi untuk menanggulangi kemiringan tanah di Jakarta dibutuhkan sebuah Perda agar tak ada lagi yang menyedot air tanah.

"Dan satu-satunya cara menyetop penurunan ini adalah penyetopan pengambilan air tanah," tandasnya (Asp)

Baca juga berita terkait di: Sandi Ajak Warga Jakarta Setop Pemakaian Air Tanah

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH