Cegah Penularan Virus Corona, Anjing Peliharaan di Tiongkok Pakai Masker Banyak anjing dipakaikan masker di Tiongkok (Foto: Zhou Tianxio)

SEJAK Kamis 31 Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa novel coronavirus (2019-nCoV) telah menjadi darurat kesehatan global dan telah membuat banyak orang di seluruh dunia panik dan khawatir. Namun saat ini, tampaknya kekhawatiran itu tidak hanya menyangkut kesehatan manusia. Pemilik hewan peliharaan tampaknya juga mengkhawatirkan anjing mereka.

Baca juga:

Tak Sembarang Masker Bisa Cegah Penularan Virus Corona!

Melansir laman Daily Mail, pemilik anjing di Tiongkok sekarang bergegas membeli masker wajah untuk anjing peliharaan mereka agar dapat mencegah infeksi virus corona. Sebuah tweet oleh pengguna Twitter @camohanbn menunjukkan tiga anjing terpisah mengenakan masker dan mengklaim bahwa pemilik melakukan itu untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona. Menurutnya, anjing juga merupakan sarana penyebaran virus corona.

Cegah Penularan Virus Corona, Anjing Peliharaan di Tiongkok Pakai Masker
Masker K9 khusus anjing (Foto: Instagram/@tina.julym)

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, penjual masker anjing yang berbasis di Beijing, Zhou Tianxio, mengatakan kepada khalayak bahwa ia telah beralih dari menjual sekitar 150 masker per bulan menjadi 50 masker per hari karena wabah tersebut.

Tianxio juga mengatakan bahwa adanya virus ini orang tidak hanya memperhatikan kesehatan mereka, tetapi juga memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya.

Tidak hanya di Tiongkok, perusahaan berbasis di Texas yang memproduksi Masker K9 juga mengalami lonjakan penjualan dalam tiga hari terakhir. Pemilik perusahaan, Kirby Holmes, mengatakan bahwa ia telah mengalami peningkatan penjualan 300% di Amazon yang menyebabkan persediaan masker habis. Pelanggan domestik merupakan sebagian besar yang membeli masker anjing tersebut.

Baca juga:

Chinese Horshoes Bats, Kelelawar yang Diduga Penyebab Menyebarnya Virus Corona

Lalu, Bisakah anjing terinfeksi kemudian menyebarkan virus corona?

Cegah Penularan Virus Corona, Anjing Peliharaan di Tiongkok Pakai Masker
Tampak dalam masker anjing (Foto: Zhou Tianxio)

Menurut American Veterinary Association, anjing dapat terkena jenis virus corona tertentu, seperti canine respiratory coronavirus (CRCoV) dan jenis virus corona enterik lainnya yang dapat menyebabkan diare pada anjing. Namun sejauh ini, para pejabat tidak percaya bahwa novel coronavirus merupakan ancaman bagi hewan peliharaan.

Menurut WHO, hingga saat ini belum ada laporan kasus hewan peliharaan yang menghubungi virus corona dan tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi dengan virus corona. Namun, seorang perwakilan dari Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok memperingatkan pemilik hewan peliharaan untuk mewaspadai kesehatan mereka sendiri dan kesehatan hewan peliharaan mereka.

Ahli epidemiologi, Li Lanjuan, mengatakan jika hewan peliharaan pergi keluar dan melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi, mereka memiliki kesempatan untuk terinfeksi. Pada saat itu, hewan peliharaan tersebut perlu diisolasi.

Cegah Penularan Virus Corona, Anjing Peliharaan di Tiongkok Pakai Masker
Penggunaan masker nyatanya belum tentu mencegah virus corona (Foto: Twitter@fatcatnluckydog)

Andres Romero, MD, seorang spesialis penyakit menular di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang tersedia saat ini, tidak bisa dikatakan jika masker bedah membantu mencegah virus corona.

Romero menjelaskan penggunaan masker bukan penolong sesungguhnya karena para ahli masih tidak tahu bagaimana sebenarnya virus corona ditularkan, apakah itu melalui pernapasan atau melalui sentuhan permukaan umum. Walaupun begitu, baru-baru ini ditemukan virus corona dapat menular lewat antar manusia.

Intinya, anjing atau manusia tidak perlu menggunakan masker wajah saat ini untuk melindungi diri terhadap virus corona. Namun, jika kamu masih khawatir, bicarakan dengan dokter hewan sebelum membahas semuanya. (arb)

Baca juga:

Tips Agar Kamu Terhindar Virus Corona



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH